KONSTRUKSI MASKULINITAS DALAM IKLAN YOUTUBE L-MEN PLATINUM 2025 EDISI OLYMPIC

Adinda Hani Febriola, Dini Wahdiati, Titin Setiawati

Abstract


Studi ini menyelidiki bagaimana iklan YouTube Edisi Olympic L-Men Platinum 2025 menampilkan konstruksi maskulinitas. Iklan ini menggunakan elemen visual dan simbolik untuk mempromosikan produk susu tinggi protein untuk pria yang aktif berolahraga. Denis McQuail's teori isi media yang berpendapat bahwa media memiliki peran dalam menyebarkan nilai-nilai budaya dominan dan membentuk makna sosial digunakan dalam metode analisis isi kualitatif dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga komponen utama, berdasarkan teori Janet Saltzman Chafetz, membentuk maskulinitas: (1) penampilan fisik, yang ditunjukkan dengan tubuh yang berotot dan atletis; (2) interaksi interpersonal, yang terdiri dari sifat yang menonjol, seperti dominasi, ketangguhan, dan kepemimpinan;  (3) Intelektual yang ditunjukan yaitu Pria digambarkan mampu menghadapi tekanan, memproses rasa sakit sebagai cara untuk mencapai tujuan, dan tetap fokus dalam jangka panjang dan (4) sifat pribadi, seperti keinginan, persaingan, dan keberhasilan. Ketiga komponen tersebut mendukung gagasan maskulinitas hegemonik, yaitu maskulinitas yang mengontrol dan menggunakan kekuatan fisik sebagai standar maskulinitas.


Keywords


Analisis Isi, Maskulinitas, Media iklan

References


bentukan Citra Diri Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Akun Selebgram@Roro_Yustina). Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN), 89–104. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jsn.10.1.65-81

Deviana, L. (2021). REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN GARNIER MEN VERSI JOE TASLIM DAN CHICO JERIKO. KomunikA, 17(1), 33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30742/sv.v2i2

Faadihilah, A. N., Pangestu, D. H., & Shidiq, K. A. (2021). Representasi Maskulinitas dan Tubuh Pria Ideal dalam Iklan Shampoo Clear Man Versi Cristiano Ronaldo. Jurnal Audiens, 3(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/jas.v3i2.11822

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumianti, S., Mouw, E., Jonata, Mashudi, I., … Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novita (Ed.), Rake Sarasin (edisi 1). Jl. Pasir Sebelah No. 30 RT 002 RW 001 Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Padang Sumatera Barat: PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Retrieved from www.globaleksekutifteknologi.co.id

Firmansyah, M. (2023). Representasi Maskulinitas Pada Pemeran Ken Dalam Film Barbie 2023. ARKANA : Jurnal Komunikasi Dan Media, 2(2), 237–245. https://doi.org/https://doi.org/10.62022/arkana.v2i02.6037

Fitrinasyah, R., & Nurussa’adah, E. (2023). Representasi Maskulinitas dalam Film Captain America: The First Avenger. Brand Communication: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 85–97. https://doi.org/https://doi.org/10.70704/bc.v2i1.120

Handaningtias, U. R. (2022). Maskulinitas: Fantasi Masyarakat Tentang Tubuh (Sebuah Kajian Tentang Tanda Pada Iklan Rokok Di Indonesia). Ijd-Demos, 4(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.37950/ijd.v4i1.178

Harahap, C. B., Triyoga, A. I., & Prafitri, W. (2024). Maskulinitas pada Budaya Kejahatan Geng Klitih: Sebuah Analisis Konstruksi Sosial. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 8, 477–490. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v8i4.17204

Hendrawati. (2021). REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Maskulinitas dalam Iklan L-Men Gain Mass ‘Kenny Austin’ 2017). Jurnal Akuntansi, 11, 1–9. https://doi.org/ttps://doi.org/10.32734/komunika.v17i1.6810

Herdani, D. A., Prasetya, H., & Setiawati, T. (2025). Depiction of Masculinity in the Advertisement ’ PRUFuture Prudential Life Insurance , # SimpleButMeaningful Protecting Families Now and in the Future ’. Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 8(1), 245–254. https://doi.org/https://doi.org/10.34050/els-jish.v8i1.43570

Jatisidi, A., Al Mutonik, R., & Wicaksono, B. (2022). Representasi Maskulinitas Pada Iklan (Analisis Semiotik Roland Barthes Pada Iklan Gudang Garam Dan Iklan Ms Glow for Men). Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 11(3), 190–200. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33366/jisip.v11i3.2552

Lusiawati, J., Muljani, S., & Anwar, S. (2023). Maskulinitas Tokoh Yeon Shi-Eun Dalam Drama Korea Weak Hero Class 1 Dan Implikasinya Dalam. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(Vol 6 No. 1 Tahun 2023). https://doi.org/https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i2

McQuail, D., & Deuze, M. (2020). McQuail ’ s Media and Mass Communication. In M. Ainsley (Ed.), SAGE Publications (Seventh Ed). University of Amsterdam, Netherlands.

Nurhakim, D. R., & Haqqu, R. (2023). Analisis Resepsi Maskulinitas Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Blantika: Multidisciplinary Journal, 2(1), 99–108. https://doi.org/10.57096/blantika.v2i1.64

Oktaviana, O. A., & Aprilia, M. P. (2022). Maskulinitas dalam Film Indonesia (Analisis Isi Kuantitatif Maskulinitas pada Film Aksi Indonesia Produksi 2011-2021). Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 5(1), 22. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/jika.v5i1.4130

Ong, A. G., Azzahra, Z. N., Aimatun, H., & Muchtar, N. (2024). Representasi Mitos Maskulinitas Alternatif dalam Film Terlalu Tampan : Perspektif Semiotika Roland Barthes. Seminar Sosial Ilmu Ilmu Sosial, 3. https://doi.org/https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/4000

Pratama, A., & Anggi, M. (2023). Stereotip Maskulinitas Pria Melalui Representasi Tayangan Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Head & Shoulders Versi Joe Taslim x Fadil Jaidi). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 101–109. https://doi.org/https://doi.org/10.59000/jim.v1i3.78

Ruslan, A. (2021). Konstruksi Maskulinitas Pada Komik Manga Indonesia Di Webtoon. Titik Imaji, 3(2), 60–68. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/.v3i2.2528

Setyawati, A. (2025). Representasi Maskulinitas Naskah Drama “ Obrok Owok -Owok Ebrek Ewek-Ewek ” Karya Danarto. Narasi: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3, 115–128. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/narasi.v3i1.5206

Siswoyo, F., & Asrita, S. (2021). Representasi Maskulinitas Dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Iklan Nivea Men ‘Berubah Extra Cerah’ Versi Adipati Dolken). Jurnal Jurnalisa, 7(1), 116–126. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v7i1.20515

Sosial, we are. (2025). Digital 2025 April Global Statshot Report. Retrieved April 12, 2025, from we are social website: https://wearesocial.com/uk/digital-and-social-summit-2025/

Ulya, C., Setyawan, B. W., Liliani, E., & Inderasari, E. (2021). Relasi Laki-laki dan Perempuan dalam Konstruksi Maskulinitas Jawa pada Lagu Dangdut Koplo. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(3), 271–279. https://doi.org/https://doi.org/10.31091/mudra.v36i3.1342

Utari, M. D. N., & Hikmah, A. I. S. (2024). Representasi Maskulinitas Pria dalam Iklan Kahf Edisi Life is a Journey #JalanYangKupilih (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 8(1), 112–124. https://doi.org/https://doi.org/10.51544/jlmk.v8i1.4980

Wardani Putri, T. A., Wicaksana, M. F., & Septiari, W. D. (2024). Konstruksi Maskulinitas Dalam Film Miracle in Cell No. 7 Serta Pemanfataanya Dalam Pembelajaran Sastra. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 285. https://doi.org/https://doi.org/10.59562/indonesia.v5i2.61257

Yonatan, A. Z. (2025). Indonesia Masuk Jajaran Pengguna YouTube Terbanyak di Dunia 2025. Retrieved from Good Stats website: https://goodstats.id/article/indonesia-masuk-jajaran-pengguna-youtube-terbanyak-di-dunia-2025-7Cvdz




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i2.37619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id