Implementasi Perencanaan Manajemen Lembaga di Madrasah Aliyah Sabilal Muhtadin dan Madrasah Aliyah Al-Huda Al-Ilahiyah Indragiri Hilir

Suroto Suroto

Abstract


Pengajaran agama Islam di lembaga madrasah memiliki tugas utama mendidik akhlak mulia yang bukan hanya menjadi tanggung jawab guru PAI akan tetapi menjadi tanggung jawab terpadu bagi semua guru bidang studi. Penelitian ini bertujuan untuk menggali implementasi perencanaan dua madrasah di Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini menemukan bahwa perencanaan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al-Huda Al-Ilahiyah Mugomulyo menggunakan School Based Integrated Curriculum yaitu integrasi kurikulum kemenag, kemendikbud, dan kekhasan Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al-Huda Al-Ilahiyah Mugomulyo berupa perpaduan keagamaan dan life skill. Adapun perencanaan MAS Sabilal Muhtadin Tembilahan menggunakan model inter dan transdisiplin yaitu integrasi kurikulum kemendikbud, Kemenag, dan kekhasan MAS Sabilal Muhtadin Tembilahan Hulu berupa perpaduan literasi  dan pembelajaran ramah lingkungan.

Keywords


Madrasah; Impementasi; Perencanaan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Buchori, M. (1992). Posisi dan Fungsi PAI dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Umum. Jakarta : Raja Grafindo.

Maloeng, L. J.(2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Maman, U.(2004). Metodologi Penelitian Agama; Teori dan Praktek, Jakarta: PT. Rajawali Press.

Muhaimin. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Jakarta : Raja Grafindo.

Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2007). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo.

Nazir, M.(2009). Metode Penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nikmah, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Edudeena, 3(2), h. 79-90.

Singarimbun. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Siskandar. (2013). Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah. Cendekia. 10 (6), h. 117-132.

Soedjatmoko. (2007). Dimensi Manusia Dalam Pembelajaran, Jakarta : LP3S.

Syaodih, N.(2001). Pengembangan Kurikulum. Jakarta :Raja Grafindo.

Wiles, J & Bondi, J. (2007). Curriculum Development. Jakarta : Raja Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v2i2.10737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnal.idarotuna@uin-suska.ac.id

 Jurnal Idarotuna is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.