STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI RIAU DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI iRiau

Rani Aulia Hanifah, Rohayati Rohayati

Abstract


iRiau merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan membutuhkan strategi manajemen komunikasi yang mudah dipahami sehingga dalam proses sosialisasi pesan yang disampaikan mudah diterima dan dipahami oleh masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi manajemen Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau dalam mensosialisasikan aplikasi iRiau. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggunakan teori POAC: Perencanaan Komunikasi (Planning) tahap ini menyusun perencanaan yang jelas bagaimana cara melakukannya dan siapa yang akan melakukan kegiatan dalam sebuah program. (Organizing) tahap menentukan peran serta orang-orang yang terlibat sudah sesuai dengan kapasitas dan kemampuan mereka. Implementasi Komunikasi (Actuating) tahap pengarahan staf atau pustakawan dan mewujudkan perencanaan yang sudah ditetapkan dengan melaksanakan sosialisasi. Kemudian yang terakhir yaitu tahap evaluasi komunikasi (Controlling) tahap evaluasi atau mengukur hasil pekerjaan guna menghindari penyimpangan-penyimpangan

Keywords


Strategi, Manajemen Komunikasi, Sosialisasi, Aplikasi iRiau

Full Text:

PDF

References


Buku

Abdussamad, Zuchri. (2021) “Buku Metode Penelitian Kualitatif” (Makassar: PT. Syakir Media Press).

Arifin, Anwar. (2016) “Ilmu Komunikasi: sebuah pengantar ringkas” (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada).

Cangara, Hafied. (2013) “Perencanaan & Strategi Komunikasi” (Jakarta: Rajawali Pers.

Effendy, Onong Uchjana. (2010) “Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek” (Bandung: Remaja Rosdakarya).

.(2008) “Dinamika Komunikasi” (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Elfiandri, Artis dan Nurdin. (2018) “Pengantar Publik Relation Konsep dan Aplikasi” (Depok: Rajawali Pers).

Hasmin, Jumarty Nurung. (2022) “Manajemen Sumber Daya Manusia” Pertama. Kubug, Solok Sumatera: CV. Mitra Cendekia Media..

Iskandar. (2016) “Manajemen dan Budaya Perpustakaan” (Bandung: PT Refika Aditama).

Kalprinus Ismail, dkk, Jeffrit. (2022) “Pengantar Manajemen” (Cijerah, Bandung: Media Sains Indonesia).

Kriyanto, Rachmat. (2006) “Teknik Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif” (Jakarta: Kencana).

Kurniawati, Khaerani. (2018) “Sosialisasi Kepribadian” (Yogyakarta: Sentra Edukasi Media).

Muh. Fitrah dan Luthfiyah. (2017) “Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus” (Bojong Gede: CV Jejak).

Ngalimun. (2017) “Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis” (Yogyakarta: Pustaka Baru Press).

Rahardjo, Mudjia. (2010) “Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif” (Malang: Gema Media Informasi dan Inspirasi).

Riinawati. (2019) “Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisasi” (Yogyakarta: PT. Pustaka Baru Press).

Sukarna. (2011) “Dasar-dasar Manajemen” (Bandung: Bandar Maju).

Jurnal

Akbar, Khairul, Hamdi Hamdi, Lalu Kamarudin, dan Fahruddin Fahruddin. (2021) “Manajemen POAC pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BDR di SMP Negeri 2 Praya Barat Daya).” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 7, no. 1: 167–75.

Fitriani, Dewi, dan Atot Sugiri. (2022) “Pengaruh Sosialisasi Kebijakan Lingkungan Terhadap Kesadaran Masyarakat Dalam Mewujudkan Kebersihan Lingkungan Di Kampung Majlis Panyairan Kelurahan Palabuhanratu.” Jurnal Dialektika Politik 6, no. 2 : 79–101.

Mariana Simanjuntak, Anwar Anwar, Unang Toto Handiman, Mochamad Sugiarto, Darwin Lie, Moses Lorensius Parlinggoman Hutabarat, Abdurrozzaq Hasibuan, Nana Triapnita Nainggolan, Sukarman Purba, Afriansyah Afriansyah. (2022) Manajemen Komunikasi dan Organisasi. Pertama. Yayasan Kita Menulis, Diakses 22 Maret 2023.

Nisa, Fardhatun, Rani Fatmawati, dan Raden Puspita Darmayanti. (2022) “Fungsi Manajemen Organisasi Pelayanan Kemanusiaan Dalam Yayasan Rehabilitasi Pecandu Napza ‘Sahabat Foundation’” 3, no. 2 .

Pramiyati, Titin, Jayanti, dan Yusnelly. (2017) “Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Aktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basis Data Sim Bumil.” Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer 8, no. 2 (1 November): 679.

Pranawukir, Iswahyu. (2021) “Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Adaptivitas Sumber Daya Manusia Dan Keunggulan Kompetitif Lembaga.” Jurnal Pustaka Komunikasi 4, no. 2 : 247–59.

Ramadhani, Tri, Mutiara Pane, Rifaldi Nasution, Rio Panggabean, dan Zainarti Zainarti. (2023) “Strategi Manajemen Komunikasi Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi.” Dakwah Assyifa: Journal of Da’wah and Communication 2 : 127–39.

Kartikawati, Dwi, Djudju Luciana Radjagukguk, dan Yayu Sri wartini. (2018) “Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Melalui Komunikasi Pendidikan Di Sekolah Dasar Inklusi di Yogyakarta Dan Surakarta.” Widya Komunika 8, no. 2 : 58–75.

Khairunnisa, Khairunnisa dan Mustapha Kamal Rokan. (2022) “Strategi Sosialisasi Tabungan Easy Wadiah Pada Bank Syariah Indonesia Kc Lubuk Pakam.” PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e-ISSN: 2797-0469) 2, no. 03 : 70–80.

Kurniati, Pat, Haris Maiza Putra, Wachid Pratomo, dan Armelia Prakasa. (2022) “Cara Mudah Belajar Menulis Jurnal Menggunakan Referensi Otomatis Microsoft Word dan Zotero.” Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi 9, no. 1 : 43–53.

Martha, Layung Paramesti, dan Irma Suci Adiyasa. (2022) “Analisis Strategi Komunikasi Dalam Sosialisasi Program Kartu Identitas Anak.” Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi 6, no. 1 : 9–18.

Pricahyadi, Moris, dan Thoriq Ramadani. (2019) “Strategi Komunikasi Kebijakan pemerintah Provinsi DKI Jakarta Pada Peraturan Gubernur Nomor 110 Tahun 2018.” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi 16, no. 1 : 112–26.

Artikel dalam internet:

Maya, Dwi. (2022) “Dipersip Kembali Mensosialisasikan Aplikasi iRiau Sebagai Bentuk Kemudahan Buat Pemustaka.” https://dipersip.riau.go.id/

———. (2021) “Persiapan Program Jelita.” https://dipersip.riau.go.id/jelita.

Riki, Arianto. (2022) “Perdana di tahun 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau menghadirkan roadshow program JELITA.” https://dipersip.riau.go.id/jelita.

Website:

https://iriau.moco.co.id/.

https://dipersip.riau.go.id/.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v4i3.22256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id