EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WEBSITE PADA HUMAS DI KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SUMATERA UTARA

Febby Ramadayanti, Hasan Sazali, Indira Fatra Deni Peranginangin

Abstract


Pada saat ini mau tidak mau seorang Humas harus mengikuti perkembangan zaman tersebut dengan menggunakan sebuah website. Website perusahaan pada kinerja humas akan semakin dipermudah, terutama dalam melakukan kegiatan komunikasi, promosi dan sosialisasi kepada khalayak (publik) baik internal maupun eksternal, sehingga pembentukan citra yang baik juga akan mudah dilakukan. Oleh karena itu adanya website lebih mempermudah siapa pun dan dimana pun mereka yang berada diluar kota atau pun jauh untuk mengakses dan mengetahui informasi mengenai Kementerian Agama Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas penggunaan website pada Humas di Kementerian Agama Sumatera Utara dalam hal kelebihan dan kendala penggunaannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh humas Kementerian Agama Sumatera Utara dalam penggunaan website berjalan dengan baik. Humas Kementerian Agama Sumatera Utara selalu membuat berita yang uptodate yang berisi tentang berita utama dan berita daerah. Kelebihan penggunaan website oleh Kementerian Agama Sumatera Utara antara lain: masyarakat bisa membagi data ataupun informasi kebijakan publik oleh Kementerian Agama Sumatera Utara dan website bisa digunakan untuk pencitraan Kementerian Agama Sumatera Utara.


Keywords


Humas, Efektivitas, Website

Full Text:

PDF

References


Kriyantoro, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Novianti, D. (2010). Bingkai Berita Kasus Dengan Korupsi Aliran Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia Pada Detik.com dan tempo interaktif. jurnal ilmu komunikasi. vol. 8, no. 2, repository.upnyk.ac.id.

Raco, J.R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Grasindo.

Soemirat, S. D. (2007). Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i5.15627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id