KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM PUBLIC SPEAKING SANTRI

Foreza Harvy Ghaufar, Eko Hartanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana Komunikasi Pembelajaran dalam Public Speaking Santri Di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivis Penelitian ini menggunakan Toeri Retorika yang dikembangkan oleh Aristoteles. Teori ini mengatakan bahwa ada lima kaidah dalam retorika yang disebut The five canon of rhetoric yaitu Disposition / Arrangement (penyusunan), Elocution/Style (gaya), Memoria / Memory, Pronuntiatio/Delivery (penyampaian), Inventio (penemuan) (Griffin: 2012:294) dan menggunkan Teori Kognitif Social Bandura yang menjelaskan empat porses pembelajaran yaitu: Perhatian (attention), Mengingat (retention), Produksi (Production), Motivasi (Motivation). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Santri Pondok Pesantren Darunnajah adalah Tehnik Memoriter yaitu Pesan yang akan disampaikan dalam pidato ditulis dan dingat setiap kata demi kata layaknya manuskrip dan menggunakan konsep belajar Vicarius yang dimana para santri belajar mengamati kaka kelasnya atau ustad – ustadnya saat berbicara di depan para santri lainya, hal ini berkaitan dengan teori yang peneliti gunakan yaitu teori retorika oleh Aristoteles dan Teori Kognitif Social Bandura.

Keywords


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana Komunikasi Pembelajaran dalam Public Speaking Santri Di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma konstruktivis Penelitian ini menggunakan Toeri Ret

Full Text:

PDF

References


Aristoteles, 2018. Retorika Seni Berbicara. Yogyakarta: Basabasi.

Alhidayatillah & Yasril, 2017. Dakwah dan Perubahan Sosial. Depok: Rajawali Press

Amin, Mahrus, 2015. Khutbatul Arsy: Kuliah Umum. Jakarta: Darunnajah Press

Budi, Rayudaswati, 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Makassar: Kretakupa Print.

Creswell, Jhon W, 2017. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Komunikasi teori dan praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Griffin. Emory A. First Look at Communications Theory. New York: an imprint of the McGraw-Hill Companie, Inc.

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Lukman, 2011. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kementrian Agama.

Manaf, Sofwan. 2016. Khutbatul Arsy: Kedua. Jakarta: Darunnajah Press.

Maya, Dinara & Quraisyin, Dewi, 2012. Buku Ajar Public Speaking. Madura: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Trunojoyo Madura

Michael, Suzanne, & Randall Osborn, 2009. Public Speaking: Eighth Edition. New York: Pearson

Nasir Ridwan, 2005. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rakhmat, Jalaludiin. 1998. Retorika Modern: Pendekatan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sendjaja & Sasa Djuarsa, 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. In: Komunikasi: Signifikansi, Konsep, dan Sejarah. Universitas Terbuka, Jakarta

Supriadie, Didi & Darmawan, Deni, 2018. Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Abdulloh, 2009. Retorika dan Dakwah Islam, Vol. X No.1.

Ahmad Muhaimin, 2018. Implementasi So C Ial Learning T H Eory Albert Bandura Dalam Pembelajaran Fikih Di Mts. Ddi Paria Kabupaten Wajo.

Diah Shaumasari, 2019. Komunikasi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Dalam Pembinaan Akhlak (Studi Fenomenologi Pada Siswa SDIT Darunnajah Jatijajar Depok Tahun Ajaran 2018/2019)

Eko Setiawan, 2015. Strategi Muhadhoroh Sebagai Metode Pelatihan Dakwah Bagi Kader Da’I Di Pondok Pesantren Daarul Fikri Malang. Fenomena, Vol. 14 No. 2.

Fitri Nur Badriyah, 2015. Strategi Retorika dalam Penyampaian Materi Pelajaran (Studi Deskriptif pada Pengampu Kelompok Musyawarah III Mahalah II Madarasah Diniyah Nurul Ummah Putri Yogyakarta).

Nurul Awaliyah, 2018. Penerapan Metode Muhadhoroh dalam Meningkatkan Public Speaking Santri Di Pondok Pesantren Daarul Rahman Jagakarsa. Fakultas Agama Islam Prodi Studi Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Rianto Sandi, 2018. Analisis Retorika dalam Kampanye Pilkada Jawa Barat 2018. Fakultas Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi.

Siti Aisyah, 2017. Public Speaking dan Kontribusinya Terhadap Kompetensi DAI. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol 37 No. 2

Sufita Aulia, 2018. Pengaruh Konten Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Pada Remaja Perempuan. Fakultas Komunikasi Jurusan Ilmu Komunikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i5.10663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id