MANAJEMEN REDAKTUR DALAM PENETAPAN OPINI DI SURAT KABAR HARIAN HALUAN RIAU
Abstract
Harian Haluan Riau adalah salah satu surat kabar yang layak menjadi pilihan karena memiliki data riset yang presentatif sesuai dengan segmen pembaca. Keberhasilan Harian Haluan Riau dalam ranah media membuat banyak masyarakat yang setiap harinya mengirim tulisan untuk dimuat disurat kabar tersebut. Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian dengan rumusan permasalahan bagaimana strategi redaktur dalam penetapan opini disurat kabar Harian Haluan Riau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi redaktur dalam penetapan opini disurat kabar Harian Haluan Riau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Jenis data pada penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat beberapa tahap yang dilakukan untuk menetapkan strategi redaktur dalam penetapan opini disurat Kabar Harian Haluan Riau, yakni planning, organizing, actuating, dan controlling. Dari tahap-tahap tersebut dapat diketahui bahwa strategi redaktur dalam penetapan opini disurat kabar Harian Haluan Riau terdiri dari penyusunan rencana, mengelompokkan anggota dan opini yang masuk disurat kabar Harian Haluan Riau, menjalankan fungsi komunikasi, memimpin anggota, mengadakan pelatihan dan menyeleksi opini yang masuk disurat kabar Harian Haluan Riau, serta melakukan pengawasan kelompok kerja dan penulisan berita yang akan diterbitkan disurat kabar Harian Haluan Riau. Strategi inilah yang digunakan oleh hingga membawa redaksi Harian Haluan Riau dipercaya oleh masyarakat luas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah. Press Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2001
Ardianto, Elvinaro. Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2014
_______, Elvinaro. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2011
Ardial. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara. 2014
Barhan Stanley J. Pengantar Komunikasi Massa Melek Media dan Budaya. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama. 2001
Chaer, Abdul. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta. 2003
Effendy, Onong Uchjana. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni. 1986
_______. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 1987
Hakim, M. Arief. Kiat Menulis Artikel di Media. Bandung: Nuansa Cendekia. 2004
______. Kiat Menulis Artikel di Media Cetak dari Budaya, Iptek Sampai Agama. Bandung: Nuansa Cendakia. 2001
Joko, Subagyo. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka cipta. 2011
Komariah, Aan & Djam’an Satori. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2014
Komaruddin. Kamus Istilah Karya Tulis. Jakarta: Erlangga. 2016
Kriyantono, Rahmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media. Jakarta: Kencana. 2007
Kuncoro, Mudrajad. Kiat Jitu Mmenulis Artikel, Opini, Kolom Dan Resensi Buku. Bandung: Erlangga. 2009
Kuswandi, Wawan. Komuniakasi Massa: Sebuah Analisis Media Televisi. Jakarta: Rineka Cipta. 1996
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012
________, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2009
Morrissan. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2006
Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya. 2014
Nimmo, Dan. Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2001
Nurudin. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2007
_______ Komunikasi Massa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2004
Rachmat, Jalaludin. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2005
Rahardi, Kunjana. Menulis Artikel dan Opini di Media Massa. Jakarta: Erlangga. 2012
Rohim, Syaiful. Teori Komunikasi. Jakarta : PT. Rineka Cipta. 2009
Ruslan, Rosady, Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2013
_________, Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2006
Sadily, Hasan. Ensiklopedia Indonesia: Edisi Khusus, jilid 4. Jakarta: Ichtiar Baru-Van Hoeve. 1992
Soewadji, Jusuf. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media. 2012
Sugiyono. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2015
________ Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2014
Suhendang, Kustadi. Pengantar Jurnalistik. Bandung: Nuansa. 2010
Sumadria, As Haris. Menulis Artikel dan Tajuk rencana. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2011
Suntoso, Edi & Mite Setiansah. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012
________, As Haris. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2008
Tamburaka, Apriadi. Agenda Setting Dalam Media Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2012
Wiryanto. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Grafindo. 2000
Ryan Edi Saputra, “Analisis Kebijakan Redaksi Dalam Penentuan Headline Halaman Utama Pada Surat Kabar Pekanbaru Pos”, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau Tahun 2014.
Soleh Saputra, "Analisis Penetapan Headline Oleh Redaktur di Surat Kabar Harian Riau Pos", Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suska Riau Tahun 2014
Wa Fatima, “Kemampuan Menentukan Fakta dan Opini dalam Teksi Tajuk Rencana Koran Komas Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Kendari”, Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) Vol. I No. 2, Juli 2016, E-ISSN: 2503-3856 E-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Harianhaluan.com, https://www.harianhaluan.com/news/about, (Diakses Tanggal 24 September 2019 Pukul 19.00 WIB)
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i6.12424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id