MINAT MEMBACA GENERASI MILLENIAL TERHADAP MEDIA CETAK DAN MEDIA ONLINE DI KECAMATAN PUSAKO KABUPATEN SIAK

Azi Saputri, Elfiandri Elfiandri

Abstract


Generasi millenial sebagai sumber daya manusia Indonesia sangat dibutuhkan ide dan pendapatnya untuk membangun negeri ini. Kualitas SDM  ini sangat terkait dengan minat membaca yang dimiliki millenial.  Kebiasaan membaca dapat dibentuk kepribadian individu dengan menumbuhkan minat bacanya melalui sebuah media baik cetak maupun online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana minat baca generasi millenial terhadap media cetak & media online di kecamatan pusako kabupaten siak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif persentase. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 1.861 populasi  dengan sampel berjumlah 332 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode probability sampling dengan teknik random sampling. Yang menjadi responden yaitu millenial dipilih secara acak di kecamatan pusako kabupaten siak. Hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan minat membaca millenial terhadap media cetak dengan skor 38,92, sedangkan minat membaca millenial terhadap media online  dengak skor 38,72. Jadi minat membaca millenial terhadap media cetak dan media online tergolong sama-sama kurang baik, namun ada berbedaan skor yaitu 2 poin minat membaca media cetak lebih tinggi dari pada minat membaca media online.


Keywords


Minat Membaca, Millenial, Media Cetak, Media Online

Full Text:

PDF

References


Aan, (2013).Munawar Syamsudin, Metode Riset Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ibnu Ahmad Shaleh, (2010). Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Hidakarya Agung.

Susanto, Eko Budi, (2015). Menjadi Seorang Desainer Yang Mengerti Medi Cetak, Yogyakarta; CV. Andi Offset, 2015, 01.

Herlinyanto, (2019). Membaca Pemahaman Dengan Strategi KWL Pemahaman dan Minat Membaca, Yogyakarta: Deepublish/CV Budi Utama, 23.

Mahyuddin, M.A., (2019) , Sosiologi Komunikasi, Makassar: Shofia, 32.

Hasanuddin Ali, & Lilik Purwandi (2017). Millenial Nusantara. Banyuangi : Gramedia Pustaka Utama. 146-147.

M.S. Gumelar & R. Masri Sareb Putra, (2011) Ultimart, Vol.III No.1, Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara, 1.

Siswati. (2010). Minat Membaca Pada Mahasiswa (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Fakultas Pikologi UNDIP ) Jurnal Psikologi UNDIP VOL. 8, No.2. 124

Catur Dedek Khadijah. (2018). Transformasi Perpustakaan Untuk Generasi Millenial Menuju Revolusi Industri 4.1. Jurnal Iqra’ Volume 12 No.02. 64.

Gadis Neka Osika. (2018). Media Habit Generasi Millenial Dalam Membaca Portal Berita NETZ (Skripsi Ilmu Komunikasi, Universitas Sultan Agung Tirtayasa Banten 2018)/.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i3.11794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id