PROFESIONALITAS CAMERAMAN DALAM MENGHASILKAN GAMBAR BERKUALITAS PADA PROGRAM SEMBANG MALAM DI CERIA TV PEKANBARU

Syanda Kurnia, Usman Usman

Abstract


Gambar berkualitas yang dihasilkan pada program Sembang Malam tidak terlepas dari profesionaitas kameraman. Tujuan yang ingin dicapai peneliti untuk mengetahui bagaimana profesionalitas kameraman dalam menghasilkan gambar berkualitas pada program Sembang Malam di Ceria TV Pekanbaru. Program Sembang Malam terbagi atas 2 (dua) tahapan dalam memproduksi program, tahapan live produksi (streaming) dan tahapan tapping produksi (rekaman). Profesionalitas kameraman dilihat dari komitmennya terhadap pekerjaan yang dikerjakan, berupa ketepatan waktu (ontime), rasa tanggung jawab, mengetahui teknik pengambilan gambar, karena sejatinya kameraman profesional hanya mengoperasikan camera saja. Sehingga Kameraman Ceria TV belumlah profesional tetapi menuju kearah profesional karena kurang Crew dan belum lengkapnya semua divisi pada Ceria TV Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profesionalitas Kameraman dalam menghasilkan gambar berkualitas pada program Sembang Malam di Ceria TV Pekanbaru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menjelaskan suatu proses secara berurutan. Teori dasar yang digunakan dalam penelitian ini teori Tahapan Produksi Oleh Gerald Millerson yang berkaitan dengan proses produksi program Sembang Malam. Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa kameraman Ceria TV belumlah profesional tetapi menuju kearah profesional karena kurang Crew dan belum lengkapnya semua divisi pada Ceria TV Pekanbaru.

 

Kata Kunci: Profesionalitas, Kameraman, Program TV.


Keywords


Profesionalitas, Cameraman

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. (2016). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Bungin, Burhan. (2008). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nugroho, Sarwo. (2014). Teknik Dasar Videografi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Aryo Prakoso Wibowo. (2014). Profesionalisme Wartawan Televisi (Studi Kasus Pada Jurnalis Di Batu TV Kota Batu Jawa Timur. (Tesis di terbitkan). Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

Prasetyo, Andri. (2013, Mei 20). Pengertian Kameraman, Multimedia. [Web log post] http://manpras.blogspot.com/2013/03/pengertian-kameramen.html.

Arsip Data PT. Centro Digital Riau Mediatama (Ceria TV). 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i5.10480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id