STRATEGI HUMAS POLDA RIAU DALAM MENGAMPANYEKAN APLIKASI LANCANG KUNING SEBAGAI MEDIA INFORMASI KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN

Debi Sintia, Hayatullah Kurniadi

Abstract


Bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan telah mencoreng nama besar Indonesia di mata internasional, sehingga hal ini menjadi alasan bagi Polda Riau dalam meluncurkan terobosan teknologi di era 4.0 guna memantau Karhutla yang lebih masif yang diberi nama Aplikasi Lancang Kuning. Untuk mengenalkan aplikasi lancang kuning tentunya Humas Polda Riau memerlukan strategi yang tepat dalam mengampanyekan aplikasi tersebut sehingga dilakukan penelitian dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Hardwood childs tentang strategi kampanye program yang terdiri dari strategy of publicity, strategy of persuation, strategy of argumentation, dan strategy of image. Hasil dari kajian tersebut adalah untuk menciptakan publisitas yang baik memerlukan kerja sama serta menjalin hubungan yang baik dengan media massa serta untuk mendapatkan kepercayaan terhadap sebuah program instansi harus memiliki citra yang baik sehingga masyarakat percaya terhadap program atau produk yang di kampanyekan yang dalam hal ini adalah aplikasi lancang kuning. 


Keywords


strategi Humas, Kampanye program, Polda Riau

Full Text:

PDF

References


Adiguna, Richad Saputra. “Kampanye ‘Yuk Nabung Saham’IDX Untuk Mengubah Mindset Saving Society Menjadi Investing Society.” Jurnal Komunikasi 9, no. 1 (2018): 93–99.

Ardial. Paradigma Dan Model Penelitian Komunikasi. jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Artis, Artis. “Strategi Komunikasi Public Relations.” Sosial Budaya 8, no. 2 (2011): 184–97.

Dr. Hj. Sri Langgeng Ratnasari, S.E.M.M., and Y Hartati. MANAJEMEN KINERJA DALAM ORGANISASI. Penerbit Qiara Media, 2019. https://books.google.co.id/books?id=ge-1DwAAQBAJ.

Eka. “Kapolda Riau Resmikan Posko Relawan Karhutla.” Monitorriau.Com, 2020. https://monitorriau.com/news/detail/14560/kapolda-riau-resmikan-posko-relawan-karhutla.

Ghony, Djunaidi. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz media, n.d.

“Google Playstore,” n.d. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.rcm.rcm.

Gun Heryanto, Rumaru. Komunikasi Politik: Sebuah Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesi, 2015.

Hadi, Sutrisno. Metode Research. Yogyakarta: UII Press, 2001.

Kussanti, Devy Putri, and Intan Leliana. “Program Kampanye Humas Puskesmas Kecamatan Palmerah Dalam Upaya Preventif Bahaya Campak Dan Rubella Di Masyarakat.” Jurnal Komunikasi 9, no. 1 (2018): 109–17.

Lengkong, Selvina L, Mariam Sondakh, and J W Londa. “Strategi Public Relations Dalam Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado).” ACTA DIURNA KOMUNIKASI 6, no. 1 (2017).

Lubis, Evawani Elysa. “Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah.” Jiana (Jurnal Ilmu Administrasi Negara) 12, no. 1 (2012).

MARBUN, ANNISA LIANDRE, Pundra Rengga Andhita, S Sos, and M I Kom. “STRATEGI PUBLIC RELATION WARDAH DALAM MEMBANGUN CITRA HALAL KOSMETIK WARDAH.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2021.

Muharam, Idham, and Indri Rachmawati. “Strategi Perencanaan Kampanye ‘10 by 20’ Dalam Upaya Mengurangi Dampak Buruk Pengguna Narkoba.” Prosiding Manajemen Komunikasi Http://Dx. Doi. Org 10, no. v7i1 (n.d.): 25180.

Nasrullah, Rulli. Teori Dan Riset Media Cyber (Cybermedia). jakarta: Prenada Media Grup, 2005.

Nurbaiti, Siti Robiah, and Azis Nur Bambang. “Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR).” In Proceeding Biology Education Conference, 14:224–28, 2017.

Nurrudin. Pengantar Komunikasi Massa. jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Olivia, Helen, and Diah Novianis Putri. “SOSIALISASI PROGRAM CSR OLEH PUBLIC RELATIONS PT TELKOM INDONESIA MELALUI EVENT TELKOM CRAFT INDONESIA.” WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi 18, no. 1 (2019): 68–76.

Prof. Dr. Alo Liliweri, M S. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana Prenada Media Group, 2010. https://books.google.co.id/books?id=MBZNDwAAQBAJ.

Risviana, Ria. “Strategi Komunikasi Dalang Collection Dalam Mensosialisasikan Program Bank Sampah Di Pekanbaru” 01 no.02 (2014).

Rudy, teuku may. Komunikasi Dan Humas Humas Internasional. Bandung: PT. refika Aditama, 2005.

Ruslan, Rosady. Kiat Dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Rajawali, 2013.

Saifulloh, Muhammad, and Muhammad Fikri Lazuardi. “MANAJEMEN KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM SOSIALISASI PROGRAM TANGGAP COVID-19.” Jurnal Pustaka Komunikasi 4, no. 1 (2021): 53–65.

Sani, Abdullah. “6.425 Hektare Lahan Terbakar Di Seluruh Riau Sejak Januari 2019.” Liputan6.Com, 2019. https://www.liputan6.com/news/read/4057807/6425-hektare-lahan-terbakar-di-seluruh-riau-sejak-januari-2019.

Scot. M, Dkk. Effective Public Relations Edisi Kesembilan. Jakarta. Prenada Media Grup, 2016.

Soyomukti, Nuraini. Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 2016.

Sulistyaningtyas, Ike Devi. “Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Program Kampanye Sosial,” 2013.

Suprawoto. Government Public Relations : Perkembangan & Praktik Di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Grup, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v4i1.14682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id