Telaah Ringkas Kitab Risalah Al-Nur Oleh Said Nursi

Ahmad Nabil Amir, Tasnim Abdul Rahman

Abstract


Artikel ini meninjau secara ringkas kitab Risalah al-Nur karangan Said Nursi. Ia bertujuan melihat latar belakang sejarahnya dan pengaruhnya dalam tradisi pemikiran dan intelektual Islam yang berkembang di bawah pemerintahan Turki moden. Ini ditilik dari tafsiran dan ajaran-ajaran moral dan spiritualnya yang memberikan pandangan yang dinamis dan rasional tentang kosmologi al-Qur’an, nilai-nilai moral dan konteks sosio-historisnya, dan sumbangannya terhadap perkembangan pemikiran dan peradaban manusia. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menerapkan metode kajian historis bersifat dokumentasi dan analisis isi (content analysis). Temuan  kajian menunjukkan keutamaan kitab tafsir Risalah al-Nur oleh Said Nursi ini dalam merumuskan fungsi al-Qur’an dan Hadith dan hubungannya dengan pemahaman wahyu dan sejarahnya serta pembentukan hukum dan falsafahnya. Ini dimanifestasikan secara empirik dan ilmiah melalui perbandingan dan analogi yang memberikan pembuktian yang mendasar tentang dalil-dalil kemukjizatannya dan pengaruhnya dalam memperkuat keyakinan tauhid dan psikologi keagamaan umat. Dalam konteks penafsiran dan signifikasi sejarahnya, diskursus yang dibawakan dalam kitab Risalah al-Nur ini mendasari pandangan hidup dan nilai yang digariskan oleh al-Qur’an dan hadith dan kebenarannya yang didukung oleh teori-teori ilmiah  serta kontekstualisasinya dalam kehidupan modern.


Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman, H., Ensiklopedia Sejarah Turki, jil. 3. Petaling Jaya: Hijjaz Records Publishing, 2019.

Alkan, J. “Eksistensi Tuhan menurut Said Nursi,” Manthiq: Jurnal Filsafat Agama dan Pemikiran Islam, Vol. 1, No. 1 (2016): 35-42.

Bediuzzaman, Said Nursi. Risale-i Nur Collection, Sukran Vahide (tr.). Istanbul: Sozler Publications A.S., 2008.

El-Fadl, Khaled Abou. Atas nama Tuhan: dari fikih otoriter ke fikih otoritatif. Jakarta: Serambi, 2003.

Gadamer, Hans G. Philosophical hermeneutics, D. E. Linge (tr.). Berkeley, Los Angeles: University of California Press, 1976.

Hasrul, S., Muhammad Rashidi, W. dan Mohd Shaifulbahri, A. “Ketokohan Badiuzzaman Said Nursi dalam Aspek Akidah”. Dalam Rahimah, A. Fadzli, M. Mohamad Zaidin, dan M.L. Hanif, ed. Badiuzzaman Said Nursi: Penerus Peradaban Insan. Kuala Nerus: Penerbit Unisza, 2018.

Khalis I., M., dan Roslan, M., M.N. “Perkembangan Islam di Turki Menerusi Pendekatan Politik: Satu Sorotan Sejarah,” Online Journal Research in Islamic Studies, Vol. 5, No. 2 (2018): 17-34.

Mardin, Serif. Religion and social change in modern Turkey: the case of Bediuzzaman Said Nursi. New York: State University of New York Press, 1991.

Mohamad Zaidin. Bediuzzaman Said Nursi Sejarah Perjuangan dan Pemikiran. Bangi: Universiti Kebangsaan Malaysia, 2003.

Muaz, M. N., M. Solahuddin, S.M. Norazri. M.Z., M. Paidi, N., dan M. Yusra, A., “Hubungan Kenabian dalam Disiplin Ilmu Falsafah dan Tasawuf Menurut Badiuzzaman Said Nursi”, E-Journal of Islamic Thought and Understanding, Vol. 1, No. 1 (2018): 42-53.

Muaz, M. N., S. Solahuddin, H.S., dan Sairi, Faridah Mohd., “Konsep Komunikasi Dakwah Bukan Lisan (Non-Verbal) Badiuzzaman Said Nursi Berdasarkan Kitab Rasail An-Nur”, Journal of Fatwa Management and Research, Vol. 27, No. 2 (Jan, 2022): 64-72.

Muhammad Suhaib Ahmad Zahir dan Mohd Farid Mohd Sharif, “Pemurnian Tauhid di Turki: Analisis terhadap Usaha Badiuzzaman Said Nursi”, MANU, Vol. 31, No. 2 (2020): 217-221.

Muhammad Widus Sempo, “Tajdid Sains Tauhidik Badiuzzaman Said Nursi dalam Kitab Rasail Nur”, Jurnal Sultan Alauddin Sulaiman Shah, Vol. 4, Bil. 1 (2017): 210-220.

Norullisza Khosim, Azrin Ibrahim dan Mohd Shukri Hanapi, “Aspek-Aspek Pembangunan Insan: Analisis Ketokohan Badiuzzaman Said Nursi”, Journal of Islamic, Social, Economics and Development (JISED), Vol. 6, Issue 39 (Sept, 2021): 134-146.

Norullisza Khosim dan Mohd Shukri Hanapi, “Tasawur Mahabbah Menurut Badiuzzaman Said Nursi Berdasarkan Kitab Kulliyyat Rasa’il Al-Nur ”, Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari, Vol. 24, No. 1 (2023): 154-163.

Nursi, B.S., Kumpulan Mukjizat Nabi Muhammad SAW. Fauzi Faisal Bahreisy (terj.). Banten: Risalah Nur Press, 2014.

Nursi, B. S. Al-Maktubat. Fauzi Faisal Bahreisy dan Joko Prayitno (terj.). Banten: Risalah Nur Press, 2017.

Paramboor, J. “Islamic Eschatological Discourses: Comparing Between the Conceptions of Badiuzzaman and al-Attas”, AL-AFKAR Journal for Islamic Studies, Vol. 6, No. 4 (2023): 803-823.

Rahman, F. Islam and modernity: transformation of an intellectual tradition. Chicago: University of Chicago Press, 1982.

Shahriza, M. dan S. Hadzrullatfi, S. O., “Tajdid dalam Pemikiran Sufi Menurut Badiuzzaman Said Nursi.” Dalam Rahimah, A. Fadzli, M. Mohamad Zaidin, dan M.L. Hanif, ed. Badiuzzaman Said Nursi: Penerus Peradaban Insan. Kuala Nerus: Penerbit Unisza, 2018.

Sharifah Norshah Bani Syed Bidin dan Ahmed S.A. al-Qodsi, “Pemikiran Tasawwuf Badi'uzzaman Sa'id Nursi dalam Dakwah,” Journal of Personalized Learning 3, no. 1 (2020): 24-30.

Syauqi, Muhammad Labib. Mengenal Risalah Nur karya Said Nursi dan metodologi penafsirannya. Maghza, Vol. 2, No. 1 (Jan-Juni, 2017), 109-124.

Talib, Abdul Latip. Badiuzzaman Said Nursi: Pejuang dan Pemikir Islam Turki. Batu Caves: PTS Publishing House, 2014.

Vahide, Sukran (2005). Islam in modern Turkey: an intellectual biography of Bediuzzaman Said Nursi. New York: State University of New York Press.

Vahide, Sukran (2007). Biografi intelektual Badiuzzaman Said Nursi: transformasi dinasti Usmani menjadi republik Turki, Sugeng Haryanto, Sukono (terj.). Jakarta: Anatolia.

Zaidan, Abdul Karim, Dasar-Dasar Ilmu Dakwah. H.M. Asywadi Syukur Lc (terj.). Jakarta: Media Dakwah, 1980.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Journal of Humanities Issues is published by Departmen Akidah and Filsafat Islam and Departmen Studi Agama-agama Faculty of Ushuluddin State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.

 

Creative Commons License
Journal of Humanities Issues is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.