INTEGRITAS WARTAWAN RIAU POS DALAM MENERAPKAN KODE ETIK JURNALISTIK PADA PENULISAN BERITA ONLINE

Hely Sumarto, Musfialdy Musfialdy

Abstract


Latar belakang masalah yang diambil adalah mengenai pemberitaan asusila berupa pencabulan, terkait dengan hal itu, penulis ingin melakukan penelitian mengenai integritas wartawan riau pos dalam menerapkan Kode Etik Jurnalistik pada penulisan berita online. Dan penulis membatasi hanya mengambil unsur ke 4 (Wartawan Indonesia tidak membuat berita bohong, fitnah, sadis, dan cabul) dan 5 (Wartawan Indonesia tidak menyebutkan dan menyiarkan identitas korban kejahatan susila dan tidak menyebutkan identitas anak yang menjadi pelaku kejahatan. Karena ke dua pasal tersebut sangat cocok dengan berita yang menjadi objek penelitian, yaitu 15 berita kriminal mengenai pencabulan) dari ke 11 unsur Kode Etik Jurnalistik, karena point tersebut sesuai dengan apa yang penulis teliti. Dan yang menjadi objek penelitian adalah 15 berita online riaupos.co edisi September hingga Desember 2019, mengenai berita asusila, Berdasarkan teori dijelaskan bahwa seorang wartawan dikatakan memiliki integritas apabila ia memiliki 4 kriteria, yaitu : (1) profesionalisme, (2) penegak kebenaran, (3) jujur, arif dan terpercaya dan (4) objektif. Kriteria tersebut dapat dilihat dari wartawan yang menerapkan Kode Etik Jurnalistik, namun dibatasi menjadi dua poin, yaitu pasal (4) Wartawan Indonesia tidak membuat berita bohong, fitnah, sadis, dan cabul dan pasal (5) Wartawan Indonesia tidak menyebutkan dan menyiarkan identitas korban kejahatan susila dan tidak menyebutkan identitas anak yang menjadi pelaku kejahatan. Karena ke dua pasal tersebut sangat cocok dengan berita yang menjadi objek penelitian, yaitu 15 berita kriminal mengenai pencabulan di media online Riau Post edisi 2 September sampai 6 Desember 2019. 


Keywords


kode etik, jurnalistik, berita, online

Full Text:

PDF

References


Djuroto, Totok, 2001, Manajemen Penerbitan Pers, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong, 1989, Kamus Komunikasi, Bandung: Uchjana.

Eriyanto, 2011, Analisis Isi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Hikmat Kusumaningrat Dan Purnama Kusumaningrat, 2014. Jurnalistik Teori Dan Praktik. Cet, Keenam. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Iswara, Luwi. 2005.Jurnalisme Dasar, Jakarta: Kompas Gramedia.

Irawan Soehartono, 1998. Metode Peneltian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya.

K.Bertens. 2013, Perspektif Etika Baru, 55 EssaiTentang Masalah Aktual, Yogyakarta: Kansius.

Krisyantono, Rachmat,2009, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana.

Mahyuddin, 2019, Sosiologi Komunikasi, Makassar: Shoffia - CV Loe

Muhammad Yaumi, 2016, Pendidikan Karakter: Landasan, pilar & Implementasi, Pernada Media.

M. Fikri. AR, 2015, Konflik Agama dan konstruksi New Media, Malang: Universitas Brawijaya Press

Muri Yusuf, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group

Nur Kholik dan Ahmad Mufit Anwari, 2020, Politik dan Kebijakan Kementrian Agama, Sumatra Barat: CV Insan Cendekia Mandiri

Radita Gora dan Irwanto, 2015, Hukum, Etika & Kebijakan Media, Yogyakarta: CV Budi Utama

Siddik Mohammad, 2016, Dasar – Dasar Menulis Dengan Penerapanya, Tunggal Mandiri Publishing

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Zaenuddin HM, 2011, The Journalis Bacaan Wajib Wartawan, Redaktur, Editor &Para Mahasiswa Jurnalistik, Bandung: Sembiosa Rekatama Media.

Zulkarimein Nasution. 2015, Etika Jurnalisme Prinsip – Prinsip Dasar.Cet, Pertama. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ridho Bima, Integritas Pendapat Para Ahli, http://dilihatya.com /938/pengertian-Integritas-menurut-para-ahli html.

Yulianti Wuryanti, Skripsi: Pengaruh Kepemipinan Transformasional, Integritas Perilaku Dan Kepercayaan Terhadap Pimpinan Dalam Peningkatan Kinerja SDM (Studi BLHKP, BKPPD dan BPMP Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara), (Semarang, UI Sultan Agung)

M Yusuf, Skripsi: Pengaruh Kompetensi, Objektivitas Dan Integritas Auditor Terhadap Kualitas Hasil Kerja Auditor (Studi Empiris Pada Auditor BPKP Provinsi Riau), (Padang, UNP)

Iwan Suhatno, Skripsi : Penerapan Kebebasan Pers Dalam Perspektif Etika Profesi Wartawan (Studi Deskriptif Pada Harian Pekanbaru Pos), (Riau, UIN Suska Riau)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.12438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id