PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM @najwashihab DAN TERPAAN INFORMASI TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP FOLLOWERS DALAM MENGHADAPI COVID19.
Syahnidar Rahma Dwiani, Edy Prihantoro
Abstract
Instagram merupakan salah satu media sosial yang menjadi sarana penyedia informasi. Oleh karena itu banyaknya informasi yang tersebar melalui Instagram. Dan salah satunya mengenai COVID19, yang dimana saat ini menjadi perbincangan saat ini. COVID19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2, dapat menyerang saluran pernafasan. Oleh karena itu, banyak diantaranya melakukan upaya-upaya memutus mata rantai COVID19. Diantaranya banyak para Public Figure dan Influencer yang memiliki kesadaran yang tinggi untuk menyikapi pandemi wabah virus COVID19. Salah satu Public Figure yang secara aktif menyuarakan pendapatnya untuk mengajak masyarakat membentuk sikap dalam menghadapi pandemi COVID19 ialah Najwa Shihab. Melalui media sosialnya Najwa Shihab sebagai platform dalam menjalin komunikasi di tengah pandemi COVID19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Instagram dan Terpaan Informasi terhadap pembentukan sikap followers @Najwashihab dalam menghadapi Pandemi COVID19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif paradigma positivisme dengan metode deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratifications. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Penggunan media sosial dan Terpaan informasi disaat ini berpengaruh sangat besar terhadap Pembentukan Sikap, hal ini juga sejalan dengan teori uses and gratifications yang memiliki asumsi bahwa, pengguna media memainkan peran aktif dalam memilih dan menggunakan media. Pengguna media berusaha memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga menggunakan media dan bagaimana informasi dari media tersebut akan berdampak pada dirinya, tidak terkecuali seperti dalam menghadapi COVID19.
Keywords
Penggunaan media, Instagram, Terpaan Informasi, Pembentukan Sikap
References
Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala & Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu
Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa.
Bambang Prasetyo, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif : Teori dan Aplikasi, PT. Raja
Grafindo Husada, Jakarta
Cervone, Daniel & Lawrence A. Pervin. 2011. Kepribadian : Teori Dan Penelitian. Jakarta:
Salemba Humanika.
Devito, Joseph. 2011. Komunikasi Antar manusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing
Group.
Effendy, Onong Uchjana. 2014. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22. Edisi
Kesembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba
Humanika
Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurudin. (2007). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
DOI:
http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i4.11256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru
Email : jrmdk@uin-suska.ac.id