PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF 7C DALAM PELAYANAN INFORMASI PUBLIK OLEH KANTOR PELAYANAN KEKAYAAN NEGARA DAN LELANG JAKARTA II

Jihan Afizha, Abdul Kholik

Abstract


Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta II sebagai badan publik berupaya untuk memberikan pelayanan informasi dengan memegang prinsip aksesibilitas dan transparansi dalam pelaksanaan pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi humas KPKNL Jakarta II dalam memberikan pelayanan informasi kepada publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kredibilitas komunikator dapat dilihat dari kompetensi yang dimiliki yaitu dasar-dasar humas dan komputer. Konteks dalam pesan yang disampaikan berupa pelayanan informasi yang bersifat dua arah sehingga publik dapat memberikan timbal balik (feedback). Informasi yang diberikan mengenai hal yang berkaitan dengan instansi dengan sumber dengan penggunaan bahasa yang jelas, serta menjaga informasi yang diberikan agar tetap kontuinitas dan konsisten. Saluran komunikasi yang digunakan melalui beberapa media online serta surat resmi. Target komunikasi merupakan seluruh masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi komunikasi yang dilakukan telah berjalan sesuai dengan tujuan komunikasi.


Keywords


communication strategy;public relations

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N., Siswoyo, M., & Nurfalah, F. (2014). Strategi Public Relations dalam Mendukung Pemasaran Pembangkit Listrik Nasional (PLN). Jurnal ASPIKOM, 2(3), 206-220. doi:http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v2i3.71

Ardianto, E. (2013). Handbook of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Artis. (2011). Strategi Komunikasi Public Relations. Jurnal Sosial Budaya, 8(2), 184-197. https://dx.doi.org/10.24014/sb.v8i2.357

Cutlip, M. S., Center, A.H., & Broom, G.M. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana

Danandjaja. (2011). Peranan Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Fadli, M.R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Herliana, S. (2015). Strategi Komunikasi Humas dalam Membentuk Citra Pemerintahan di Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmi Politik. 4(3). https://doi.org/10.33366/jisip.v4i3.132

Istri Sinta Sukma Ratih, C., Sugiarica Joni, I., & Pradipta, A. (2015). Strategi Humas PT. Tirta Mumbul Jaya Abadi Dalam Membangun Citra dan Reputasi Positif Pada Publik Eksternal. E-Jurnal Medium, 1(1). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/14247

Kholik, A. (2020). Perencanaan dan Manajemen Komunikasi dalam Membangun Citra Pelayanan Jasa Outsourcing. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 95 - 103. https://doi.org/10.21009/Communicology.013.07

Kristiyanto, E. (2016). Urgensi Keterbukaan Informasi dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Urgency of Disclosure of Informationin The Implementation of Public Service). Jurnal Penelitian Hukum De Jure, 16(2), 231-244. doi:http://dx.doi.org/10.30641/dejure.2016.V16.231-244.

Mahalizikri, I. F. (2018). Memahami Teks dan Konteks tentang Komunikasi Bisnis dan Hubungannya dengan Syariah. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 7(2), 204-222. Retrieved from https://ejournal.stiesyariahbengkalis.ac.id/index.php/iqtishaduna/article/view/141

Mahessa, J. T. & Wirman, W. (2016). Strategi Komunikasi Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal dalam Menerapkan Kebijakan Sistem OSS Pada Masyarakat Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 3(2). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/10648.

McCusker K, Gunaydin S. Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research. Perfusion. 2015 Oct;30(7):537-42.

Nababan, S. (2020). Strategi Pelayanan Informasi untuk meningkatkan Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(2), 166-180. doi:https://doi.org/10.31315/jik.v17i2.3694.

Pratama, I.Y., & Hermawati, T. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Tangerang. Jurnal Komunikasi Massa, 2021(1).

Prihanti, G.S. (2017). Empati dan Komunikas. Malang: UMM Press

Rahutomo, A. N. (2013). Strategi Humas Dalam Mempublikasikan Informasi Pelayanan Publik Pada PT PKN (Persero) Rayon di Samarinda Ilir Jurnal Ilkom Fisip Unmul. 1 (2): 324 – 340. Diakses dari eJURNAL adi nugroho (06-08-13-02-52-48).pdf (fisip-unmul.ac.id)

Regulasi PPID https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-jakarta2 diakses 12 Juli 2021

Reydonnyzar Moenek, Dadang Suwanda, Wirman Syafri. (2010). Sistem Informasi Publik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95. https://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rudy, T.M. (2005). Komunikasi & Hubungan Masyarakat Internasional. Bandung: PT Refika Aditama

Ruslan, R. (1999). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi Konsepsi – dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada

Sari, W. P., & Sugiarto, A. (2018). KUALITAS KE PROFESSIONAL-AN PROFESI BIDANG KOMUNIKASI (Study Deskriptif Tanggapan User Terhadap Alumni Program Studi D3 Humas Universitas Negeri Jakarta). Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 16 - 34. https://doi.org/10.21009/Communicology.06.02

Silvia., & Paramita, S. (2018). Kredibilitas Komunikator Dalam Menyampaikan Pesan (Analisis Opini Generasi Milenial Pada Kepala Penerangan Kodam Jaya). Koneksi, 2(2), 569-576, http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i2.3938

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Undang-undang Tentang Keterbukaan Informasi Publik https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2008/14TAHUN2008UU.htm diakses 10 Juli 2021.

Utomo, P. (2005). Strategi Public Relations Dalam Pelayanan Informasi. Jurnal Fikom Esa Ungggul. 2(1). Diperoleh dari: http://fikom.weblog.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/sites/2305/2014/03/STRATEGI-PUBLIC-RELATION-DALAM-PELAYANAN-INFORMASI_Pudji-Utomo.pdf

Wursanto. (2007). Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Yahya, M. (2000). Strategi Komunikasi Pelayanan Informasi Publik Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Jurnal Unikom. Retrieved from https://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-martinyahy-36220

Zubair, F., Dewi, R., & Kadarisman, A (2018). Strategi Komunikasi Publik dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa Terhadap Penerapan PTNBH. Profetik: Jurnal Komunikasi, 11(2), 74-84. https://doi.org/10.14421/pjk.v11i2.1328




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i3.13683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id