MANAJEMEN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA PEKANBARU DALAM MENGELOLA INFORMASI PASAR BAWAH SEBAGAI DESTINASI WISATA BELANJA TRADISIONAL

Iqbal Mahbub Almukarrom, Toni Hartono

Abstract


Kota Pekanbaru sebagai ibu Kota dari Provinsi Riau merupakan salah satu Kota berkembang terutama dalam jasa serta perdagangan, ini merupakan salah satu alasan tingginya angka wisatawan yang berkunjung ke Kota Pekanbaru setiap tahunnya. Penelitian Menggunakan teori Manajeman Terry George R yaitu POAC, yaitu Planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan) dan Controling (Pengevaluasian). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, perencanaan yang disusun oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru seperti pemanfaatan penyiaran informasi mengenai Pasar Bawah di media cetak, Penyelenggaraan agenda kepariwisataan dan lainnya.

Kata Kunci : Manajeman, Pengelolaan, Objek Wisata Pasar Bawah Kota Pekanbaru.


Keywords


Kata Kunci : Manajeman, Pengelolaan, Objek Wisata Pasar Bawah Kota Pekanbaru

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. (2005). Metode Penelitian Kualitatif . Depok: Prenamedia Group.

Hasibuan,Malayu. (2014). Manajemen Dasar,Pengertian dan masalah. Jakarta:Bumi Aksara.

Hunziker,Kraft. (2012) Kepariwisataan. Jakarta: Gramedia.

Muljadi, A,J. (2010). Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mappi, Andi. (2012). Cakrawala Pariwisata. Jakarta: Gramedia.

Salim, Agus.(2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Fahreza, M., Asrinaldi., & Asnawi. (2018). Peran Humas Dalam Mempromosikan Pariwisata Kota Pariaman. Jurnal KELOLA: Jurnal ilmu sosial 1 (1), 91-104.

Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI (2009). Undang-Undang Pariwisata. Indonesia: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.

Andriyani, Yekti. (2016). Pengelolaan Obyek Wisata Tlatar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Boyolali. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta, Indonesia.

Desna, Marlina. (2018). Peran Humas dalam Meningkatkan Potensi Wisata Surakarta Melalui Promosi Dengan Publik Eksternal oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Sebelas Maret Surakarta, Surakarta, Indonesia.

Isvananda, Mailisa. (2015). Potensi Pariwisata Dikabupaten Musi Banyuasin Sumatera selatan. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia.

Nurzannah, Siti. (2015). Kontribusi Humas Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau dalam mempromosikan Event Pacu Jalur. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia.

Rendi, Muhammad. (2012). Pelaksanaan Fungsi Humas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dalam Mensosialisasikan Program Sadar Wisata. (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia.

Ecotourism Pariwisata Berwawasan Lingkungan (2019). Tersedia dari https://studipariwisata.com/analisis/ecotourism-pariwisata-berwawasan-lingkungan/.

Informasi Panduan Wisata Riau. (2019). Tersedia dari http://pariwisata.riau.go.id/.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jrmdk.v2i5.10457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jrmdk@uin-suska.ac.id