PENERAPAN MEDIA STREAMING YOUTUBE OLEH GEMILANG TV SEBAGAI WADAH INFORMASI DI INDRAGIRI HILIR
Abstract
Televisi merupakan salah satu media mainstream yang selalu mengalami perubahan dan inovasi dalam melakukan siaran. ini disebabkan karena banyak fenomena media baru (new media) yang saat ini bermunculan, salah satunya adalah adanya media sosial berbasis video streaming. media sosial yang memiliki fitur tersebut adalah YouTube. Saat ini, televisi bisa memanfaatkan YouTube sebagai sarana dalam melakukan penyiaran dan berbagi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan media streaming YouTube oleh Gemilang TV sebagai wadah informasi yang ada di Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan paradigma interpretif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan penelusuran online. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan media streaming YouTube dapat membantu proses produksi Gemilang TV menjadi lebih mudah. Selain itu ditemukan manfaat dari digunakannya media streaming YouTube sebagai wadah untuk berbagi informasi, kemudian menambah produktifitas, mempertinggi efektifitas dan mengembangkan kinerja pekerjaan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, Tika Mutia. (2019). “Phenomenology of Communication of Generation Z in Pekanbaru.” Komunikator 11, no. 1
Davidson, Julianna. (2009). “John W. Creswell Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches SAGE Publications, Inc,” n.d.
Hajar, Ibnu. (2017). Youtube Sebagai Sarana Komunikasi Dakwah Di Kota Makassar. Makassar: UIN Alauddin. Vol. V.
Herlina, Novi. (2017). Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Sumbar_Rancak Sebagai Media Informasi Online Pariwisata Sumatera Barat. Pekanbaru: Universitas Riau.Vol. 4.
Kindarto, Asdani. (2008). Belajar Sendiri YouTube (Menjadi Mahir Tanpa Guru). Jakarta: PT Elexmedia Komputindo
Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Kusuma, AW, M Sarosa dan Lis Diana Mustafa. (2018). Rancang Bangun Dan Analisa Media Video Streaming Pada Jaringan 3G dan 4G. Malang: Politeknik Negeri Malang. Vol 7.
McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa, Edisi 6. Terjemahan Putri Iva Izzati. Jakarta: Salemba Humanika, n.d.
Meleong, LJ. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mudjiyanto, Bambang. (2016). "Metode Penelitian Komunikasi Berbasis Internet." Jurnal Studi Komunikasi dan Media : 259-267.
Rachmat, I, Sumartono, Jemat, A. (2017). Penggunaan Media Sosial Youtube sebagai Audio -Visual Record Document Management: Studi Eksplorasi Aplikasi Petunjuk Perilaku Broadcastin, Standar Program Broadcast (P3 and SPS) ANTV di Program Televisi Pesbukers. Esa Unggul University. Vol. 3
Romli, ASM. (2014). Jurnalistik Online. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia
Sutopo, AH dan Adrianus A. (2010). Terampil Mengolah Data Kualitatif dengan NVIVO. Jakarta: Kencana
Tambuaraka, Apriadi. (2013). Literasi Media Cerdas bermedia Khalayak Media Massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Vera, Nawiroh. (2016). Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia
https://play.google.com/store
https://www.youtube.com/channel/UCfym4Tym91UIRVrTjmJ6dqA
https://youtube.com
http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6194/1/Skripsi%20NUR%20ROHIM%20-%2043010150037.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.12162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id