PELUANG DAN TANTANGAN NEWS ON YOUTUBE PADA MEDIA KOMPAS TV RIAU

Nur Asiska, Mustafa Mustafa

Abstract


Perkembangan teknologi membuat media konvensional kini beralih ke media digital. Untuk mempertahankan eksistensinya, media mulai mempersiapkan diri akibat dari adanya konvergensi media, sehingga media konvensional perlu beradaptasi melalui platform media digital yang populer salah satunya youtube. Oleh karena itu media saat ini harus memanfaatkan berbagai peluang penggunaan media digital dan menghadapi berbagai tantangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang dan tantangan news on youtube di Indonesia khususnya di media Kompas TV Riau. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan cara wawancara langsung, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah Kompas TV Riau memanfaatkan peluang dengan menggunakan media digital dan media sosial untuk menyebarluaskan berita dan informasi. Adapun peluang yang dimanfaatkan ialah lingkungan media digital yang semakin meningkat, waktu, periklanan digital, pemasaran digital dan sumber pendapatan digital lainnya. Selain itu tantangan yang dihadapi oleh Kompas TV Riau ialah jaringan internet, SDM (sumber daya manusia), konten, periklanan digital, pemasaran digital dan organisasi media berita baru yang bermunculan.


Keywords


Konvergensi media; News; Youtube

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Q., Yoserizal, S., & Suwandi. (2019). Pengantar Jurnalistik. Guepedia.

Albi, A., & Johan, S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.

Astri, R., & dkk. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis.

Burhan, B. (2003). Analisis Penelitian. PT. Raja Grafindo.

Dudi, I. (2018). KONVERGENSI MEDIA:Perbauran Ideologi, Politik, dan Etika Jurnalisme. Andi.

Finna, P. H. (2017). Pemanfataan Media Online Dalam Penyaluran Konten “Eksklusif Digital” Kompas TV. Universitas Padjajaran.

Ilhamsyah. (2020). Pengantar Strategi Kreatif Advertising Era Digital. Andi.

Lawa, K. O. (2020). Challenges and Opportunities for News Media and Journalism in an Increasingly Digital Mobile. 46–59. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-3042-9.ch003

Lindawati, S., Hendri, M., & HutahaeanJeperson. (2020). Pemasaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher.

Peer, L., & Ksiazek, T. B. (2011). Youtube and the challenge to journalism new standards for news videos online. Journalism Studies, 12(1), 45–63. https://doi.org/10.1080/1461670X.2010.511951

Prayetno, A. (2015). Kerja Sama Komunitas Asean 2015 Dalam Menghadapi ATHG (Ancaman, Tantangan, Hambatan Dan Ganguan). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Terbuka, 577–586.

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 108. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Romli, M., & Asep, S. (2018). Jurnalistik Online (Panduan Mengelola Media Online). Nuansa Cendekia.

Sandu, S., & Muhammad, A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sri, L. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Deepublish.

Tyas, A., & Aryani, D. (2017). Efektivitas Iklan Digital Google Adsense. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(1), 1–10.

Wahyuningsih, T., & Zulhazmi, A. Z. (2020). Jurnalisme Era Baru (Konvergensi Media Radar Jogja Dalam Menghadapi Persaingan Media). Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(1), 76. https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i1.2412

Widyantara, I., & Rasna, I. (2020). Penggunaan Media Youtube Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 113–122.

Yogantari, M. V., & Widyaswari, I. G. A. A. W. (2021). Efektifitas Instagram sebagai Sarana Periklanan Baru di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Desain Sosial (SNDS), 1(1), 127–131.

Zamroni, M. (2021). era digital. 5(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v4i1.18022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id