Penerapan Metode Question Student Have Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi

Inggit Nawangsih, Melly Andriani

Abstract


siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan metode question student have di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya kurangnya partisipasi siswa untuk mengajukan pertanyaan saat diberi kesempatan untuk bertanya, hanya sebagian siswa yang menjawab pertanyaan dari guru, dan hanya sebagian siswa yang mengerjakan tugas yang diberikan guru.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 24 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir. Objek dalam penelitian ini adalah  metode question student have dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, aktivitas belajar siswa pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 53% atau berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar pada siklus I60% dengan kategori cukup pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 84% dengan kategori sangat baik. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penerapan metode question student have dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuantan Singingi.

Full Text:

PDF

References


Hartono Dkk, 2008, PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan

Menyenangkan, Pekanbaru : ZANAFA PUBLISHING.

Masnur Muchlis, 2011, Melaksanakan PTK Itu Mudah, Jakarta: Bumi Aksara.

Mel Silbermen, 2009, Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta:Yappendis, Edisi Revisi.

E. Mulyasa, 2009, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja

Mohammad Uzer Usman, 1976,Upaya Optimalisasi KBM,Bandung, Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik,2011, Kurikulum Dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Pat Hollingsword Dkk,2008, Pembelajaran Aktif, Jakarta : PT Indeks.

http://Sondix. Blogspot.Com. pengertian aktivitas menurut para ahli, Diakses pada tanggal 09 maret 2018.

Riduan, 2010, Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sardiman, 2011, Interkasi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakart: Rajawali Pers.

Suharsimi Arikunto, 2009, Peneltian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Sukma Erni, Dkk, 2016, Penelitian Tindakan Kelas, Pekanbaru: Kreasi Edukasi.

Susilawati, 2013, Pembelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah, Pekanbaru: Banteng Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v2i2.8049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.