ANALISIS SEMIOTIKA KONSTRUKSI ISLAM DALAM FILM HOTEL MUMBAI

faizal fikri

Abstract


Film Hotel Mumbai adalah film yang bergenre drama, sejarah, thriller dan berusaha menggangkat simbol-simbol dan unsur-unsur yang identik dengan agama Islam. Dimana agama Islam menjadi suatu ancaman, bukan sebagai agama yang merupakan rahmatan lil 'alamain, rahmat bagi seluruh alam. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisa konstruksi Islam yang terdapat pada film Hotel Mumbai sehingga penelitian ini berjudul "Studi Analisa Semiotika Konstruksi Islam dalam Film Hotel Mumbai". Tujuan penelitian ini adalah bagaimana konstruksi Islam dalam film Hotel Mumbai dengan menggunakan analisa semiotika John Fiske. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa semiotika. Scene yang mengrekonstruksikan Islam dalam film Hotel Mumbai yang menjadi objek dalam penelitian ini kan dianalisa menggunakan semiotika John Fiske. Kode-kode sosial yang dikemukan oleh John Fiske terbagi menjadi 3 tahapan yaitu level realitas, level representatif dan level ideology. Hasil dari penelitian adanya tujuh scene yang mengandung konstruksi Islam baik itu dari level realitas (lingkungan, kostum, penampilan, kelakuan, cara berbicara, ekspresi), level representasi (suara, perevisian, pemilihan pemain, konflik, percakapan) dan juga level ideology(ras, kapitalisme). Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam film Hotel Mumbai terdapat konstruksi Islam pada scene tertentu dalam adegan film Hotel Mumbai


Full Text:

PDF

References


Bungin, B. (2011). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Pren Media,

Hikmat, M. M. (2011). Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. Bandung: Graha Ilmu.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset komunikasi. Jakarta: Kencana.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rema Rosdakarya.

Nurudin. (2015). Pengantar Komunikasi Massa. Depok: Rajawali Pers.

Pujileksono, S. (2015). Metode penelitian Komunikasi. Malang: Kelompok Instrans Publishing.

Rusadi, U. (2015). Kajian Media: Isu Ideologis Dalam Perspektif, Teori Da Metode. Jakarta: Rajawali Pers.

Sobur, A. (2015). Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Dan Analisis Framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Semiotik

(2013). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Baharsyah, Ilham. (2017). Konstruksi Islam Sebagai Agama Perdamaian Dalam

Film Bulan Terbelah di Langit Amerika Chandra, R Syafrul. (2014). Analisis Semiotika Terhadap Makna Jihad dalam

Film Zero Dark Thirty Fanany, Meggi (2015). Black Propaganda Dalam Film (Analisis Isi Pada Film "

The Interview" Karya Seth Rogen, Evan Golberg)

Hermawan, H. (2018). Film Dan Ideologi Potret Islam Dalam Film-Film Hollywood. Jurnal Pustaka Komunikasi. 1(2), 201-212.

Ikhsan, M Hervinto. (2015). Pesan Propaganda Illuminati Dalam Film Animasi (Analisis Semiotika Pada Film Despicable Me 2 Karya Pierre Coffin)

Kusumastuti. (2017). Representasi Pemikiran Marxisme Dalam Film Biografi Studi Semiotika John Fiske Mengenai Pertentangan Kelas Sosial Karl Marx Pada Film Guru Bangsa Tjokroaminoto. Semiotika Jurnal Komunikasi, 1-33.

Meiseisar, S. (2015). Representasi Terorisme Dalam Film Java Heat. Commonline Departemen Komunikasi. 4(2), 257-272.

Pah, T., & Rini, D. (2019). Analisis Semiotika John Fiske Dalam Tayangan Lentera Indonesia Episode Membina Potensi Para Penerus Bangsa Di Kepulauan Sula. Communicare. 6(1), 1-22.

Robiatun. (2012). Pelaksanaan Mata Pelajaran Pai Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas Ii Sd Negeri Lempuyang Kabupaten Demak.

Rosandy, Fedly. (2013). Stereotype Islam Sebagai Agama Teroris ( Studi Semiotika Komunikasi Mengenai Representasi Stereotype Islam Sebagai Agama Teroris Dalam Film Four Lions)

Maras, A. (Director). (2019). Hotel Mumbai [Thunder Road Pictures].




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v4i3.20265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id