Tafsir al-Ma’rifah dan Keberadaannya (kajian Resepsi terhadap Tafsir al-Ma’rifah Karya Musthafa Umar)

Neli Hidayah

Abstract


Dalam upaya memahami al-Qur’an para intelektual muslim berusaha untuk menggali makna-makna yang terdapat dalam al-Qur’an, penggalian ini biasa disebut dengan menafsirkan. Penafsiran itu sendiri dimaksudkan agar al-Qur’an betul-betul diharapkan bisa untuk dijadikan pedoman bagi pemeluk agama Islam, Musthafa Umar dengan tafsir al-Ma’rifah adalah salah satu bentuk dari usaha tersebut, artikel ini berusaha menjelaskan bagaimana Musthafa Umar meresepsi al-Qur’an sekaligus implikasi apa yang ditimbulkan dari resepsi tersebut. Artikel ini menggunakan teori resepsi yang dikembangkan dari tulisannya Ahmad Rafiq terkait resepsi atau penerimaan seseorang terhadap sebuah teks, resepsi tersebut bisa berbentuk hermeneutis, estetis dan kultural. Dari sini didapatlah bahwa resepsi Musthafa Umar terhadap al-Qur’an melahirkan resepsi hermeneutis yaitu penafsiran terhadap al-Qur’an, resepsi estetis berupa penggunaan bahasa melayu dalam penafsirannya dan resepsi kultural berupa buku cetak dan juga bentuk lain seperti kanal video youtube sebagai media penyebaran tafsirnya. Adapun implikasi terhadap keberadaan tafsir al-Ma’rifah banyak kalangan yang mendapatkan manfaat darinya, baik itu dari kalangan akademik maupun masyarakat umum.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Damanik, Semarakakan dakwah dengan tafsir al-Qur‟an. Majalah Hidayatullah. Edisi O1, Mei 2012.

al-Qurtuby, Ibn Abdul al-Barr. Al-Istidzkar, Bairut-Libanon: Darul Kutub Al Ilmiyah, 2006.

Hude M. Darwis. Logika Al-Qur’an: Pemaknaan Ayat dalam Berbagai Tema, Jakarta: Penerbit Eurabia, 2015.

Hussain al-Zahabi, Muhammad. al-Tafsir wa al-Mufassirūn, Kairo: Dar al-Hadis, 2005.

Kafrawi, Muhammad. Metodologi Mustahafa Umar dalam Tafsir Ma’rifah dan Dakwanya di Riau, Tesis, UKM, 2016.

Muhammad ibn Jarir at-Tabari, Abu Ja’far. Jami’ al-Bayan fi Tafsir al-Qur’an, Mesir: Maktabah Buhus wa al-Dirasah al-Islamiyah, 2001.

Mustaqim, Abdul. Metode Penelitian al-Qur’an dan Tafsir, Yogyakarta: Idea Press, 2014.

Nur kholis, M. Setiawan, Alquran Kitab Sastra Terbesar, Yogyakarta: eLSAQ Press, 2006.

Quthub, Syed. Tafsir fi Dzilalil Qur’an, Mesir: Dar el-Syuruq, 2003.

Rafiq, Ahmad. Sejarah Alquran: Dari Pewahyuan ke Resepsi ( Sebuah Pencarian Awal Metodologis ) dalam Islam Tradisi dan Peradaban, Yogyakarta: Suka press, 2012.

Rahman, Syahrul. “Syahrul Rahman-Fenomena Islamofobia… Fenomena Islamofobia Di Media Sosial: Tantangan Dan Peluang Dakwah Di Masa Mendatang.” AL MUNIR Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 12 (2021): 192–201. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/almunir/index.

Umar, Musthafa. Tafsir al-Ma‟rifah, Kuala Lumpur.t.pt, 2000.

Umar, Musthafa. Tafsir al-Ma‟rifah, Kuala Lumpur.t.pt. 2006.

Yafik Mursyid, Achmad. Resepsi Estetis terhadap al-Qur’an (Implikasi terori resepsi estetis Navid Kermani terhadap dimensi musikalik al-Qur’an), Yogyakarta: Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Journal of Humanities Issues is published by Departmen Akidah and Filsafat Islam and Departmen Studi Agama-agama Faculty of Ushuluddin State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.

 

Creative Commons License
Journal of Humanities Issues is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.