Menghafal Al Quran Bagi Anak Didik Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendikia Bangkinang: Perspektif Manajemen Dakwah

Siti Hazar Sitorus, Al Yasir

Abstract


Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang dengan membacanya sudah mendapatkan pahala apalagi menghafal dan mengamalkannya. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana upaya Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Insan Cendekia Bangkinang dalam mengajarkan dan menanamkan pemahaman penghafalan Al-Qur’an kepada anak didiknya dilihat dari tinjuan manajemen dakwah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model studi lapangan (field research) kemudian dideskripsikan secara naratif untuk memberikan kemudahan kepada pembaca dalam memahami naskah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen yang dilakukan dalam proses menghafal Al-Qur’an adalah dengan melakukan perencanaan pada tahap awal peserta didik memulai proses menghafal; Pelaksanaan yaitu dengan menggunakan metode yang dilakukan oleh pihak SDIT yaitu gabungan metode sima’i, jama’, dan talqin; Pengarahan adalah cara yang dilakukan untuk mengarahkan peserta didik dalam proses menghafal. Dengan metode gabungan ini dan evaluasi yang dilakukan pada akhir semester genap, dapat diketahui kemampuan peserta didik dan pengukuran target yang telah ditentukan. Melalui proses manajemen serta metode yang baik, SDIT mampu memenuhi target peserta didik memiliki hafalan sebanyak tiga juz yaitu juz 28, 29, dan 30 saat tamat nanti.


Keywords


SDIT Insan Cendikia; Manajemen dakwah; Menghafal Al-Qur'an

Full Text:

PDF

References


Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah: El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261

Asul, W., & Mustakim, M. (2012). Panduan Karya Tulis Guru. Pustaka Grhatama.

Azlansyah, A., & Sriyanto, S. (2021). Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan Program Hafalan Al-Quran Surat Al-Jumu’ah Pada Grup Whatsapp Hafizh on the Street. Alhamra: Jurnal Studi Islam, 2(2), 149–158.

Graha, C. (2007). Keberhasilan anak di tangan orang tua : panduan bagi orang tua untuk memahami perannya dalam membantu keberhasilan pendidikan anak. Elex Media Komputindo.

Herma, T., Kusyairy, U., & T, M. R. (2020). Analisis Penerapan Metode Tabarak Menghafal Al-quran Juz 30 Di Sekolah Tahfidz Al-Husna Balita dan Anak Makassar. NANAEKE Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 37–48.

PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 000912 TAHUN 2013 TENTANG, 2011 1 (2013). https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1

Kurnia, I., Simon, I., Trihastuti, M., & Wanei, G. (2008). Bahan Ajar Cetak Perkembangan Belajar Peserta Didik. Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Lubis, A. (2018). Islamic School Integrated In Islamic Education History In Indonesia. Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 4(2), 1077–1095.

Masduki, M., & Anwar, S. S. (2018). Filosofi Dakwah Kontemporer. PT. Indragiri Dot Com.

Masita, M., Basri, M., & Qashas, A. (2020). Globalizing Primary Curriculum in Indonesia. Asian EFL Journal, 27(3.3), 51–68.

Maya, R. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam Mājid ‘Irsān Al-Kīlānī. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–20.

Munir, M., & Ilaihi, W. (2009). Manajemen Dakwah. Kencana.

Nata, A. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. PT. Raja Grafindo Persada.

Rahma, M. (2021). Stretegi Pimpinan dalam Meningkatkan Kemampuan Berdakwah Santri Melalui Muhadarah Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Sungai Pinang.

Soebahar, A. H. (2013). Modernisasi Pesantren : Studi Transformasi Kepemimpinan kKai dan Sistem Pendidikan Pesantren (I. Syauqi (ed.); cet. 1). LKis.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D - MPKK. Alfabeta.

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19.

Wijaya, C., Siregar, M. F. S., Ruslan, M., Holid, S., & Roslaeni, R. (2021). Manajemen Pembelajaran Taḥfiẓ dalam Peningkatan Minat Menghafal Alquran Siswa di Yayasan Tahfidzul Quran Al-Fawwaz Medan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01). https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1214




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v4i1.16935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.