MENGATASI KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN PUBLIK: PENDEKATAN PSIKOLOGI KOMUNIKASI BAGI MAHASISWA KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM

Aisyah Maulidina, Abu Khaer

Abstract


Kecemasan merupakan permasalahan umum yang kerap kali dialami manusia khususnya bagi seorang pelajar. Rasa cemas, gugup atau gelisah dan tegang adalah sebuah tantangan besar yang dapat menjadi hambatan jika dibiarkan begitu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi komunikasi dalam mengatasi kecemasan dan meningkatkan efektivitas penyampaian pesan pada mahasiswa Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam dan  untuk memahami cara mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam dalam mengatasi gangguan kecemasan. Dengan mengablikasikan metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, di mana data akan dihimpun melalui wawancara semi terstruktur dengan individu yang memiliki pengalaman dalam mengelola kecemasan tersebut. Penelitian ini juga menawarkan wawasan berharga bagi praktisi komunikasi dan individu yang ingin meningkatkan keterampilan komunikasi mereka. Untuk menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi yang tepat tidak hanya mengurangi kecemasan, tetapi juga meningkatkan efektivitas komunikasi


Keywords


Kecemasan; Komunikasi; Kesadaran Diri

References


Aisyatin Kamila. (2022). PSIKOTERAPI DZIKIR DALAM MENANGANI KECEMASAN. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.30762/happiness.v4i1.363

Alvin Nur Muhammad Azyz, M. Qomarul Huda, & Luthfi Atmasari. (2022). SCHOOL WELL-BEING DAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1), 18–35. https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.350

Aninda Cahya Savitri, P., & Luh Indah Desira Swandi, N. (2023). Intervensi Kecemasan Pada Mahasiswa: Literature Review. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 4(1), 43. https://doi.org/10.24014/pib.v4i1.20628

Anwar, Moh. K., Haq, M. I., Salma, D., & Wang, Z. (2022). Addressing Public Speaking Anxiety in Multicultural Counselling: The Use of Cognitive-Behavioural Therapy for International Students. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 52–61. https://doi.org/10.17977/um001v7i22022p52-61

Anxiety, T. (2022). A Theory of Anxiety Conditions. https://doi.org/10.31219/osf.io/gz4ju

Arini, L. A. D., & Novikayati, I. (2021). BIBLIOTERAPI UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN PADA KLIEN GENERAL ANXIETY DISORDER (GAD). 3.

Chaerany, A. F., Fitria, Y., Fadhilah, S., & Audhah, N. A. (t.t.). ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMENGARUHI TINGKAT KECEMASAN. 6(3).

Chairunnisa, A., Arum, H. S., & Salamah, P. U. (2024). Pengaruh Hubungan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Aspek Psikologis: Sebuah Systematic Review. Jurnal Psikologi, 1(4), 14. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2717

Darmawangsa, J. (2017). Kecemasan Dalam Public Speaking (Studi Kasus Pada Presentasi Makalah Mahasiswa). 2.

Dhema, A. M. (2023). Konsep diri dengan kecenderungan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa. Journal of Indonesian Psychological Science (JIPS), 3(1), 298–309. https://doi.org/10.18860/jips.v3i1.21072

Diana, A.-A., Hasanah, H. I., & Suryandari, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum: Strategi Dan Teknik Efektif. 1.

Djoar, R. K., & Anggarani, A. P. M. (2024). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRESS AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Jambura Health and Sport Journal, 6(1), 52–59. https://doi.org/10.37311/jhsj.v6i1.24064

Edy Pratama, V. S. (2024). Menyikapi Perasaan Insecure dan Overthinking dalam Perspektif Al-Quran. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 3(1), 14–28. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v3i1.148

Elin Maulida Rahmawati, Rina Nurhudi Ramdhani, Agus Taufiq, & S. A. Lily Nurillah. (2023). A Systematic Literature Review: Virtual Reality Untuk Mengatasi Public Speaking Anxiety pada Mahasiswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(03), 382–394. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4614

Elin Maulida Rahmawati, Rina Nurhudi Ramdhani, Agus Taufiq, & S.A. Lily Nurillah. (2023). Kecenderungan Public Speaking Anxiety pada Mahasiswa. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 66–75. https://doi.org/10.19105/ec.v4i2.9432

Fauzia, D., & Pebriani, L. V. (2024). Peran Perceived Social Support terhadap Academic Anxiety: Studi pada Mahasiswa Tahun Pertama. Journal of Psychological Science and Profession, 8(2), 83–95. https://doi.org/10.24198/jpsp.v8i2.55737

Grace, S. B., Tandra, A. G. K., & Mary, M. (2020). Komunikasi Efektif dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Mental. Jurnal Komunikasi, 12(2), 191. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.5948

Hakim, Moh. A., & Aristawati, N. V. (2023). Mengukur depresi, kecemasan, dan stres pada kelompok dewasa awal di Indonesia: Uji validitas dan reliabilitas konstruk DASS-21. Jurnal Psikologi Ulayat, 10(2), 232–250. https://doi.org/10.24854/jpu553

Hamama, S. (2021). STRATEGI MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI BAGI PEMULA: KUNCI SUKSES BERKOMUNIKASI. SELASAR KPI : Referensi Media Komunikasi dan Dakwah, 1(1), 10.

Hamama, S. (2023). Upaya Mengurangi Kecemasan Berbicara Di Depan Publik dalam Public Speaking dari Sisi Psikologis dan Praktis. Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi dan Dakwah, 3, 76–83.

Hamandia, M. R. (2022). ANALISIS KONSEPTUAL MENGENAI KECEMASAN DALAM BERBICARA DI DEPAN UMUM. Jurnal Komunikasi Islam dan Kehumasan (JKPI), 6(1), 59–70. https://doi.org/10.19109/jkpi.v6i1.12956

Humaira, Z. H. (t.t.). MENGETAHUI PENGARUH KECEMASAN PADA MAHASISWA BARU DAN TINGKAT AKHIR.

Indrasari, B. N., & Miftahuddin, A. (t.t.). Dampak Media Sosial terhadap Kesehatan Mental: Tantangan, Peluang, dan Strategi Inklusif di Era Digital.

Izzah, I. N., & Indrijati, H. (2024). The Impact of Behavioral Cognitive Counseling (CBT) on Academic Anxiety in College Students. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 13(1), 42. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v13i1.12580

Jeshan, D., Nurusholih, S., & Syafikarani, A. (2023). MENGGALI EDUKASI BENDA PUSAKA DI MUSEUM GEUSAN ULUN MELALUI FILM DOKUMENTER DENGAN DUKUNGAN UTAMA DARI LUMIX. e-Proceeding of Art & Design, 10, 6765.

Karinta, A. (2022). Negative Effects of Social Media Use On Mental Health In Adolescents. Media Gizi Kesmas, 11(1), 307–312. https://doi.org/10.20473/mgk.v11i1.2022.307-312

Kartikasari, M., Noupal, M., & Setiawan, K. C. (2021). Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Kecemasan Berkomunikasi pada Mahasiswa Ketika Presentasi. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(1). https://doi.org/10.19109/ijobs.v1i1.9255

Krisnawardhani, K. K., & Noviekayati, I. (2021). Terapi Seft (Spiritual Emotional Freedom Technique) untuk Meredakan Gangguan Cemas Menyeluruh pada Subjek Dewasa. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(5), 2251. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i5.1263

Kunanty, P., & Rameza, A. (2024). The Role of Government Communication in the Post-Traumatic Stress Disorder of the Mount Marapi Eruption in West Sumatra. DIGICOMMTIVE : Journal of Communication Creative and Digital Culture, 2(2), 15.

Kusuma, W. D., Utami, A. B., & Ramadhani, H. S. (2023). Kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa pasca pandemi: Bagaimana peran body image? SUKMA : Jurnal Penelitian Psikologi, 3(2), 270–280. https://doi.org/10.30996/sukma.v3i2.7715

Liu, X., & Wang, J. (2024). Depression, anxiety, and student satisfaction with university life among college students: A cross-lagged study. Humanities and Social Sciences Communications, 11(1), 1172. https://doi.org/10.1057/s41599-024-03686-y

Lizarte Simón, E. J., Gijón Puerta, J., Galván Malagón, M. C., & Khaled Gijón, M. (2024). Influence of Self-Efficacy, Anxiety and Psychological Well-Being on Academic Engagement During University Education. Education Sciences, 14(12), 1367. https://doi.org/10.3390/educsci14121367

Masturi, A. (1970). MEMBANGUN RELASI SOSIAL MELALUI KOMUNIKASI EMPATIK (PERSPEKTIF PSIKOLOGI KOMUNIKASI). KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(1), 14–31. https://doi.org/10.24090/komunika.v4i1.135

Maulidiya Firdausi Putri & Evi Winingsih. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknik Relaksasi Dalam Mengatasi Kecemasan Berdasarkan Jurnal Bimbingan Dan Konseling. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 12(1), 28–33. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.121.04

Nugraha, A. D. (2020a). Memahami Kecemasan: Perspektif Psikologi Islam. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.1-22

Nugraha, A. D. (2020b). Memahami Kecemasan: Perspektif Psikologi Islam. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.1-22

Prasetio, C. E., & Triwahyuni, A. (2022). Gangguan Psikologis pada Mahasiswa Jenjang Sarjana: Faktor-Faktor Risiko dan Protektif. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 8(1), 56. https://doi.org/10.22146/gamajop.68205

Purnamasari, I. (2020). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 238. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4907

Putu Angita Gayatri, & Ariana, A. D. (2024). Hubungan Health Anxiety dan Cyberchondria: Sebuah Tinjauan Literatur Naratif. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 4(1), 1–11. https://doi.org/10.20473/brpkm.v4i1.53847

Raras, L. L. H., Pratama, M. D., Nadhifa, M., Larasati, A., & Ediyono, S. (t.t.). Hubungan Gangguan Kecemasan (Anxiety Disorder) dengan Prestasi Belajar Mahasiswa.

Rengganawati, H. (2024). KECEMASAN DALAM BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA KALANGAN MAHASISWA BERUSIA 17-22 TAHUN. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), 2(2), 60. https://doi.org/10.25124/ijdpr.v2i2.6953

Resti Rahmawati. (2022). Menurunkan gejala kecemasan pada gangguan kecemasan umum dengan cognitive therapy. Procedia : Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, 10(4), 103–107. https://doi.org/10.22219/procedia.v10i4.19184

Sany, U. P. (2022). GANGGUAN KECEMASAN DAN DEPRESI MENURUT PERSPEKTIF AL QUR’AN. 7.

Sari, C. A. K., & Zaini, A. H. (2024). Peran Dukungan Sosial pada Penyesuaian Akademik Mahasiswa Baru dengan Resiliensi Akademik sebagai Mediator. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi, 15(1), 64–78. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v15i1.23190

Sari Sakti, E. M., Anugrah, A., & P, S. W. (2022). Sistem Pakar Diagnosis Gangguan Kecemasan Menggunakan Metode Pelacak Ke Depan Berbasis WEB. Tekinfo: Jurnal Bidang Teknik Industri dan Teknik Informatika, 23(1), 115–121. https://doi.org/10.37817/tekinfo.v23i1.1884

Shadrina, L. N., Sarwili, I., & Herliana, I. (2023). Hubungan Social Support Teman Sebaya dan Self Efficacy dengan Tingkat Kecemasan saat Presentasi pada Mahasiswa: The Relationship between Peer Social Support and Self Efficacy with the Level of Anxiety During Presentations in Students. Open Access Jakarta Journal of Health Sciences, 2(9), 916–922. https://doi.org/10.53801/oajjhs.v2i9.273

Suhartono, N. A. W., & Herdiana, I. (2017). HUBUNGAN ANTARA SELF-ESTEEM DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI PUBLIC SPEAKING MAHASISWA BARU. 6.

Sun, J. (2023). Treatment of mental anxiety disorders in students by combining cognitive behavioral therapy with college student management strategies. CNS Spectrums, 28(S2), S65–S65. https://doi.org/10.1017/S1092852923004145

Suriati. (2021). Dakwah dan Hedonisme. RETORIKA : Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 1–27. https://doi.org/10.47435/retorika.v3i1.577

Susilowardhani, E. M., Idaman, N., Djuhardi, L., & Imran, M. (2021). MENGHADAPI DAN MENGELOLA KECEMASAN DAN KETIDAKPASTIAN PADA MAHASISWA PENDATANG. 3(1).

Sutriani, & Rahmadhani, M. (2023). HUBUNGAN MEDIA SOSIAL DAN KECEMASAN PADA MAHASISWA FK UISU. Jurnal Kedokteran STM (Sains dan Teknologi Medik), 6(1), 32–38. https://doi.org/10.30743/stm.v6i1.347

Syafii, H., Purnomo, H., & Azhari, H. (2024). Mindfulness-Based Stress Reduction (MBSR) dalam mengurangi Academic Anxiety pada Mahasiswa. 2.

Tanuwidjaja, S., Safitri, S., & Apriani, M. (2022). Jurnal Riview Artikel Kecemasan dengan Berbagai Fisioterapi yang dapat Menurunkan Kecemasan. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(3), 985–991. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i3.94

Triwahyuni, A., & Eko Prasetio, C. (2021). Gangguan Psikologis dan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Baru. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 26(1), 35–56. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol26.iss1.art3

Tuasikal, A. N. A., & Retnowati, S. (2019). Kematangan Emosi, Problem-Focused Coping, Emotion-Focused Coping dan Kecenderungan Depresi pada Mahasiswa Tahun Pertama. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 4(2), 105. https://doi.org/10.22146/gamajop.46356

Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). ANALISIS KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14–18. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4707

Wati, N. L., Sansuwito, T. B., Riyanto, D., Sustiyono, A., & Musfirowati, F. (2022). The Effectiveness of Emotional Freedom Technique on Public Speaking Anxiety in University Student: An Integrated Review. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(F), 263–268. https://doi.org/10.3889/oamjms.2022.7919

Wijaya, N. S. B. (t.t.). MENGENAL ARTI PENTINGNYA KECEMASAN.

Wijaya, Y. D., & Lunanta, L. P. (2024). STRES, KECEMASAN, DAN DEPRESI PADA MAHASISWA DI JAKARTA. 21(1).

Wulandari, I. I. (2024). Internet-based Cognitive Behavior Therapy untuk Mengurangi Kecemasan Sosial pada Dewasa Awal. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 10(1), 23. https://doi.org/10.22146/gamajpp.86979




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i1.35841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id