ANALISIS DAKWAH HABIB JA’FAR AL-HAIDAR MELALUI CANDA DALAM PERSPEKTIF ONTOLOGIS, EPISTEMOLOGIS, DAN AKSIOLOGIS

Senja Elling Pinanditha, Moch. Choirul Arif, Salsabil Fadilah Firdaus

Abstract


Penelitian ini membahas pemikiran dan praktik dakwah humoris yang dikembangkan oleh Habib Husein Ja'far Al-Hadar dalam perspektif ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Dakwah humoris dianggap sebagai metode yang relevan di era digital untuk menjangkau audiens yang beragam, khususnya generasi muda. Dengan pendekatan netnografi dan kajian pustaka, penelitian ini menelaah konten dakwah Habib Ja’far di media sosial seperti Instagram dan YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humor dalam dakwah yang dilakukan Habib Ja'far mampu membangun kedekatan emosional antara dai dan audiens, mempermudah penyampaian pesan keislaman yang kompleks, serta meningkatkan penerimaan pesan dakwah. Dari sisi ontologis, humor dipandang sebagai elemen yang sah dalam dakwah selama sesuai dengan syariat. Secara epistemologis, humor menjadi strategi komunikasi yang efektif dalam menarik perhatian dan menyampaikan pesan agama dengan cara yang ringan. Sedangkan secara aksiologis, dakwah humoris memberikan manfaat nyata dalam membentuk pemahaman keislaman yang lebih inklusif dan humanis. Penelitian ini menegaskan bahwa dakwah humoris, jika digunakan secara bijak dan tidak melanggar batasan syariat, dapat menjadi metode yang efektif dalam menghadirkan Islam yang ramah dan relevan dengan kebutuhan masyarakat kontemporer.


Keywords


Dakwah humoris, Habib Ja'far Al-Hadar, syariat Islam, humor, metode dakwah

References


Al-Ghazali, A. H. (1989). Ihya’ Ulum al-Din. Dar al-Ma’arif.

Al-Tirmidzi, M. I. I. (t.t.). Sunan al-Tirmidzi. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Arif, A. M. H. (2023). Construction of the Concept of Da’wah and Oral Hadith Syarah Habib Ja’far bin Hussein in the Jeda Nulis YouTube Account. El-Furqania : Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.54625/elfurqania.v9i2.6840

Aslan, A., & Pong, K. S. (2023). Understanding The Trend of Digital Da’wah Among Muslim Housewives in Indonesia. Fikroh: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 16(01), 11–22.

Belhaj, A. (2023). Preaching Muslim Loyalty in France: Rhetoric and Counter-Discourse. Religions, 14(5), Article 5. https://doi.org/10.3390/rel14050562

Budiman, M., & Ariyanto, N. (2023). Islamic Propagation Studies with Philosophical and Anthropological Approaches. Journal of Islamic Studies and Society, 1(2), Article 2.

Bukhori, I. A. A. M. bin I. bin I. ibnu al M. (1997). Shahih al Bukhari. Beirut: Darul Al Fikr.

Fajrussalam, H., Nuratilah, A. S., Cahyani, A. P., Nada, M., & Fazrian, M. D. (2022). Keefektifan Sense of Humor sebagai Media Dakwah. FONDATIA, 6(2), 303–313.

Hadar, H. J. A. (2015). Menyegarkan Islam Kita. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Heryanto, A. (2008). Popular culture in Indonesia: Fluid identities in post-authoritarian politics.Routledge.https://www.taylorfrancis.com/books/mono/10.4324/9780203895627/popular-culture-indonesia-ariel-heryanto

Hidayatullah, H. (2024). Membumikan Fun Fatwa Habib Husein Ja’far Al Hadar di Media Sosial [Masters, IAIN PAREPARE]. https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/8638/

Kick Andy Show (Direktur). (2021, September 3). Jalan Ilahi [Video recording]. https://www.youtube.com/watch?v=cfzkOXrGTGM

Kozinets, R. V. (2010). Doing ethnographic research online. Kozinets, Netnography: The Essential Guide to Qualitative Social Media Research.

Latifah, I. F. L., Afandi, R. N., & Saerozi, M. S. (2024). Humanistic Da’wah Implementation: A Case Study of Habib Hussein Ja’far Al-Hadar and His Mad’u. Jurnal Dakwah, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.14421/jd.2024.25103

Lubaba, S., & Riyanto, E. D. (2022). Using Humor To Navigate The Dynamics of Multiculturalism In Anwar Zahid’s Religious Preachings. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9), 12594–12602. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.9356

Millie, J. (2017). Hearing Allah’s Call: Preaching and Performance in Indonesian Islam. Cornell University Press. https://muse.jhu.edu/pub/255/monograph/book/56231

Mubeen, H. (2008). Humour and Comedy in Arabic Literature(From the Birth of Islam to OttomanPeriod). Al-Hikmat, 28(01). https://www.semanticscholar.org/paper/HUMOUR-AND-COMEDY-IN-ARABIC-LITERATURE-(From-the-of-Mubeen/07db3450175bfe332469ee1541b87877181f3718

Muradho, H. K., Mahdi, I., & Iqbal, M. (2024). Dagital Dakwah Habib Husein Ja’far Al-Hadar dalam Konten Youtube Login (Analisis Teori Media Baru). Journal on Education, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5612

Nasution, N. A. (2024). Da’wah bil Social Media: A Phenomenological Study of iGeneration TikTok Platform Users. Journal of Public Relations and Digital Communication (JPRDC), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24967/jprdc.v2i2.3515

Nazir, Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prieto, J. M., & Altungy, P. (2021). Religions with or without Sense of Humor: A Psychological Perspective. Religions, 12(12), Article 12. https://doi.org/10.3390/rel12121093

Resa, A. P. (2021). Retorika Dakwah Habib Husein Ja’far Melalui Youtube [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57822

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, I. (2022). Impression Management of Islamic Preachers in Indonesia. Jurnal Dakwah Risalah, 33(2), Article 2. https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/891/

Wandi, W. (2020). Penggunaan humor dalam dakwah komunikasi Islam. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan.

Wardah, N. (2021). Personal Branding Habib Husein Ja’far Al Hadar Melalui Media Sosial Instagram [Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57462

Zidansyah, A., & Soiman. (2024). Dakwah dan Pesan Akhlak Habib Husein Ja’far Al Hadar Dalam Membina Generasi Z Melalui Akun Youtube. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 10(2), Article 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i2.34367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id