STRATEGI PEMASARAN 5P DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH UMRAH DI PERSEROAN TERBATAS SAHABAT WISATA IMAN SUKOHARJO TAHUN 2024

Syifa Azzahro

Abstract


Strategi pemasaran adalah strategi manajemen suatu perusahaan yang menghasilkan produk dan jasa. Dimana kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk mempromosikan penjualan produk atau jasa seperti: Penjualan, promosi, dan pengiriman produk kepada konsumen.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran Mix 5P dalam meningkatkan jumlah jamaah umrah di Perseroan Terbatas Sahabat Wisata Iman Sukoharjo pada tahun 2024. Strategi pemasaran Mix 5P, yang meliputi produk, harga, tempat, promosi, dan pelayanan (SDM), diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan daya tarik dan kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara denganpihak manajemen perusahaan yaitu 10 staff marketing, 2 staff administrasi, dan survei terhadap 25 jamaah umrah yang telah menggunakan layanan PT. Sahabat Wisata Iman Sukoharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran Mix 5P secara efektif dapat mempengaruhi keputusan pembelian jamaah umrah, meningkatkan loyalitas pelanggan, serta memberikan kontribusi terhadap peningkatan jumlah jamaah. Faktor harga yang kompetitif, produk layanan yang sesuai dengan kebutuhan jamaah dengan adanya paket yang bervariatif mulai dari paket promo, regular dan VIP, menetapkan harga yang bermacam-macam untuk dapat dipilih sesuai kebutuhan masyarakat,  promosiyangefektif dengan melibatkan banyak tokoh agama atau masyarakat, menggunakan media

cetak seperti brosur, melalui media sosial berupa Facebook, Instagram, dan YouTube. Kerjasama dengan agen travel, serta pelayanan yang memuaskan menjadi kunci utama keberhasilan strategi ini.


Keywords


Strategi pemasaran, jamaah umrah

References


Ali, Aziz. 2009. Ilmu Dakwah Edisi Revisi. Jakarta: Kencana.

Amirin, Abdullah. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT. Grasindo.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, Sofian. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Aziz, Abdullah. 1422H/2001M. Haji Umrah dan Ziyarah menurut Kitab dan Sunnah. Riyadh: KUAIwakaf dakwah dan bimbingan Islam

Bakar, Abu. 2003. Buku Panduan Manasik Haji dan Umrah. Surabaya: Rossi Group.

Barkatullah, Abdul Halim. 2008. Hukum Perlindungan Konsumen “Kajian Teoritis Dan Perkembangan Pemikiran.” Bandung: Nusa Media.

Bungin, Muhammad Burhan. 2007. Penelitian Kulaitatif, Lomunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Prenada Media.

Daftar PPIU di web resmi Kemenag Jawa Timur (Jatim.Kemenag.go.id).

Kasmir. 2005. Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Tohirin. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikn Dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Philip, Kotlre. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Melinium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Prof. dr. Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. dr. Lexy J. Moleong, MA | OPAC Perpustakaan Nasional RI. (Edisi revi; L. J. Moleong, Ed.). Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2018. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305

Sari, D. (2021). Manajemen Strategis Perusahaan (Corporate Strategic Management). SSRN Electronic Journal, 21. https://doi.org/10.2139/SSRN.3977331




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i1.35745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id