KREATIVITAS EDITOR VIDEO @DISKOMINFOPROVRIAU DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI RESMI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI RIAU

Eviza Juni Pratiwi, Toni Hartono

Abstract


Kreativitas editor sangat diperlukan dalam membuat sebuah video, agar video tersebut menarik untuk ditonton. Selain kreatif, editor @diskominfoprovriau juga harus mempertahankan citra positif pemerintah Provinsi Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas editor video @diskominfoprovriau dalam menyampaikan informasi berupa video singkat di Instagram @diskominfoprovriau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa editor memiliki kreativitas dan menguasai enam elemen editing yakni Motivasi, menjadi alasan editor memilih video; Informasi, merupakan kemampuan editor menghasilkan video yang berisi informasi; Komposisi, merupakan peletakan subjek terdiri dari head room, nose room, Rule of Third, Walking room dan ukuran gambar video terdiri dari Long Shot, Full Shot, Medium Shot, & Medium Close Up; Suara, merupakan suara alami maupun Backsound pada video; Sudut Pengambilan Gambar, terdiri dari Eye Angle/Normal Angle dan Bird View; Kontinuitas, merupakan kesinambungan gambar terdiri dari Continuity cutting, Continuity Color, & Continuity Sound. Untuk menghasilkan video yang berkualitas, dibutuhkan editor yang kreatif dan menguasai ke enam elemen editing tersebut.


Keywords


kreativitas; editor; instagram; informasi

Full Text:

PDF

References


Andrianto, T.T. (2013). Cara Cerdas Melejitkan IQ Kreatif Anak. Yogyakarta: Kata Hati.

Brata, V. B. T. (2007). Videografi dan Sinematografi Praktis. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Komputer, W. (2008). Video Editing & Video Production. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

M. Desy. 6 Elemen Dasar Yang Harus di Kuasai Dalam Video Editing. Diakses dari https://mkvclass.blogspot.com/2019/04/6-elemen-dasar-yang-harus-dikuasai.html?m=1 diakses 21 Mei 2020 pada pukul 14.58.

Munandar, U. (2002). Kreativitas & Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________.(2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta,.

Nurudin. (2012) Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera.

Suryaningsih, A & Kurniawan, A. (2019) Teknik Pengelolaan Audi Video. (Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Tambipessy, B. (2018). Serba-Serbi Mahasiswa Produktif. Yogyakarta: Deepublish,

Tania, A. S. R, dkk. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Malang: Intrans Publishing Group.

Thompson, R & Bowen, B. (2009). Grammar of The Edit. USA: Focal Pers.

Komputer, W. (2008). Video Editing & Video Production. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Zuhri, S. dkk. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat, Malang: Intrans Publishing Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i2.12855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id