RESEPSI PUBLIK ATAS PEMBERITAAN DIGITAL: CITRA ISTANA MAIMUN SEBAGAI WARISAN BUDAYA
Abstract
Penelitian ini menganalisis resepsi publik terhadap pemberitaan media mengenai Istana Maimun sebagai warisan budaya lokal. Berbagai keluhan terkait fasilitas, suasana pasar, dan pengelolaan yang kurang optimal menjadi latar belakang penelitian ini. Menggunakan metode kualitatif dengan analisis resepsi berdasarkan teori Stuart Hall, penelitian membagi resepsi menjadi Dominant-Hegemonic, Negotiated, dan Oppositional. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan kuisioner terbuka dengan informan dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah 2, pengunjung lokal, masyarakat sekitar, media lokal, dan akademisi. Hasil menunjukkan mayoritas publik menerima citra positif Istana Maimun (Dominant-Hegemonic), sebagian memiliki pandangan kritis meski menerima pemberitaan tertentu (Negotiated), sementara sebagian kecil menolak pemberitaan karena perbedaan kondisi aktual (Oppositional). Studi ini merekomendasikan peningkatan komunikasi strategis, fasilitas, dan pengelolaan pedagang untuk memperbaiki citra Istana Maimun. Kolaborasi pemerintah, pengelola, dan media diperlukan untuk mendukung pelestarian warisan budaya secara berkelanjutan.
Keywords
References
@mwv.mystic. (2021). Cagar Budaya Istana Maimun. Twitter. https://x.com/mwv_mystic/status/1444254778490441741?s=46
Anisa Suci Rahmawati, & Ferry Darmawan. (2022). Kredibilitas Pemberitaan Distribusi Vaksin Covid-19 di Indonesia. Jurnal Riset Jurnalistik Dan Media Digital, 1(2), 107–114. https://doi.org/10.29313/jrjmd.v1i2.491
Ariestyani, K., & Ramadhanty, A. (2022). Khalayak Media Sosial: Analisis Resepsi Stuart Hall Pada Kesehatan Seksual Orang Muda. Konvergensi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 3(2), 266–277. https://doi.org/10.51353/kvg.v3i2.704
Baharuddin, T., Sairin, S. S., Qodir, Z., Jubba, H., & Nurmandi, A. (2022). Partisipasi dan kepercayaan sosial daring: kebijakan vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 6(1), 277–290. https://doi.org/10.25139/jsk.v6i1.3680
Chigora, F., Ndlovu, J., & Nyagadza, B. (2024). Building positive Zimbabwean tourism festival, event and destination brand image and equity: a systematic literature review. Cogent Social Sciences, 10(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2024.2318867
Damstra, A., Boomgaarden, H. G., Broda, E., Lindgren, E., Strömbäck, J., Tsfati, Y., & Vliegenthart, R. (2021). What Does Fake Look Like? A Review of the Literature on Intentional Deception in the News and on Social Media. Journalism Studies, 22(14), 1947–1963. https://doi.org/10.1080/1461670X.2021.1979423
Dede Yuyu, Cecep Suryana, E. D. (2024). Suara.com. Annaba : Jurnal Ilmu Jurnalistik, 9(1), 23–42. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/annaba%0APeran
Dhamayanti, R. (2015). POLIGAMI DALAM FILM (ANALISIS RESEPSI AUDIENS TERHADAP ALASAN POLIGAMI DALAM FILM INDONESIA TAHUN Rahmalia Dhamayanti. Komuniti, 7(1), 37–44. https://journals.ums.ac.id/index.php/komuniti/article/view/2447/1703
Dunk-West, P., & Saxton, K. (2024). Qualitative Social Research: Critical Methods for Social Change. Qualitative Social Research: Critical Methods for Social Change, 3(2), 1–105. https://doi.org/10.4324/9781003316732
Dwiputra, K. O. (2021). Analisis resepsi khalayak terhadap pemberitaan Covid-19 di klikdokter.com. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 26–37. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3290
Ester, A., Syarifah, H., & ZA Zainurossalamia Saida. (2020). Pengaruh daya tarik wisata citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1), 145–153. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Etikasari, E., & Rambe, E. (2022). Strategi Komunikasi pemerintah Kota Medan dalam Pengembangan Pariwisata Istana Maimun. An-Nadwah, 28(2), 46–50. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/nadwah/article/view/13910
Falah, M. W., Nasrudin, Jayanti, Y., & Utami, S. (2013). RUMAH INDONESIA BERNUANSA “INDONESIA NEGARA 1000 BUDAYA” SEBAGAI SARANA INFORMASI SEKALIGUS UNTUK MEMPERKENALKAN BUDAYA INDONESIA PADA MASYARAKAT DI PERBATASAN. Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Program Kreativitas Mahasiswa - Gagasan Tertulis (PIMNAS PKM-GT), 1–10. https://www.neliti.com/publications/169811/rumah-indonesia-bernuansa-indonesia-negara-1000-budaya-sebagai-sarana-informasi
Hadi, I. P., Wahjudianata, M., & Indrayani, I. I. (2021). KOMUNIKASI MASSA (1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media. www.google.com
Haryanti, A., & Ratna Sari, S. D. S. (2018). Analysis of Audience Reception on Youtube Towards Anti Cyberbullying Video Campaign in the Cyber Bully By Cameoproject. Social Economics and Ecology International Journal (SEEIJ), 2(1), 57–63. https://doi.org/10.31397/seeij.v2i1.20
Heim, S., Chan-Olmsted, S., Fantapié Altobelli, C., Fretschner, M., & Wolter, L. C. (2023). Exploring Trust in Media Brands Today: Definition, Dimensions and Cross-national Differences. JMM International Journal on Media Management, 25(1–2), 59–89. https://doi.org/10.1080/14241277.2024.2336266
Laksono, P. (2019). KUASA MEDIA DALAM KOMUNIKASI MASSA Kata kunci. Jurnal Al-Tsiqoh(Dakwah Dan Ekonomi), 4(2), 49–61. https://core.ac.uk/download/pdf/288203186.pdf
Luekveerawattana, R. (2024). Enhancing innovation in cultural heritage tourism: navigating external factors. Cogent Social Sciences, 10(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2024.2301813
Malik, M. A. (2012). Academic Research International. Part II. Academic Research International, 2(1).
Meilasari, S. H., & Wahid, U. (2020). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Wardah Cosmetics “Long Lasting Lipstic Feel The Color.” Journal Komunikasi, 11(1), 1–8. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/index
Milenia, V. P., & Pamungkas, W. A. (2019). Eksistensi Citra Budaya Jawa-Eropa Perkampungan Kauman di Era Modernisasi. Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial, 180–184.
Nilsson, K., Egan Sjölander, A., & Landstedt, E. (2023). No clear connections: a study of the association between news media use, public trust, and Swedish social services. European Journal of Social Work, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/13691457.2023.2266588
Perdana, D. D. (2020). Reception Analysis of Related Audience by Watching “Sexy Killers” the Documentary Film. Atlantis Press SARL, 423(October 2019), 86–98. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.009
Puspitasari, M., & Abidin, S. (2024). Pengaruh Kredibilitas Berita Dan Jenis Berita Pada Konten Insragram @Batamnewsonline Terhadap Tingkat Kepercayaan Followers. Scientia Journal, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i2.8322
Rizki Lubis, M. (2023). Strategi Peningkatan Pelayanan Istana Maimun Sebagai Warisan Budaya Melayu. Tourism, Hospitality And Culture Insights Journal, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.36983/thcij.v3i1.439
Rončáková, T. (2022). The image of Christian churches in the Slovak and Czech media during the first wave of the Covid-19 pandemic. Church, Communication and Culture, 7(1), 127–153. https://doi.org/10.1080/23753234.2022.2036622
Santoso, P. (2016). KONSTRUKSI SOSIAL MEDIA MASSA. Al-Balagh, 1(1), 30–48. https://core.ac.uk/download/pdf/266976993.pdf
Schaefer, S. M. (2023). The corporate social media creep. Culture and Organization, 29(2), 124–138. https://doi.org/10.1080/14759551.2022.2153129
Setiadi, T. (2023). Manajemen Corporate Image melalui Media Sosial: Studi Literatur tentang Citra Perusahaan dan Perkembangan Teknologi Media. Jurnal Representamen, 9(01), 18–30. https://doi.org/10.30996/representamen.v9i01.8380
Sitorus, R. R., & Tambun, S. (2023). Pelatihan riset kualitatif bidang akuntansi dengan perangkat lunak NVivo pada prodi magister akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha. Ruang Cendekia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–21.
Strömbäck, J., Tsfati, Y., Boomgaarden, H., Damstra, A., Lindgren, E., Vliegenthart, R., & Lindholm, T. (2020). News media trust and its impact on media use: toward a framework for future research. Annals of the International Communication Association, 44(2), 139–156. https://doi.org/10.1080/23808985.2020.1755338
Walulya, G., & Selnes, F. N. (2023). “I thought You Are Beautiful”: Uganda Women Journalists’ Tales of Mob Violence on Social Media. Digital Journalism, 11(10), 1962–1981. https://doi.org/10.1080/21670811.2023.2170899
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i1.33641
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id