MODEL KOMUNIKASI DAKWAH MAJELIS DAKWAH ISLAMIYAH (MDI) KOTA PEKANBARU

Khairuddin Khairuddin, Bobi Candra

Abstract


Kota Pekanbaru memasuki era perkembangan diberbagai bidang, baik teknologi, pendidikan dan kultur masyarakat yang berdampak pada perubahan. Salah satu perubahan yang terjadi yaitu pesatnya perkembangan dakwah di Kota Pekanbaru. Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Kota Pekanbaru sebagai lembaga dakwah harus mampu melahirkan model komunikasi yang efektif dalam proses penyampaian dakwah sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana model komunikasi dakwah Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Kota Pekanbaru. Tujuannya untuk mencari tahu model komunikasi dakwah yang digunakan oleh MDI kota Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah pengurus Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Kota Pekanbaru sedangkan objeknya adalah model komunikasi dakwahnya. Penelitian ini disusun dengan kerangka pikir yang sistematis menggunakan model deduktif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 5(lima) orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan hasil data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa model komunikasi dakwah Majelis Dakwah Isamiyah (MDI) Kota Pekanbaru dilakukan dengan dua cara, yaitu; model komunikasi dakwah tradisional dan modern. Model komunikasi dakwah tradisional dilakukan secara langsung oleh da’i kepada mad’u dalam bentuk halaqah, muhasabah, diskusi ilmiah dan seminar, khutbah jum’at dan majelis taklim. Model komunikasi dakwah modern dilakukan oleh da’i secara tidak langsung kepada mad’u melalui televisi, radio, media massa, dan media cetak.

 

Keyword: Model, Komunikasi Dakwah, Majelis Dakwah Islamiyah.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar, Dakwah Kontemporer : Sebuah Studi Komunikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana, 2008.

Azra, Azyumardi.Menuju Masyarakat Madani: Gagasan, Fakta, dan Tantangan,Bandung: Rosdakarya, 2000.

Hartono, Toni Hartono dkk. Komunikasi Dakwah, Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau, 2011.

Ilaihi, Wahyu. Komunikasi Dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Ma’arif, Bambang S. dkk.Model Komunikasi Dakwah di Perkotaan (Pendekatan Bil-Hal). Bandung: Universitas Islam Bandung dan Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.

Maarif, Bambang S. Komunikasi Dakwah; Paradigma Untuk Aksi.Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2010.

Muhyiddin, Asep dan Agus Ahmad Safei.Metode Pengembangan Dakwah,Bandung: Pustaka Setia, 2002.

Rohman, Abd, Komunikasi dalam Al-Qur’an ( Realisasi Ilahiyah dan Insaniah ). Malang: UIN- Malang Press, 2007.

Tasmara, Toto. Komunikasi Dakwah. Cet-2. Jakarta: Gaya Meda Pratama, 1997.

Tim Penyusun Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau-Pekanbaru, 2010.

Zaidallah, Alwisral Imam.Strategi Dakwah dalam membentuk Da’i dan Khotib Professional, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Website

http://www.islamcendikia.com/204/01/radio-sebagai-media-dakwah.html?m=1

http://fenditungkal.blogspot.com/2009/11/dakwah-islam-melalui-radio.html




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v1i1.6069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.