MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PADA INSTAGRAM STORIES MAHASISWI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UIN SUSKA RIAU

Resti Amelia Alfiarni, Sefia Endah Rohmani, Naufal Razaq Citra, Rifqi Al Mahira, Febby Amelia Trisakti

Abstract


Instagram menjadi media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia pada tahun 2020 dengan total keseluruhan pengguna sebesar 26,9 miliar. Ada banyak fitur yang tersedia di Instagram untuk para penggunanya, salah satunya adalah Instagram Stories. Fitur Instagram Stories adalah fitur yang disediakan oleh aplikasi Instagram untuk menambah pengalaman pengguna dalam membagikan moment melalui foto maupun video. Studi ini dilakukan pada beberapa mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen privasi pada Instagram stories mahasiswi program studi Ilmu Komunikasi UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui teknik wawancara dengan beberapa informan terkait pengalamannya selama menggunakan fitur Instagram Stories. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beragam motif yang dilakukan mahasiswi Prodi Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau dalam menggunakan fitur Instagram Stories, yakni diantara informan ada yang merasa bebas berekspresi dan memberikan informasi di Instagram Stories yang mereka bagikan, dan juga ada informan yang jarang menggunakan Instagram Stories.


Keywords


Manajemen Privasi Komunikasi, Instagram stories, Mahasiswi

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R., & Rose, K. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Aini, A. P. N., & Alamiyah, S. S. (2022). Privacy Management on Instagram Users (Qualitative Descriptive Study of Surabaya’s Early Adults in Security Management). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(2).

Alhabash, S., & Ma, M. (2017). A Tale of Four Platforms: Motivations and Uses of Facebook, Twitter, Instagram, and Snapchat Among College Students? SAGE Journals, Volume 3(1).

Andu, C. P., Bahfiarti, T., & Farid, M. (2017). Penggunaan Media Grindr Di Kalangan Gay Dalam Menjalin Hubungan Personal. Jurnal Komunikasi KAREBA, 6(1), 206–2014.

Aprilia, M. P., & Angelina, S. (2022). Manajemen Privasi Komunikasi pada Instagram Stories Remaja di Yogyakarta. Connected: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1–14.

Ardiyanti, H., Hadyanto, D. T., & Krislamawaty, D. (2018). Swafoto: Sebuah Pendekatan Teori Manajemen Privasi Komunikasi. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 9(1), 103–119.

Belanche, D., Cenjor, I., & Pérez-Rueda, A. (2019). Instagram Stories versus Facebook Wall: An advertising effectiveness analysis. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 23(1), 69–94.

Dianiya, V. (2021). Management Privacy dalam Penggunaan Fitur “Close Friend” di Instagram. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 5(1), 249.

Fauzia, A. Z., Maslihah, S., & Ihsan, H. (2019). Pengaruh tipe kepribadian terhadap self-disclosure pada dewasa awal pengguna media sosial instagram di Kota Bandung. Journal of Psychological Science and Profession, 3(3), 151–160.

Hidayati, F. R., & Irwansyah, I. (2021). Privasi “Pertemanan” Remaja di Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis-JTEKSIS, 3(1), 78–91.

Ievansyah, I., & Sadono, T. P. (2018). Personal Branding Dalam Komunikasi Selebritis (Studi Kasus Personal Branding Alumni Abang None Jakarta Di Media Sosial “Instagram”). Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 4(02), 149–162.

Indriyani, N., & Sulihyantoro, A. B. (2021). Manajemen privasi di new media. Jurnal Komunikasi Massa, 20.

Johana, K., Lestari, F. D., & Fauziah, D. N. (2020). Penggunaan Fitur Instagram Story Sebagai Media Self Disclosure dan Perilaku Keseharian Mahasiswi Public Relations Universitas Mercu Buana. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(3), 280–289.

Junior, K. G. (2021). Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Aplikasi Kencan Online “Tinder” di Kalangan Mahasiswa UNS.

Karimkhani, C., Connett, J., Boyers, L., Quest, T., & Dellavalle, R. P. (2014). Dermatology on Instagram. Dermatology Online Journal, 20(7).

Krisnawati, E. (2016). Mempertanyakan Privasi Di Era Selebgram: Masih Adakah? Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 179–200.

Kusuma, R. S. (2017). Penggunaan Internet Oleh Dosen Berdasar Gender Dan Generasi. Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 8(1), Article

Lianto, D. H. C. (2017). Communication Privacy Management Gay Kepada Sahabat Dan Rekan Kerja Tentang Orientasi Seksualnya. Jurnal E-Komunikasi, 5(2).

Mawarsari, D. (2022). Pengelolaan Privasi Informasi dalam Akun Kedua Instagram di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Massa.

M.I.Kom, C. P. A., & M.A, T. H. P. (2017). Penggunaan Media Grindr Diikalangan GAY Dalam Menjalin Hubungan Perosnal (Suatu Studi Fenomenologi). Penerbit K-Media.

Natalia, I. W. (2018). Communication Privacy Management (Manajemen Komunikasi Privasi) tentang Hubungan Seks Pranikah yang telah dilakukan oleh Remaja.

Nurbaiti, A., & Anshari, I. N. (2019). Manajemen Privasi di Situs Jejaring Sosial (Studi Kasus Penggunaan Finstagram untuk Voyeurisme Termediasi).

Prinsloo, P., & Slade, S. (2015). Student privacy self-management: Implications for learning analytics. 83–92.

Saidah, M. (2021). Manajemen Privasi Komunikasi di Era Transparansi Informasi (Studi Pada Pelanggaran Privasi Dalam Hubungan Pertemanan). INTERAKSI PERADABAN: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(2).

Saifulloh, M., & Siregar, M. U. (2019). Pengungkapan Diri Gofar Hilman Sebagai Influencer Melalui Media Instagram. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(2), 167–180.

Satria, D. A., & Kusumaningtyas, R. (2021). Manajemen Privasi Akun Model Hijab di Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Sosial Humaniora Indonesia, 1(2), 67–81.

Savitri, S., & Irwansyah, I. (2021). The Use of Instagram Stories at the Age of COVID-19 Pandemic. Jurnal ASPIKOM, 6(1).

Sholihah, M., Kusuma, R. S., & Kom, S. K. M. (2020). Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Instagram Dewasa Dalam Menggunakan Fitur Instastory.

Soraya, D. (2019). Pengaruh Tingkat Kesadaran Privasi Terhadap Perilaku Perlindungan Informasi Pribadi (Studi Kuantitatif Eksplanatif Uji Model Antecedents-Privacy Concerns-Outcomes (APCO) di Media Sosial oleh Mahasiswa Universitas Airlangga).

Utami, F. N. T., & Arini, A. T. (2013). Perbedaan Sikap Terhadap Privacy Di Situs Jejaring Sosial Antara Remaja Laki–Laki Dan Perempuan. Jurnal Penelitian, 17, 61-68 halaman.

Widiyaningsih, Y. (2018). PERILAKU PERLINDUNGAN PRIVASI PADA PENGGUNA INSTAGRAM DI KALANGAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA SURABAYA.

Yusra, Y. (2016). Riset TNS: Generasi Terpelajar Dominasi Pengguna Instagram di Indonesia. Retrieved Juli, 25, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v4i3.22035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id