PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKTIVITAS MEDIA NYATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Ani Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan alat media nyata dan menggunakan LKPD (Lembar kerja peserta didik). LKPD siswa berisikan langkah-langkah materi penghematan energi dan cara menggunakan alat media nyata, setelah itu peneliti membuat soal pretest, dan protest. Prestasi belajar siswa adalah hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau dalam bentuk skor, setelah siswa mengikuti pelajaran, menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu media nyata. Guru menjadi pelopor utama dalam mengembangkan potensi peserta didik melalui ide-ide kreatifnya dan akan tercipta peserta didik yang aktif, dan bersikap kritis.


Full Text:

PDF

References


Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Elfa Sumiyati, 2017. “penggunaan model pembelajaran interaktif berbasis aktivitas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas vi pada pelajaran pkn sd negeri 09 kabawetan” . JPSD Vol. 4 No. 1 (diakses tanggal 14 November 2019)

Islamiar Nur Rani. 2016 “pengembangan lembar kerja peserta didik ipa dengan pendekat Edisian guided inquiry pada materi “tata surya” untuk meningkatkan keterampilan proses siswa” Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. ” (diakses tanggal 3 Desember 2019)

M. Shabir U. 2017 ”kedudukan guru sebagai pendidik: (tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban, dan kompetensi guru) “VOL. 2 NO. 2 (diakses tanggal 17 November 2019)

Mulyasa. E. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Cet. VII; Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008

Tustiyana Windiyani, dkk. 2018” penggunaan media pembelajaran gambar fotografi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa sekolah dasar”. JPSD Vol. 4 No. 1. (diakses tanggal 20 November)

Udin, Syaefuddin, dkk.(2008). Perencanaan Pendidikan. Bandung; Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v3i2.8605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.