PERSONAL BRANDING RATU CARIISSA SEBAGAI FASHION HIJAB INFLUENCER DI INSTAGRAM

Nabilla Rachma Arrusdi, Hayatullah Kurniadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis personal branding Ratu Cariissa sebagai fashion hijab influencer, seperti yang digambarkan dalam akun Instagram @ratucariissa. Menggunakan pendekatan fenomenologi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, penelitian ini mengkaji penerapan teori authentic personal branding Hubert K. Rampersad. Hasil penelitian menemukan bahwa Ratu Cariissa berhasil membangun personal branding yang kuat melalui keaslian yang didorong oleh nilai dan ambisi pribadi, menghasilkan posisi kompetitif, reputasi kokoh, dan proyeksi citra konsisten. Faktor-faktor pendukung keberhasilannya meliputi pembawaan diri positif, review produk jujur, konsistensi konten fashion hijab, kemampuan styling hijab, konten relevan, kegigihan, jangkauan luas, dan konten berkualitas, serta pencapaian sebagai influencer. Tingginya engagement rate dan view pada kontennya mengindikasikan keberhasilan ini. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang penerapan authentic personal branding dalam konteks fashion hijab di media sosial.


Keywords


Personal Branding, Fashion Hijab Influencer, Instagram

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu (4th ed.). RajaGrafindo Persada.

Agustian, J. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Personal Branding Selebgram @ Okvitaandini. 5205.

Alexandro Hutagalung, B. (2022). Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai: Kompetensi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja (Penelitian Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 201–210. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.866

Angelika, V., & Setyanto, Y. (2019). Media Sosial Dalam Pembentukan Personal Branding (Studi Pada Instagram Alberta Claudia). Prologia, 3(1), 274. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6251

Azzahra, Z. (2021). PANJAT SOSIAL DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Fenomenologi Pada Nano Influencer di Instagram).

Bakker, D. (2018). Conceptualising Influencer Marketing. Journal of Emerging Trends in Marketing and Management, 1(1), 79–87. www.etimm.ase.ro

Bernier, A. S. (2022). Hijabi fashion influencers: Defining Islamic modesty online. Faculty of Art University of Calgari. https://arts.ucalgary.ca/sites/default/files/teams/21/A. Bernier Honours Thesis.pdf

Felix, A., Briyanti, D. O., Young, F. M., Livaro, I., & Wijaya, W. (2023). Strategi Identitas Digital: Analisis Personal Branding Di Platform Tiktok. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 5(2), 92–100.

Hanindharputri, M. A., & Putra, I. K. A. M. (2019). Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand (The Role of Influencer in Strategies to Increase Promotion of a Brand). Sandyakala : Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya, Dan Desain., 1(29), 335–343. http://eproceeding.isi-dps.ac.id/index.php/sandyakala/article/view/73

Harahap, A. F. D., Harahap, F. S., Batubara, M. S., Lubis, J. A., Elisa, E., Pohan, H. M., Baroroh, R., & Asmaryadi, A. (2022). Pelatihan Media Sosial Instagram dalam Pemanfaatan Fiturnya sebagai Peluang Usaha. Marpokat: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.62086/mjpkm.v1i2.288

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.

Hennessy, B. (2018). Influencer: Building Your Personal Brand in the Age of Social Media. Citadel Press.

Hidayah, A. N., & Widodo, A. (2021). Resepsi Audiens Pada Personal Branding Habib Husein Ja’far di YouTube Channel “Jeda Nulis.” Kalijaga Journal of Communication, 3(2), 153–167. https://doi.org/10.14421/kjc.32.05.2021

Kerpen, D. (2011). Likeable Social Media: How to Delight Your Customers, Create an Irresistible Brand, and be Generally Amazing on Facebook (and other Social Network). The McGraw Hill Companies.

Masitoh, S., & Adjid, M. W. (2022). Pengaruh influencer marketing terhadap kinerja pemasaran. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1.

Maulana, H. F., Hidayatullah, H., & Fajar, F. (2023). Topik Modelling Personal Breding Icsan Yasin Limpo di Instgram: Soscial Network Analysis. Innovative: Journal Of Social …, 3, 3237–3249. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3879/2766

NapoleonCat. (2023). Instagram users in Indonesia: January 2023. NapoleonCat.Com. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2023/12/

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi (N. S. Nurbaya (ed.); Cet-3). Simbiosa Rekatama Media.

Nur, N., Yuyaina, A., & Sakni, A. S. (2022). Pandangan Islam Mengenai Idola Kaum Hawa di Zaman modern. International Conference on …, 1(Oktober), 412–420. http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/lc-TiaRS/article/view/256%0Ahttp://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/lc-TiaRS/article/download/256/159

Nurhayati, T. (2023). Sukses Personal Branding: Tenar di Dunia Maya, Kaya di Dunia Nyata (Pertama). Anak Hebat Indonesia.

Nuryana, A., Pawito, P., & Utari, P. (2019). Pengantar Metode Penelitian Kepada Suatu Pengertian Yang Mendalam Mengenai Konsep Fenomenologi. Ensains Journal, 2(1), 19. https://doi.org/10.31848/ensains.v2i1.148

Pusparani, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534–543. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.466

Rahmadani, S. (2020). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN INTEGRITAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI. Jess, 4(2), 161–175. http://jess.ppj.unp.ac.id/index.php/JESS

Rampersad, H. K. (2008). Sukses Membangun: Authentic Personal Branding (L. S. Wijaya (ed.); 1st ed.). PPM.

Rizky, M. (2023). STRATEGI PERSONAL BRANDING PADA MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Personal Branding Akun Instagram @sofyansap Dalam Menyampaikan Konten Edukasi Fotografi). Elibrary Unikom. https://doi.org/10.4324/9780429201226-7

Utami, T. R., & Christin, M. (2023). Strategi Personal Branding Comedian Influencer di Media Sosial. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 146–164. https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.13678

Zhafira, T. S. H. (2021). Personal Branding Influencer @megiirawann di Instagram. 66. http://repository.uin-suska.ac.id/52696/1/FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN %28BAB V%29.pdf

Zuraitdha, S. A. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Integritas Keislaman Siswa di SMPN 2 Gurah. https://etheses.iainkediri.ac.id/12305/




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v6i3.35256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id