Manajemen Masyarakat Ideal Dalam Islam

Isra Mardi

Abstract


Islam sebagai agama yang paripurna, telah disiapkan Allahﷻ  sebagai satu-satunya sumber aturan dan pedoman untuk melaksanakan semua aktifitas kehidupan. Artikel ini memaparkan beberapa aturan Islam yang berguna untuk mewujudkan suatu sistem masyarakat yang mempunyai ketahanan dan bisa memastikan terwujudnya fungsi kehidupan dan bagaimana mengisinya. Penelitian ini menawarkan suatu teori yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan demi terwujudnya kemasyarakatan yang ideal dan memiliki ketahanan yang bagus. Dalam pengkajiannya artikel ini menggunakan metode komparatif antara teori keutuhan masyarakat dalam Islam dengan teori fungsionalis struktural Talcott Parsons. Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada kemiripan dalam tujuan yang ingin diwujudkan antara dua teori tersebut, namun secara kesempurnaan konsep dan kepastian hasil, maka teori yang ditawarkan oleh Islām-lah yang jauh lebih cocok untuk diterapkan dalam kehidupan untuk mewujudkan kesatuan masyarakat yang ideal dan memiliki ketahanan yang semestinya. Hal itu dapat dilihat dari penyajian dan struktur dari dua teori. Islām dalam mengupayakan terwujudnya keutuhan masyarakat, memberikan formulasinya pertama sekali kepada elemen paling kecil dari masyarakat itu, yaitu janin, dan berlanjut sampai kepada bagaimana setiap anggota masyarakat itu melaksanakan fungsinya dan mengupayakan secara berjama’at agar komunitas masyarakatnya senantiasa terjaga dengan tanpa mengenyampingkan hak dan kewajiban salah satu anggota masyarkat itu

Full Text:

PDF

References


Aḥmad Al-Jarjāwī, ‘Aliy. Ḥikmatut Tasyrī’ Wa Falsafatuh. Edited by Khālid Al-‘Aṭṭār. 2nd ed. Bayrut: Dārul Fikri, 2003.

Al-Bukhārī, Abū ‘Abdillāh Muḥammad bin Ismā’il. Ṣaḥīḥul Bukhārī. 1st ed. Bayrūt: Dār Ibni Kaṡīr, 2002.

al-Ḥajjāj, Muslim Bin. Ṣaḥīḥ Muslim. Edited by Naẓar Abū Qutaybah. 1st ed. Riyād: Dār Ṭayyibah, 2006.

Al-Qaraḍāwī, Yūsuf. Hadyul Islām Fatāwā Mu’āșirah (Arba’ah Mujallad). 11th ed. Kuwait: Dār al-Qalam, 2009.

Anto, Rusdi. “Teori-Teori Sosiologi Hukum Fungsional Struktural,” no. July (2018).

Aṣ- Ṣan’ānī, Al-Amīr. Subulus Salām. Edited by Muhammad Ḥallāq. 3rd ed. Dammām: Dār Ibnul Jawzī, 2011.

Bagus Made Astawa, Ida. Pengantar Ilmu Sosial. 1st ed. Depok: Rajawali Pers, 2017.

Damsar, Damsar, and Indrayani Indrayani. Pengantar Sosiologi Pedesaan. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2016.

Dāwūd, Abū. Musnad Abū Dāwūd Aṭ-Ṭayālisī. Edited by ’Abd Al-Muhsin Al-Turkiy. 1st ed. Cairo: Dārul Hajar, 1999.

Fuady, Munir. Teori-Teori Dalam Sosiologi Hukum. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2013.

Ibnu Ḥanbal, Aḥmad. Musnad Al-Imām Aḥmad Bin Ḥambal. Edited by ‘Abdullāh Ibn ‘Abdul Muḥsin At-Turkiy, Syu’ayb Al-Arna’ūṭ, ‘Ādil Mursyid, and Dkk. 1st ed. Bayrut: Muassasaturl-Risālah, 2001.

islamweb.net. “Istilah ‘Agama-Agama Langit.’” https://www.islamweb.net/, 2002. https://www.islamweb.net/amp/ar/fatwa/25416/.

Kholis, Nur. “Masyarakat Ideal Dalam Pandangan Said Nursi.” Journal Khafi : Journal Of Islamic Studies 1, no. 1 (2023): 69–83. https://ejournal.panduinstitute.com/index.php/PCFIS/article/view/9.

Nisa’, Isna Fitri Choirun, Merita Dian Erina, Dila Alfina Nur Haliza, and Azizah Jumriani Nasrum. “Etika Sosial Kemasyarakatan Dalam Al-Qur’an Studi Pemaknaan QS. Al-Hujurat Perspektif Tafsir Al-Mubarok.” Jurnal Riset Agama 2, no. 1 (2022): 29–40. https://doi.org/10.15575/jra.v2i1.15678.

Nursalam, Nursalam, Suardi Suardi, and Syarifuddin Syarifuddi. Teori Sosiologi Klasik, Modern, Posmodern, Saintifik, Hermeneutik, Kritis, Evaluatif Dan Integratif. Edited by Muhammad Akhir. 1st ed. Yogyakarta: Writing Revolution, 2016.

Rafiqah, Lailan. “Pendekatan Struktural Fungsional Terhadap Hukum Islam Di Indonesia.” Jurnal Al-Himayah 2, no. 2 (2018): 205–16. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ah.

Raho, Bernard. Teori Sosiologi Modern. 2nd ed. Flores: Ledalero, 2021.

Restu, Restu. “Pengertian Teori Struktural Fungsional Menurut Beberapa Ahli.” Gramedia. Accessed October 27, 2022. https://www.gramedia.com/literasi/teori-struktural-fungsional/.

Ritzer, George, and Douglas J Goodman. Teori Sosiologi Modern. Edited by Tri Wibowo Budi Santoso. 6th ed. Jakarta: Kencana, 2007.

Saud, Muhammad Yamin, M Saleh S Ali, and Eymal B Demmallino. Teori-Teori Sosial Dan Kearifan Budaya Lokal Dalam Perspektif Perencanaan. 1st ed. Malang: Azizah, 2020.

Soekanto, Soerjono. Talcott Parsons, Funsionalisme Imperatif. 1st ed. Jakarta: CV. Rajawali, 1986.

Wikipidea, Wikipedia. “Talcott Parsons.” https://id.wikipedia.org/wiki/, 2023. https://id.wikipedia.org/wiki/Talcott_Parsons.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Journal of Humanities Issues is published by Departmen Akidah and Filsafat Islam and Departmen Studi Agama-agama Faculty of Ushuluddin State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.

 

Creative Commons License
Journal of Humanities Issues is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.