PERAN DAKWAHTAINMENT AKUN CHANNEL YOUTUBE JEDA NULIS TERHADAP PEMUDA TERSESAT OLEH HABIB HUSEIN JA’FAR

Muhammad Haris Fiardhi

Abstract


Dakwahtainment merupakan suatu konsep yang menggabungkan antara konsep dakwah agama Islam yang dipadukan dengan acara-acara hiburan yang menarik perhatian khalayak atau mad’u. Salah satu Da’I masa kini yakni Habib Husein Ja’far yang menyampaikan dakwahnya melalui platform digital pada akun channel youtubenya jeda nulis. Yang menjadi sasaran dakwahnya yaitu pemuda milenial, khususnya pemuda tersesat seperti yang disebutkan diakun channel youtubenya. Yang berarti bahwa dakwah Habib Husein Ja’far lebih terbuka pada setiap kalangan, bisa dari kalangan yang paham akan agama ataupun dari kalangan yang bertato, tidak berhijab dll. Pendekatan yang di pakai dalam penyampaian dakwahnya yaitu Sebarkan islam dengan kebahagiaan bukan dengan ketakutan, permudah jangan persulit dan mempersatukan bukan menceraiberaikan. Dakwah yang disampaikan Habib Husein Ja’far diharapkan mampu mengubah pola pikir/mindset para pemuda khusunya tentang agama, dapat mengelola hati dan dapat berpikir kritis dengan apa yang terjadi disekitar kita.


Keywords


Dakwahtainment, Pendekatan dakwah, Habib Husein Ja’far

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Nur. (2018). “Rekonstruksi Dakwahtainment Sebagai Media Dakwah”. Jurnal Dakwah, 19(2)

Amin, Samsul Munir. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah.

Arifin, Ferdi. (2019). Mubalig Youtube Dan Komodifikasi Konten Dakwah, Al-Balagh: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi,4(1)

Hasanah, Umdatul. (2013). Ilmu dan Filsafat Dakwah. Serang Banten: Fseipress.

A. Ilyas Ismail dan Prio Hotman. (2011). filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam. Jakarta: kencana.

Kaka Hasan Abdul Kodira, Anggit Rizkianto. (2021). ” Gaya Komunikasi Dakwah Husein Ja’far Al-Hadar Dalam Ceramahnya Di Youtube”, Al-I’lam; Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2)

Laili, Fatma. (2013). “Dilema Dakwah Tainment, AT-TABSYIR”, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 1(1)

M. Munir dan Wahyu Ilaihi,(2006). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Munir, M. (2009). Metode Dakwah. Jakarta: Kencana.

Riza Zahriyal Falah, (2016). “Etika Dakwahtainment Dalam Masyarakat Multikultural”, At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam , 4(2)

Saputra, Wahidin. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers.

Tajuddin, Yuliatun. (2016). “Dakwahtainment Di Televisi: Analisis Terhadap Fenomena Dakwah Ramadhan”, AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 4(2)

Wibowo, Adi. (2019). “Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islamdi Era Digital”, Jurnal Islam Nusantara, 3 (2)

Zainudin Alansori dan Salman Zahidi. (2019). “Dakwahtaiment Televisi Lokal (Tinjauan Kritis Atas Komesialisasi Dakwah JTV Surabaya”, Journal of Islamic Civilization. 1(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i2.12891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id