IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DINAS SOSIAL KABUPATEN KAMPAR

Maida Anggraini, Toni Hartono

Abstract


Iklim komunikasi organisasi di instansi Dinas Sosial Kabupaten Kampar merupakan faktor penting dalam usaha pencapaian meningkatkan kinerja pegawai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana iklim komunikasi organisasi di dalam instansi Dinas Sosial Kabupaten Kampar dalam meningkatkan kinerja pegawai. Metode yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa, iklim komunikasi organisasi di instansi Dinas Sosial Kabupaten Kampar dalam meningkatkan kinerja pegawai diperlukan beberapa aspek yang mendukung. Seperti dukungan (supportiveness) dengan saling menghargai dan bertegur sapa antara atasan dengan bawahan maupun sesama rekan kerja. Pembuatan keputusan selalu melibatkan semua anggota di Instansi Dinas Sosial Kabupaten Kampar. Kemudian kepercayaan yang diberikan oleh atasan kepada bawahan dalam mempercayakan setiap pekerjaan yang dilaksanakan. Keterbukaan dan keterusterangan di Instansi Dinas Sosial Kabupaten Kampar antara atasan dan bawahan. Tujuan kinerja yang tinggi dengan memberikan dukungan oleh atasan kepada bawahan sebagai bentuk motivasi agar tujuan kinerja tinggi dapat tercapai.


Keywords


Iklim Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Aswaja Pressindo.

Ali Haji, M. R. (2016). Iklim Komunikasi dalam meningkatkan Motivasi Kerja (Survey terhadap karyawan PT. Tristan. Universitas Sultan Ageng Tritayasa.

Dinas Sosial Kabupaten Kampar. (2017). Rencana Strategis Dinas Sosial Kabupaten Kampar Tahun 2017-2022. Dinas Sosial Kabupaten Kampar.

Jaya, I. (2014). Iklim Komunikasi dalam Meningkatan Kinerja Karyawan ( Studi Deskriptif Kualitatif pada Yayasan Penerbitan Pers Suara Muhammadiyah ). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kabupaten Kampar, D. S. (n.d.). Sejarah Dinas Sosial Kabupaten Kampar.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rodakarya.

Muhammad, A. (2005). Komunikasi Organisasi (Ketujuh). Bumi Aksara.

Mulawarman, K., & Rosilawati, Y. (2014). Komunikasi Organisasi pada Dinas Perijinan Kota Yogyakarta untuk Meningkatkan Pelayanan. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 5(1), 31. https://doi.org/10.30659/jikm.5.1.31-41

Pace, R. W., & Faules, D. F. (2010). Komunikasi Organisasi (Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan). PT. Remaja Rosdakarya.

Pace, R. W., & Faules, Don. F. (2000). Komunikasi Organisasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2009). Metode Penelitian Komunikasi (Dilengkapi Contoh Analisis Statistik) (Keempat belas). PT. Remaja Rosdakarya.

Suprianti, D. (2018). Iklim Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada instansi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau. 5, 11.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2017). Metodologi Penelitian Sosial (Ketiga). Bumi Aksara.

Anasri. (2021, March 15). Hasil Wawancara [Personal communication].

Yusmar. (2021, March 15). Hasil Wawancara [Personal communication].




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i5.14085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id