IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING BANGBELI APPS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA DI KALANGAN UMKM
Abstract
Tren pemasaran beralih dari konvensional (offline) menjadi digital (online). Konsep digital marketing bagi para pelaku usaha yaitu dapat memasarkan produknya dari mana saja dan kapan saja melalui internet. Fokus masalah yang diangkat, yaitu: (1) bagaimana implementasi digital marketing aplikasi Bangbeli dalam meningkatkan jumlah pengguna di kalangan UMKM (2) bagaimana kendala dan manfaat implementasi digital marketing aplikasi Bangbeli dalam meningkatkan jumlah pengguna dikalangan UMKM. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik dalam pengumpulan data malalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori digital marketing. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa implementasi digital marketing yang dilakukan oleh Bangbeli yaitu membentuk mengoptimalkan penggunan search engine optimization melalui Google Analytics dan Google Keyword Planner serta melakukan branding dengan konten yang dibagikan dikemas dengan visualisasi yang menarik perhatian seperti konten yang informatif dan memiliki pesan yang persuasif dan menjalin hubungan dengan pelanggan secara fast response (cepat tanggap) di media sosial. Strategi tersebut dapat membangun dan mempengaruhi brand awareness pada konsumen atau calon konsumen sehingga mereka familiar dengan eksistensi merek (brand) dari Aplikasi Bangbeli.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A. (2020). Public Relations in The Era of Artificial Intelligence: Peluang atau Ancaman? Jurnal Aristo (Social, Politic, Humaniora), 8(2), 406–417.
APJII. (2020). Laporan Survey Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2019-2020 (Q2). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/survei
Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Media Kita.
Bangbeli, F. (2020). Company Profile Bangbeli. WhatsApp
Belch, G. E., & Belch, G. E. (2009). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. McGraw-Hill Australia.
Bharata, W. (2016). Optimization untuk Meningkatkan Daya Saing pada Bisnis Startup (Studi pada Kaldera Trail and Jeep Adventure Malang). Al Tijarah, 2(2), 169–189.
Bistra, V. (2017). Marketing 4.0: How Technologies Transform Marketing Organization. Obuda University E-Bulletin, 7(1), 47–56.
Brian, C. (2012). Advanced Web Metrics with Google Analytics, John Wiley & Sons Inc. Indianapolis.
Broughton Micova, S. (2019). Case Study Research. In H. Van den Bulck, M. Puppis, K. Donders, & L. Van Audenhove (Eds.), The Palgrave Handbook of Methods for Media Policy Research (pp. 71–84). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-16065-4_4
Carr, C. T., & Hayes, R. A. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 46–65. https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972282
Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education Limited.
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed). SAGE Publications.
Eka, A. (2021). Wawancara Implementasi Digital Marketing Aplikasi Bangbeli [Personal communication].
Google. (2021). Keyword Planner. Think with Google. https://www.thinkwithgoogle.com/intl/en-145/marketing-strategies/search/keyword-planner/
Guven, H. (2020). Industry 4.0 and Marketing 4.0: In Perspective of Digitalization and E-Commerce. In B. Akkaya (Ed.), Agile Business Leadership Methods for Industry 4.0 (pp. 25–46). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/978-1-80043-380-920201003
Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Sytems and Operations Management, 7(2), 221–228.
Klaus-Peter, W., & Buxel, H. (2005). Corporate Reputation Management In Germany: Results Of An Empirical Study. Corporate Reputation Review, 8(2), 145–163.
Lasi, H., Fettke, P., Kemper, H.-G., Feld, T., & Hoffmann, M. (2014). Industry 4.0. Business & Information Systems Engineering, 6(4), 239–242. https://doi.org/10.1007/s12599-014-0334-4
Lestari, N. M. (2021). Wawancara Implementasi Digital Marketing Aplikasi Bangbeli [Personal communication].
M, N. (2015). Bisnis Online: Manfaat Sosial Media Dalam Meraup Uang. Kobis.
Mahardika, E., & Aji, G. G. (2018). Implementasi Komunikasi Pemasaran Digital Dalam Promosi Pariwisata ( Studi Kasus Pada Kota Wisata Batu. Commercium, 2(2), 5–8.
Mkwizu, K. H. (2019). Digital marketing and tourism: Opportunities for Africa. International Hospitality Review, 34(1), 5–12. https://doi.org/10.1108/IHR-09-2019-0015
Murdani, R. T. (2021). Wawancara Implementasi Digital Marketing Aplikasi Bangbeli [Personal communication].
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. PT Remaja Rosdakarya.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20.
Pandey, N., Nayal, P., & Rathore, A. S. (2020). Digital marketing for B2B organizations: Structured literature review and future research directions. Journal of Business & Industrial Marketing, 35(7), 1191–1204. https://doi.org/10.1108/JBIM-06-2019-0283
Paramitha, C. R. P. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan dalam Bidang Kuliner. Universitas Diponegoro.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Ritz, W., Wolf, M., & McQuitty, S. (2019). Digital marketing adoption and success for small businesses: The application of the do-it-yourself and technology acceptance models. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(2), 179–203. https://doi.org/10.1108/JRIM-04-2018-0062
Roblek, V., Meško, M., & Krapež, A. (2016). A Complex View of Industry 4.0. SAGE Open, 6(2), 215824401665398. https://doi.org/10.1177/2158244016653987
Rowley, J. (2008). Understanding digital content marketing. Journal of Marketing Management, 24(5–6), 517–540. https://doi.org/10.1362/026725708X325977
Ruslan, R. (2008). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Raja Grafindo.
Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. PT.Elex Media Komputindo.
Sellitto, C. (2004). Internet Adoption by Australian Wineries: Perceived Benefits and Direct Marketing Practices. International Journal of Wine Marketing, 16(3), 58–72. https://doi.org/10.1108/eb008779
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development, 22(4), 633–651. https://doi.org/10.1108/JSBED-05-2013-0073
Utari, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @Princessyahrini Terhadap Gaya Hidup Hedonis Para Followersnya. Jurnal Ilmu Komunikasi FISIP, 4(2), 1–22.
We Are Social & Hootsuite. (2021). Digital 2021 Indonesia. All the Statistics You Need in 2021.
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness Of Digital Marketing In The Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, 1(5), 69–80.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i5.13824
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id