STRATEGI PENGEMBANGAN UKM RENDANG PAK OMBAK: OPTIMALISASI IKAN SELAIS SEBAGAI POTENSI LOKAL RIAU

Riza Helmi Putri, Yulia Hasmanda, Saskia Chairani, Siti Nur Azizah, Artis Artis

Abstract


Usaha Rendang pak Ombak merupakan sebuah UKM yang mengolah makanan khas Riau berupa rendang ikan selais dan ikan teri. Menggunakan bahan baku ikan rendah kolestorel dan bumbu pilihan, tanpa pengawet dan MSG serta diolah dengan cara tradisional untuk menjaga cita rasa otentik rendang. Rendang pak ombak sudah tersertifikasi Halal Oleh MUI dan telah teruji baik di Dinas Kesehatan Republik Indonesia. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif adalah metode-metode penelitian yang memusatkan perhatian pada masalah-masalah atau fenomena yang bersifat aktual padasaat penelitian dilakukan, kemudian menggambarkan faktor-faktor tentang masalah yang diselidiki sebagaimana adanya diiringi dengan interpretasi yang rasional dan akurat. Teknik pengumpulan data dengan melaukan wawancara secara lisan dan langsung kepada subjeknya yang berhubungan dengan penelitian yang penulis teliti serta dilengkapi oleh dokumentasi dengan menggunakan teori marketing Mix. Tujuan dari penelitian yaitu untuk melihat secara real kejadian yang sedang terjadi dilapangan sehingga dapat digambarkan dengan jelas, yang akan disajikan dengan kata-kata yang memiliki bukti yang jelas dari beberapa narasumber. Untuk mendapatkan data pada penelitian ini dilakukannya kegiatan yaitu keterangan lapangan, observasi, dan dokumentasi.


Keywords


Strategy, UKM Rendang, Fish Slice, Pak Ombak

Full Text:

PDF

References


Dahiyat, I. &. (2019). KEANEKA RAGAMAN IKAN DI SUNGAI SIAK RIAU. Bionatura-Jurnal Ilmu-ilmu Hayati dan Fisik, 14, 51-58.

David. (2019). Manajemen Strategi (Vol. 12). Jakarta: Salemba Empat.

ELVYRA, R. N. (2018). Biologi Reproduksi Ikan Selais Terang Bulan (Kryptopterus bicirrhis, Valenciennes 1840) Di Desa Mentulik Sungai Kampar Kiri, Provinsi Riau. Jurnal Biospecies, 98 - 107.

Fauzi, S. &. (2020). The digitalization of micro, small, and mediAn institutional theory perspective. Journal of Small Business Management, 00(00), 1–26. https://doi.org/10.1080/00472778.2020.1745536. The digitalization of micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs).

Hafifah, N. &. (2018). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Online Shopping Di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5, 133-132.

Hanim, L. (2018). UMKM (UsahaMikro, Kecil,& Menengah) & BENTUK-BENTUKUSAHA. Semarang: UNISSULA PRES.

Huda, T. S. (2020). The management of educational system using three law Auguste Comte: A case of Islamic schools. Management Science Letters. 10, 617–624.

Indonesia, R. (1995). Pasal 41 UUUMKM “Pasal 42 pada saat Undang-Undang ini mulai berlaku, UU RI No.9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku” . Jakarta.

Keller, K. &. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Khofifah, F. U. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai , V, 2795-2805.

Meilya Suzan Triyastuti, D. H. (2021). STRATEGI PEMASARAN PRODUK IKAN CAKALANG ASA (STUDI KASUS: UKM FROZEN SEAS). Jurnal IPTEK Terapan Perikanan dan Kelautan, 107-116.

Nur, F. U. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Keju Lasi). Jurnal Pendidikan Tambusai, V.

Ombak. (2023). Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Rendang Pak Ombak dalam Pemanfaatan Potensi Ikan Selais. Riau.

Sembiring, S. (2015). Hukum Dagang. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Siswahyudianto, L. E. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Olahan Sari Nanas Pada PT. Putra Jaya Nanas. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5, 248-254.

Sunarti, W. A. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

Sustainable. (2019). The Influence Of Entrepreneurial Orientation, Innovation And Marketing Strategies To Competitiveness Of Food Sector Msmes In Makassar. . American-Eurasian Journal of Sustainable Agriculture, 13(June). https://doi.org/10.22587/aejsa.2019.13.2.7, 61–67.

Verawati, S. A. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan).

Warokka. (2020). Digital Marketing Support and Business Development Using Online Marketing Tools: An Experimental Analysis. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(1). https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i1/pr200219, 1181–1188.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v4i3.23969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id