KOMUNIKASI POLITIK DALAM SENI BUDAYA DAN PERWAYANGAN PILKADA BREBES TAHUN 2024

Achmad Noval Arianto, Diryo Suparto, Didi Permadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis pemanfaatan seni pewayangan sebagai media kampanye politik calon bupati Brebes, Paramitha Widya Kusuma, serta mengkaji efektivitas dan tantangan pewayangan dalam komunikasi politik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis wacana, melalui wawancara mendalam dengan dalang Ki Haryo Enthus Susmono, tim sukses, dan masyarakat audiens, serta observasi langsung pertunjukan wayang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seni pewayangan efektif sebagai media kampanye politik, membangun kedekatan emosional antara calon bupati dan masyarakat, terutama di kalangan pemilih yang memiliki keterikatan budaya. Dalang berperan sebagai komunikator politik yang mengemas pesan kampanye secara simbolis dan menghibur. Namun, tantangan muncul dalam menjangkau generasi muda yang lebih tertarik pada media digital. Pewayangan memiliki potensi besar dalam membangun partisipasi politik masyarakat, tetapi perlu diintegrasikan dengan metode komunikasi modern untuk menjangkau audiens yang lebih luas.


Keywords


Pewayangan, Kampanye Politik, Komunikasi Politik, Dalang, Partisipasi Pemilih.

References


Akhmad, Z., Thamrin, U., & Santosa, R. (2023). Sosialisasi pendidikan politik bagi pemilih pemula di SMK Negeri 5 Kabupaten Bulukumba. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 202–216.

Alamsyah, I. L., Aulya, N., & Satriya, S. H. (2024). Transformasi media dan dinamika komunikasi dalam era digital: Tantangan dan peluang ilmu komunikasi. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 168–181.

Amir, S. (2022). Perencanaan Komunikasi Politik Ali Ibrahim Dalam Pemilihan Kepala Daerah Tidore Kepulauan. Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 308–318.

Anshori, A., Rudianto, R., Adhani, A., & Nasution, N. (2021). Pengaruh Relasi Budaya dalam Pesan dan Saluran Politik terhadap Sikap Pemilih: Studi Kasus di Pilkada Kota Medan Tahun 2020. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 22(2), 177–188.

Arifin, A. (2011). Komunikasi Politik Filsafat-Paradigma-Teori-TujuanStrategi dan Komunikasi Politik Indonesia. Graha Ilmu.

Arpandi, A. (2023). Media Online dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Masyarakat pada Pemilihan Umum (Pemilu). Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 843–855.

Asriati, M., Lubis, L. A., & Ginting, R. (2022). Strategi Komunikasi Politik Calon Legislator Perempuan pada Kampanye Pemilihan Legislatif 2019 di Kota Lhokseumawe Provinsi Aceh. KomunikA, 18(2), 36–45.

Bentiyan, R. (2024). Analisis gaya komunikasi politik calon presiden Prabowo Subianto menjelang pemilihan presiden 2024. Karimah Tauhid, 3(2), 1572–1581.

Budianto, R. O., & Ghanistyana, L. P. (2024). Peran komunikasi politik dalam kampanye isu lingkungan: Studi kasus pada kebijakan pengelolaan sampah di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(1), 11.

Dwitama, M. I., Hakiki, F. A., Sulastri, E., Usni, U., & Gunanto, D. (2022a). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Di Pilkada 2020 Tangerang Selatan. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(1), 53–66.

Dwitama, M. I., Hakiki, F. A., Sulastri, E., Usni, U., & Gunanto, D. (2022b). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Di Pilkada 2020 Tangerang Selatan. INDEPENDEN: Jurnal Politik Indonesia Dan Global, 3(1), 53–66.

Falah, Z. (2023). Peran komunikasi politik dalam membentuk citra kandidat pemilu. Syntax Idea, 5(9), 1867–1876.

Fathurrijal, F., Ishanan, I., Yusron, Y., & Suhadah, S. (2024). Strategi Komunikasi Politik Kpud Lombok Utara Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilu 2024. SOSIO EDUKASI Jurnal Studi Masyarakat Dan Pendidikan, 7(2), 179–196.

Kahpi, M. L., Siregar, A. S., & Romadhon, S. (2024). Dinamika komunikasi politik Islam: Narasi, dan dampak dalam konteks politik kontemporer. Hikmah, 18(1), 1–20.

Khalyubi, W., Bangun, C. D., Ardiyansyah, F., & Romadhona, M. R. (2021). Penggunaan media sosial sebagai sarana kampanye dan partisipasi digital dalam Pilkada Kota Depok Tahun 2020. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 3(2), 87–102.

Kurniawan, F., & Mutiah, T. (2022). Menentukan capres dan cawapres 2024 melalui penggunaan media sosial. Global Komunika, 5(2), 65–73.

Latief, M. S. (2000). Persaingan Calon Kepala Desa di Jawa. Media Pressindo.

Liliana, K. I., Hartanto, D. D., & Maer, B. D. A. (2023). KAMPANYE SOSIAL “DIBÉBÉRKÉ” SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KESENIAN WAYANG BEBER KEPADA GENERASI MUDA DI KOTA SURAKARTA. Share: Journal of Service Learning, 9(2), 97–108.

Majid, N. (2023). Strategi komunikasi politik dalam pemilihan umum di era digital. PERSEPTIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(2), 53–61.

Muhtadi, A. S. (2008). Kampanye Politik. Humaniora.

Naila, A. H., & Hidayat-Sardini, N. (2022). KEKUASAAN BERPIHAK ALA ENTHUS SUSMONO. Journal of Politic and Government Studies, 12(1), 447–463.

Paramartha, A., Riyanto, B., & Aji, H. K. (2022). Strategi Wayang Kampung Sebelah Dalam Menyampaikan Pesan Kritik Sosial Pada Warga Siwal Baki. Solidaritas, 6(2).

Perkasa, A. W. A. P. (2023). Konflik Sosial berupa Politisasi Agama sebagai Sisi Gelap Politik Indonesia. Deviance Jurnal Kriminologi, 7(1), 81–100.

Putr, D. P. A. S., Segara, I. N. Y., & Sutarya, I. G. (2021). JARGON POLITIK AGAMA DAN BUDAYA PASANGAN CALON KOSTER-ACE SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI POLITIK DALAM PEMILIHAN GUBERNUR BALI 2018. ANUBHAVA: Jurnal Ilmu Komunikasi Hindu, 1(1), 71–81.

Ramadhanisa, A. , & J. R. (2025). KOMUNIKASI POLITIK PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI MELALUI PERTUNJUKAN WAYANG GOLEK PADA PILKADA 2024. INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

Ruslan, R. (2008). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Raja Grafindo Persada.

Senopati, I. G. A. B., & Wicaksandita, I. D. K. (2023). Wayang Bali dan Aktivisme Sosial: Studi Kasus Retorika Dan Wayang Sampah Daur Ulang Dalam Teaser Sinematografi Pahayu Gumine. Jurnal Damar Pedalangan, 3(2), 113–125.

Supit, G. R. A., & Wuryanta, A. E. W. (2021). Media sosial sebagai media politik dalam pilkada (Studi kasus pemanfaatan media sosial dalam pilkada kabupaten sukabumi 2020). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(3), 314.

Syamsudin, O. R., & Maulana, H. (2024). Memaknai Indaprasta sebagai Pusat Ilmu Pengetahuan (Kajian Semiotis terhadap Cerita Wayang Babad Alas Wanamarta). Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 296–302.

Yasa, I. M. A. (2022). Nilai-nilai pendidikan agama Hindu dalam pagelaran Wayang Kulit pada Tumpek Wayang. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(01), 39–50.

Yogaswara, Y. S., & Subekti, P. (n.d.). Pengelolaan Kampanye Politik Pasangan Sabdaguna Melalui Pagelaran Wayang Golek dalam Pemilukada Kabupaten Bandung Periode 2016-2021. Jurnal Kehumasan ISSN, 2655, 1551.

Zalzillah, L. N., & Gumelar, R. G. (2024). Kontribusi Media Digital dalam Membangun Opini Publik Pemilu 2024 (Studi Kasus Narasi Newsroom). JPW (Jurnal Politik Walisongo), 6(1), 49–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i2.37673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id