Dakwah pada Generasi Z di Media Sosial: Studi Netnografi pada Akun TikTok Agam Fachrul

Aini Nabillah, Pipir Romadi

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menggali penggunaan platfrom media sosial TikTok oleh da’i muda Agam Fachrul sebagai media dakwah di kalangan generasi Z. Ramainya pengguna platfrom media sosial saat ini menjadi solusi dan cara bagi para da’i untuk menyebarkan dakwah dengan mudah tanpa harus turun ke lapangan. Selain itu, kalangan generasi Z banyak menggunakan platfrom media sosial untuk mencari solusi dalam memecahkan masalah mereka dalam perspektif agama. Ini menjadi peluang bagi para da’i untuk memanfaatkan media sosial dalam menyampaikan dakwahnya. Penelitian ini bersifat kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengunakan metode netnografi untuk menggali aktivitas dan interaksi komunitas di dunia maya pada akun TikTok Agam Fachrul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah Agam Fachrul di TikTok menarik animo generasi Z. Dakwah yang dibawakan Agam dipandang positif karena bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami dengan penyampaian yang sopan. Penampilan Agam Fachrul yang menarik dan mengikuti gaya kekinian juga menjadi penarik bagi generasi Z untuk mengikuti konten dakwahnya. 


Keywords


generasi z; dakwah; TikTok

Full Text:

PDF

References


Aula, L. G., & Abas, Z. (2020). Metode Dakwah Penceramah di Komunitas Yuk Ngaji Solo. Academic Journal of Da’wa and Communication, 1(2), 463–478. https://doi.org/10.22515/ajdc.v1i2.2729

Aziz, Moh Ali. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Febry, A. & Safitri, D. (2021). Dismilaritas Kecanduan Pemakaian Media Sosial Generasi Y Dan Generasi Z. Edukasi Ips, 5(2), 37–45. Https://Doi.Org/10.21009/Eips.005.02.05

Harahap, S. R. (2022). Eksistensi Nilai-Nilai Dakwah Di Kalangan Generasi Z. Jurnal Manajemen Dakwah. vol. 8, no.1.

Kholis, N. (2021). Dakwah Virtual, Generasi Z Dan Moderasi Beragama. Iqtida : Journal Of Da’wah And Communication, 1(02), 155–168. Https://Doi.Org/10.28918/Iqtida.V1i02.4525

Kriyantono, R. (2006).Teknis Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif(1st ed.).Prenadamedia Group.

Kumala, N. (2021). Al-Qur’an Dan Etika Dakwah Virtual. Jurnal Dakwah, 21(1), 59–84. Https://Doi.Org/10.14421/Jd.2112020.5

Kusumawati, S. P., Nihaya, N., & Avicena, H. N. (2022). Penyampaian Dakwah Islam Di Media Sosial Bagi Generasi Z. Jurnal Al Insan, vol. 3, no. 1.

Marsinta. (2023, April 1). Wawancara Dengan Generasi Z Yang Mengikuti Akun Tik Tok Agam Fachrul, Pekanbaru.

Nasrullah, R. (2017). Etnografi Virtual : riset komunikasi, budaya, dan sosioteknologi di internet . Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Purwani, D. A., & Kertamukti, R. (N.D.). Memahami Generasi Z Melalui Etnografi Virtual. Departemen Sosiologi Fisipol Ugm

Qur’anianto, F., Mabruri, D. A., & Kurniawannama, I. (2019). Upaya Pemulihan Moral Melalui Badan Ketakmiran Masjid Baiturrahman Perumahan Bukit Cemara Tidar Kota Malang. 03.

Randani, Y. N. F., Safrinal, S., Latuconsina, J. Z., & Purwanto, M. R. (2021). Strategi Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Dakwah Untuk Kaum Milenial. At-Thullab : Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 3(1), 587–601. Https://Doi.Org/10.20885/Tullab.Vol3.Iss1.Art4

Reno. (2019). 14 Komunitas Hijrah Di Solo Gelar Kolaborasi Hijrah. www.Kiblat.Net/2019/07/29/14.

Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif Dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90. Https://Doi.Org/10.25008/Jkiski.V1i2.54

Rohman, D. A. (2020). Komunikasi Dakwah Melalui Media Sosial. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2). Https://Doi.Org/10.38075/Tp.V13i2.19

Nabila, W.M., Fadhilatunnisa, S., Alamsyah, & Suryandari, M. (2023). Pengaruh Konten Dakwah Terhadap Gen Z Dan Milenial (Generasi Muda). Aladalah: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 09–21. Https://Doi.Org/10.59246/Aladalah.V1i1.145

Zulhazmi, A., & Priyanti, E. (2020). Eksistensi komunitas hijrah dan dakwah masa kini: Studi komunitas jaga sesama Solo. Jurnal Ilmu Dakwah, 40(2), 168-181. doi:https://doi.org/10.21580/jid.v40.2.6249




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v5i2.24625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.