KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS DI SMP ISLAM ASHOFA PEKANBARU)

Julis Suriani

Abstract


Kualitas hasil pendidikan sangat tergantung dari proses pelaksanaan pembelajaran, karena itu komunikasi instruksional atau komunikasi pendidikan sebagai dasar pengetauhuan tentang pentingnya komunikasi dalam proses belajar mengajar atau pendidikan menjadi sangat penting. Sumber data yang digunakan  adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, angket, dokumentasi setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan metode kualitatif deskriptif dan data yang diperoleh melalui angket penulis menganalisanya dengan metode kualitatif deskriptif presentase yaitu menganalisa data secara apa adanya berdasarkan hasil penelitian kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan diberi interpetasi dari frekuensi jawaban yang diberikan responden. Dari hasil penelitian menunjukkan guru-guru SMP Islam As-Shofa Pekanbaru didalam melakukan implementasi komunikasi instruksional dengan siswa mereka melibatkan media-media komunikasi instruksional,dan juga pengajaran yang senantiasa membelajarkan anak didik dengan tujuan mengubah pola pikir dan tingkah laku siswa kearah yang lebih baik


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v2i1.8190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.