AJAKAN BERHIJAB DI RUANG PUBLIK: BERDAKWAH, MENCARI VIEWERS, ATAU MENGHINA?

Alya Fitri Ramadhani, Fitri Nurul Aulia, Putri Chanifah Wulandari, Safina Anita Saskiya, Tiara Octaviana Zalianti, Muhammad Parhan

Abstract


Pada hakikatnya dakwah bisa dikatakan sebagai komunikasi, namun keduanya dapat dibedakan dari isi yang dibawakan. Dimana dakwah ini merupakan penyampaian suatu informasi mengenai hal-hal keagamaan. Salah satu metode dakwah yang dapat dilakukan yaitu melalui media sosial. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode campuran dengan maksud dan tujuan untuk memahami fenomena yang terjadi terhadap subjek penelitian yaitu mengenai pendapat dan persepsi responden terhadap judul penelitian ini. Sumber data penelitian mencakup kajian literatur dari berbagai sumber serta kuesioner yang kemudian dianalisis dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu meminta seseorang untuk menggunakan hijab di khalayak umum terutama di media sosial merupakan sebuah dakwah namun bermaksud untuk mencari viewers atau sensasi agar konten yang dibuat dapat tersebar luas dan mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri. Selain itu, hal ini juga dapat disebut suatu penghinaan karena memaksakan suatu kehendak terhadap orang lain dapat mengganggu dan memalukan apalagi jika hal ini dipublikasikan ke media sosial.


Keywords


religion, dakwah, komunikasi, hijab

Full Text:

PDF

References


Aziz, M. A. (n.d.). ILMU DAKWAH. 11-13.

Bukhori, B. (2014). Dakwah Melalui BiMBingan Dan konseling islaM (Vol. 5, Issue 1).

David, E., Sondakh, M., & Harilama. (2017). PENGARUH KONTEN VLOG DALAM YOUTUBE TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS SAM RATULANGIPengaruh

Djemereng, A., Zulfikar, D., Jurusan, D., Kpi, P., Mahasiswa, D., & Prodi, J. /. (n.d.). Peran Komunitas Hijabers Moslim Makassar dalam Memotivasi Muslimah Berhijab (Asni Djemereng dan Zulfikar) PERAN KOMUNITAS HIJABERS MOSLIM MAKASSAR DALAM MEMOTIVASI MUSLIMAH BERHIJAB.

Hardian, N. (2018). Novri Hardian-Dakwah dalam perspektif DAKWAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS.

Helianthusonfri, J. (2018). PASSIVE INCOME.

Hizbullah, M. (n.d.). ADAPTASI DAKWAH ISLAM DI MEDIA ONLINE ERA 4.0. In Jurnal Dakwah dan Komunikasi (Vol. 1, Issue 1).

Jalaludin Rahmad, D. M. (2010). KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA

Juwita, R. (2017). Media Sosial dan Perkembangan Komunikasi Korporat. Jurnal Penelitian Komunikasi, 47-60.

Kasman, S. (2004). MENELUSURI PRINSIP-PRINSIP DAKWAH BIL AL-WALAM DALAM AL-QURAN. JURNALISME UNIVERSAL

Liliweri, A. (2015). KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL

Musbikin, I. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER TOLERANSI

Ni’mah, N. (2016). DAKWAH KOMUNIKASI VISUAL. In Islamic Communication Journal Voll (Vol. 01, Issue 01).

Nisa, K., Universitas, R., Sumatera, M., Jalan, U., Mukhtar, K., & No, B. (n.d.). TREND FASHION HIJAB TERHADAP KONSEP DIRI HIJABERS KOMUNITAS HIJAB MEDAN.

Omar. Toha Yahya. (2004). Ilmu Dakwah.

Parhan, M., Pratiwi, C. A., Agustina, R., & Aini, S. N. (n.d.). PENARI BERHIJAB DALAM PERSPEKTIF MASYARAKAT SEBAGAI AJANG DAKWAH MELALUI KESENIAN.

Sayugi. (2018). CONTENT CREATOR APASIH ARTINYA? Retrieved from https://grproject.tech/2018/02/14/content-creator-apa-sih-artinya/

Shaleh, Abd. Rosyad. (1977). Manajemen Dakwah Islam.

Sumadi, E., & Kudus, S. (2016). DAKWAH DAN MEDIA SOSIAL: Menebar Kebaikan Tanpa Diskriminasi. In Perkembangan Media sebagai Sarana Dakwah (Vol. 4, Issue 1).

Supriyanto, A. & Wahyudi, A. (2017). Skala Karakter Toleransi : Konsep dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan, dan Kesadaran Individu.

Tamalia, A., Tresna, A., Aunillah, V., Vinson, C., Aeni, A. N., & Artikel, S. (n.d.). PENGGUNAAN APLIKASI RUBER PAI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN DAKWAH DI KELAS 5 SD (Vol. 9, Issue 1).

Tasya Kamilah, S., Adiniyah Shoheh, P., Khairul Zain, M., & Suryandari, M. (2023). Analisis Konten Dakwah Dalam Aplikasi Tik Tok Di Kalangan Remaja. 1(1).

Utami Hasri Habsari, S. (2015). FASHION HIJAB DALAM KAJIAN BUDAYA POPULER.

Wahyudin, O. U., & Karimah, K. El. (n.d.). ETIKA KOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL. http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150327134253-188-




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v5i1.22738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id