KREATIVITAS EDITOR VIDEO @DISKOMINFOPROVRIAU DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI RESMI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK PROVINSI RIAU
Abstract
Kreativitas editor sangat diperlukan dalam membuat sebuah video, agar video tersebut menarik untuk ditonton. Selain kreatif, editor @diskominfoprovriau juga harus mempertahankan citra positif pemerintah Provinsi Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas editor video @diskominfoprovriau dalam menyampaikan informasi berupa video singkat di Instagram @diskominfoprovriau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa editor memiliki kreativitas dan menguasai enam elemen editing yakni Motivasi, menjadi alasan editor memilih video; Informasi, merupakan kemampuan editor menghasilkan video yang berisi informasi; Komposisi, merupakan peletakan subjek terdiri dari head room, nose room, Rule of Third, Walking room dan ukuran gambar video terdiri dari Long Shot, Full Shot, Medium Shot, & Medium Close Up; Suara, merupakan suara alami maupun Backsound pada video; Sudut Pengambilan Gambar, terdiri dari Eye Angle/Normal Angle dan Bird View; Kontinuitas, merupakan kesinambungan gambar terdiri dari Continuity cutting, Continuity Color, & Continuity Sound. Untuk menghasilkan video yang berkualitas, dibutuhkan editor yang kreatif dan menguasai ke enam elemen editing tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrianto, T.T. (2013). Cara Cerdas Melejitkan IQ Kreatif Anak. Yogyakarta: Kata Hati.
Brata, V. B. T. (2007). Videografi dan Sinematografi Praktis. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Komputer, W. (2008). Video Editing & Video Production. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
M. Desy. 6 Elemen Dasar Yang Harus di Kuasai Dalam Video Editing. Diakses dari https://mkvclass.blogspot.com/2019/04/6-elemen-dasar-yang-harus-dikuasai.html?m=1 diakses 21 Mei 2020 pada pukul 14.58.
Munandar, U. (2002). Kreativitas & Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif & Bakat, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
__________.(2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta,.
Nurudin. (2012) Media Sosial Baru dan Munculnya Revolusi Baru Proses Komunikasi. Yogyakarta: Buku Litera.
Suryaningsih, A & Kurniawan, A. (2019) Teknik Pengelolaan Audi Video. (Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tambipessy, B. (2018). Serba-Serbi Mahasiswa Produktif. Yogyakarta: Deepublish,
Tania, A. S. R, dkk. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Malang: Intrans Publishing Group.
Thompson, R & Bowen, B. (2009). Grammar of The Edit. USA: Focal Pers.
Komputer, W. (2008). Video Editing & Video Production. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Zuhri, S. dkk. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat, Malang: Intrans Publishing Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v3i2.12855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id