KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PENYAMPAIAN PESAN KOMERSIAL PADA PLATFORM KATALOG ELEKTRONIK LKPP RI

Nailah Nur Hafidhah, Pradipta Dirgantara

Abstract


Era digitalisasi telah mendorong adanya transformasi kebijakan pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui platform katalog elektronik. Namun, pada pelaksanaannya platform katalog elektronik menemui kendala dalam bidang komunikasi. Masih banyak pihak yang belum mengetahui sepenuhnya mengenai platform tersebut, sehingga komunikasi digital memiliki peran penting dalam membantu penyampaian pesan komersial terhadap audiens. Tujuan perancangan karya ini adalah untuk mengetahui komunikasi digital dalam penyampaian pesan komersial pada platform katalog elektronik LKPP RI. Teori dan konsep yang digunakan dalam perancangan karya ini adalah teori komunikasi digital, strategi AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), media baru (new media) dan media sosial. Terdapat tiga metode yang digunakan dalam perancangan karya ini yaitu observasi, diskusi dan dokumentasi. Berdasarkan perancangan karya yang dilakukan, hasil karya menunjukkan bagaimana komunikasi digital dalam penyampaian pesan komersial pada platform katalog elektronik LKPP RI sesuai dengan tinjauan teori. Kesimpulan perancangan karya ini, komunikasi digital mampu menyampaikan pesan komersial platform katalog elektronik kepada audiens melalui media sosial Instagram @eproc.lkpp, aplikasi WhatsApp dan Email Marketing yang ditunjukkan oleh peningkatan jumlah seller pada bulan Agustus hingga bulan November 2023.

Keywords


Komunikasi Digital, Pesan Komersial, Media Baru, Media Sosial, Katalog Elektronik.

References


Brahmiah, N., & Demudu, N. J. (2016). Barriers to Effective Communication. In Jurnal Veda Publication, 3(2), 114.

Ekasari, R., Saktisyahputra, S., Ambulani, N., & Akib, S. (2023). Digital Communication Management Bandung City Government in Inclusive and Sustainable Economic Recovery in Bandung City. Ilomata International Journal of Management, 4(2), 133–143. https://doi.org/10.52728/ijjm.v4i2.689

Erlangga, B. (2022). Indonesia Naik 11 Peringkat Hasil Survei E-Goverment PBB. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/indonesia-naik-11-peringkat-hasil-survei-e-government-pbb

Faujianto, S. A., Ajid Indrayana, Ahadiati Rohmatiah, & Mutmainah. (2023). Pengaruh Efisiensi Pemesanan, Kemudahan Pemasaran, Dan Penetapan Harga Pada Penggunaan E – Katalog Terhadap Perkembangan Umkm Di Kabupaten Magetan. JAMER : Jurnal Akuntansi Merdeka, 4(1), 33–45. https://doi.org/10.33319/jamer.v4i1.96

Hyland-Wood, B., Gardner, J., Leask, J., & Ecker, U. K. H. (2021). Toward effective government communication strategies in the era of COVID-19. Humanities and Social Sciences Communications, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.1057/s41599-020-00701-w

Iqbal, M. (2020). Pengaruh Pelaksanaan E Katalog Dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Terhadap Umkm. Jurnal Usm Law Review, 3(1), 77. https://doi.org/10.26623/julr.v3i1.2204

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Kemp, S. (2020). Digital 2020: Global Digital Overview. https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-overview

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.

Lazzeretti, L. (2023). What Is The Role Of Culture Facing The Digital Revolution Challenge? Some Reflections For A Research Agenda. Rethinking Culture And Creativity In The Digital Transformation, 10–30.

Lestari, N., Amanah, S., Muljono, P., & Susanto, D. (2019). Effect of Farmer Agritourism Management Profile on Capacity Utilizing Digital Communication Technology in Bojonegoro and Malang Districts, East Java Province. Agraris, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.18196/agr.5176

Maddlena, S. (2024). Digital 2024. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/

Mardiyanto, D., & Slamet, G. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise Di Kedai Digital 8 Solo (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal, 1(1), 43. https://doi.org/10.52429/smj.v1i1.329

Muamar, J., & ImtinanG. H. (2022). Instagram as a Medium of Communication Risks Parents to Children During Covid-19 Pandemic: Virtual Parenting Community Netnography Study. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(1), 27–46.

Mustari, N., Suardi, W., & Syukri, U. (2022). Analisis Sentimen Media Sosial: Penerapan E-Katalog dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Indonesia. PRAJA: Jurnal Ilmiah Pemerintahan, 10(3), 193–200. https://doi.org/10.55678/prj.v10i3.702

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. CV Pustaka Setia.

Salsabila, A. L., & Rizqi, M. (2022). Strategi promosi dalam meningkatkan brand awareness produk bibir wardah cosmetics melalui konten Instagram reels campus ambassador di kalangan mahasiswa. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(11), 970–982.

Sihaloho, S. W., Ariza, D., & Munandar, A. (2024). Efektifitas E-Katalog Pada Kegiatan Pengadaan Barang Dan Jasa (Pbj) Dalam Upaya Pemerintah Mencegah Fraud. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 7(1), 219–230. https://doi.org/10.37481/sjr.v7i1.798

Yanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanYanuar, M. M., Qomariah, N., & Santoso, B. (2017). Dampak kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Optik Marlin cabang Jember. J. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 3(1), 61–80.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v7i1.32552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id