APRESIASI MASYARAKAT PEKANBARU DALAM MENDENGARKAN RADIO SIARAN

Riswandi Riswandi

Abstract


ABSTRAK

Apresiasi merupakan sebuah proses yang melibatkan mendengar, menghayati, menilai, menjiwai dan membandingkan atau  menghargai suatu karya seni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana apresiasi masyarakat Pekanbaru dalam mendengarkan radio siaran. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan instrumen yang digunakan  berupa kuensioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.011.467 jiwa, penulis hanya mengambil 400 orang dijadikan sampel yang telah dibagi dengan rumus Slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas R (tabel) R (hitung).Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis Apresiasi Masyarakat Pekanbaru dalam mendengarkan Radio Siaran dari indikator penikmatan dimana mendapatkan hasil sebanyak 68%. (2) Berdasarkan hasil analisis Apresiasi Masyarakat Pekanbaru dalam mendengarkan Radio Siaran dari indikator pemahaman dimana mendapatkan hasil sebanyak 77%. (3) Berdasarkan hasil analisis Apresiasi Masyarakat Pekanbaru dalam mendengarkan Radio Siaran dari indikator penghargaan dimana mendapatkan hasil sebanyak 75%.Secara umum, bahwa Apresiasi Masyarakat Pekanbaru dalam mendengarkan Radio Siaran memiliki apresiasi sebanyak 73% yang dikategorikan Cukup Baik dari hasil deskriptif persentase.

 


Keywords


Apresiasi; Radio; Pekanbaru; Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Hasan Asy‟ari Oramahi. (2003). Menulis Untuk Telinga. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Morissan. (2009). Manajemen Media Penyiaran, Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyarto,“Radio Siaran”, https://sugiyarto92.wordpress.com/kumpulanmakalah/makalahradio-radio-siaran/, (1 November 2015)

Uchjana, E. O. (1989). Kamus Komunikasi. Bandung: PT. Mandar Maju.

Rachmat, K. (2006). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Surakhmad, W. (2010). Pengantar penelitian ilmiah. Jakarta: Rajawali Press.

Duwi, P. (2010). Belajar Cepat Olah Data Statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Andi Offse.

Suharsimi Arikuntu. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i6.11992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id