PENGARUH TAYANGAN SINETRON DARI JENDELA SMP DI SCTV TERHADAP PERILAKU SISWA SMP N 1 GUNUNG SAHILAN KECAMATAN GUNUNG SAHILAN KABUPATEN KAMPAR

Lutfiana Mafika Sari, Elfiandri Elfiandri

Abstract


Televisi mampu membuat orang pada umumnya mengingat dari apa yang dilihat dan didengar pada layar kaca walaupun hanya sekali tayang, terutama bagi anak-anak pada umumnya selalu meniru apa yang dilihat dan tidak menutup kemungkinan perilaku serta sikap anak tersebut akan mengikuti acara televisi yang ditonton. Sinetron adalah drama yang menyajikan cerita beberapa karakter sekaligus. Akhir cerita sinetron cenderung tanpa penyelesaian (open-ended). Cerita terlalu panjang selama masih ada penonton yang menyukainya. Salah satunya adalah sinetron yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu sinetron Dari Jendela SMP yang ditayangkan di SCTV. Sinetron ini diambil sebagai objek penelitian karena sinetron Dari Jendela SMP ini pernah menduduki rating 5 besar di Indonesia dalam kategori tayangan televisi pada Juli 2020.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh tayangan sinetron Dari Jendela SMP di SCTV terhadap perilaku siswa SMP N 1 Gunung Sahilan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelititan ini adalah seluruh siswa SMP N 1 Gunung Sahilan Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 504 orang, sampel yang digunakan 223 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Data diolah dengan bantuan SPSS versi 23 dengan statistik model linier. Penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan sinetron Dari Jendela SMP di SCTV (X) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap perilaku siswa SMP N 1 Gunung Sahilan (Y) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan tergolong kuat dengan nilai 0,663 yang berada pada interval 0,60-0,799.


Keywords


Pengaruh tayangan sinetron, perilaku siswa, SMP N 1 Gunung Sahilan

Full Text:

PDF

References


Adi Badjuri (2010). Jurnalistik Televisi. Jakarta: Graha Ilmu.

Basaria, D., & Aryani, F.X. (2017). Emotinal Intelligence In Adolescences With Javanese (Study In Yogyakarta Special Region). The Asian Conference On Education 2017 (Official Conference Proceedings).

Kristiyawati. (2020). Dampak Tayangan Televise Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Di Desa Sepakat Bersatu Kecamatan Rimbo Hiir Kabupaten Tebo. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Jambi, Indonesia.

Morissan. (2008). Manajemen Media Penyiaran (Strategi Mengelola Radio & Televisi). Jakarta: Kencana Prenadamdia Group.

Onong Uchjana Effendi. (1993). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Wawan Kuswandi. (2008). Komunikasi Massa: Analisis Interaktif Budaya Massa. Cet. II. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v4i2.16621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id