Sunan Prapen: Sosok Pendakwah Besar Yang Terpinggirkan

Sitti Zulaihah

Abstract


Islamisasi yang terjadi di Nusantara tidak lepas dari peran Walisongo yang menyebarkan agama Islam terutama di pulau Jawa. Para Walisongo tersebar di berbagai wilayah Jawa, dua antaranya ada di daerah Gresik yakni Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim. Oleh karena itu, banyak masyarakat luas yang mengunjungi Gresik untuk berziarah di makam dua wali ini. Namun ternyata ada sosok wali lain yang memiliki jasa besar menyiarkan agama Islam di luar pulau Jawa yakni di Lombok dan sekitarnya. Beliau adalah sunan Prapen yang merupakan cicit dari Sunan Giri. Jasa-jasa beliau baik sebagai pendakwah dan raja Giri Kedaton begitu besar namun masyarakat luas tidak terlalu mengenal beliau selayaknya Sunan Giri ataupun Maulana Malik Ibrahim. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi agar dapat dijadikan sebagai tulisan sejarah yang objektif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Sunan Prapen adalah Wali besar yang berhasil mengislamkan wilayah Lombok dan sekitarnya dengan jalan damai. Sunan Prapen juga merupakan seorang negarawan besar, beliau melantik raja-raja di pesisir pulau Jawa seperti Joko Tingkir dari Pajang dan Ronggo Hadi dari Lamongan. Pada masa sunan Prapen, kerajaan Giri Kedaton mencapai masa kejayaan dalam bidang budaya, politik, ekonomi dan penyebaran agama Islam yang semakin meluas. Beberapa karya beliau sebagai seorang seniman dan masih ada sampai sekarang yaitu keris Suro Angun-Angun, keris Mahesa Sundari, cungkup sunan Giri, kitab Asrar dan lainnya.


Full Text:

PDF

References


De Graaf, H.J. dan Th.G.Th. Pigeaud. Kerajaan-Kerajaan Islam Pertama di Jawa: Kajian Sejarah Politik Abad ke-15 dan ke-16. Jakarta: Grafiti Pers, 1985.

—--------. Awal Kebangkitan Mataram. Jakarta: PT Pustaka Grafitipers, 1987.

Erfan, Abu Fatoni Muhammad. Sedjarah Kehidupan Sunan Giri. Surabaya: CV. Bali.

Hafidz, Abdullah dan Artono. Perkembangan Kerajaan Giri Kedaton Tahun 1548-1605. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah Volume 11, No. 1 Tahun 2021. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/41852

Haidar. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Ciptapustaka, 2018.

Jarwanto, Gresik Punya Cerita Peran Gresik Dalam Lintas Sejarah Nusantara.

Kasdi, Aminudin. Kepurbakalaan Sunan Giri, Surabaya: Unesa University Press, 2005.

Kartodirdjo, Sartono dan Marwati Djoened Poesponegoro, dkk. Sejarah Nasional Indonesia jilid III. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1975.

Mukarrom, Ahwan .Sejarah Islam Indonesia I. Surabaya: Uinsa Press, 2014.

—--------------------. Kebatinan Islam Di Jawa Timur (Studi Atas Naskah Sarupane Barang Ing Kitab Ingkang Kejawen Miwah Suluk Miwah Kitab Sarto Barqoh Ing Giri Pura Kedaton: Perfektif Sejarah Kebudayaan. Disertasi, UIN Sunan Kalijaga, 2007.

Pesantren Luhur Islam Jawa Timur. Sejarah dan Dakwah Islamiyah Sunan Giri. Gresik: P3SG Gresik, 1973.

Purwadi, The History of Javanese Kings. Yogyakarta: Ragam Media, 2010.

Ricklefs, M.C. Sejarah Indonesia Modern 1200-2008. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2008.

Soekarman, Babad Gresik I. Surakarta: Radya Pustaka, 1990.

Sunyoto, Agus. Atlas Wali Songo, Tanggerang: Pustaka II MAN, 2017.

Widji, Anam Suwandi. Giri Kedhaton: Kuasa Agama dan Politik, Melacak Peran Politik Dinasti Giri dalam Konstelasi Politik Nusantara Abad 15-16. Surabaya: Kalidaya, 2013.

Widodo, Dukut Imam. Grissee Tempo Doeloe. Gresik: Pemerintah Kabupaten Gresik, 2004.

Sumber lain

Naskah Hari Jadi Lamongan, https://adoc.pub/naskah-riwayat-hari-jadi-lamongan.html , diakses pada tanggal 20 Agustus 2021

Wawancara Bapak Ma’arif, tanggal 08 Agustus 2021.

Wawancara Bapak Rohim, tanggal 12 Agustus 2021.

Wawancara Bapak Hasan, tanggal 12 Agustus 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Journal of Humanities Issues is published by Departmen Akidah and Filsafat Islam and Departmen Studi Agama-agama Faculty of Ushuluddin State Islamic University Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung Islamic Center Lt. I Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Tuahmadani Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004.

 

Creative Commons License
Journal of Humanities Issues is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.