Analisis Perkembangan Nilai Agama-moral Siswa Usia Dasar (tercapai) studi kasus di MI Ma’arif Bego

ifat nabilah

Abstract


Penelitian ini membahas tentang perkembangan nilai agama-moral anak usia sekolah dasar yang tercapai. Nilai agama-moral sering dikaitkan dengan sikap atau perilaku anak. Anak usia dasar masih suka mengamati dan meniru apa yang menjadi kebiasaan di lingkungannya. Banyak fenomena menyimpang yang dilakukan oleh anak usia dasar, seperti bullying, mencuri, merokok, tawuran, melawan orang-tua dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perkembangan nilai agama-moral anak sekolah usia dasar yang tercapai dan (2) mengetahui faktor yang mendukung tercapainya perkembangan nilai agama-moral anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara untuk memperoleh data dari narasumber (subjek) dan menggali kajian pustaka dari berbagai sumber untuk melengkapi dan mempertajam data-data yang terkait dengan topik yang dibahas. Subjek penelitian adalah seorang anak kelas VI berusia 12 tahun di MI Ma’arif Bego, Sleman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan nilai agama-moral anak dapat tercapai karena didukung oleh 3 faktor yakni, internal/dari dalam diri anak, keluarga/ lingkungan, dan sekolah.
Kata kunci: Perkembangan anak, Siswa Usia Dasar, Nilai Agama-Moral.

Full Text:

PDF

References


Amrah. (2013). Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 20-25.

Arifin, B. S. ( 2008). Psikologi Agama. Bandung: Pustaka Setia.

Asrori, M. (2012). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Damanik, C. (2018, 01 29). https://www.kompas.com/. Diambil kembali dari https://regional.kompas.com/read/2018/01/29/10365701/gara-gara-cetak-gol-bunuh-diri-siswa-sd-dianiaya-teman-teman-hingga-masuk

Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Hurlock, E. B. (1993). Perkembangan Anak Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Jalaluddin. (2012). Psikologi Agama; memahami perilaku dengan prinsp-prinsip psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khairunnas. (2012). Psikologi Agama. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Kohlberg, L. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta: Kanisius.

Kurtinez, W. (1992). Moralitas, Perilaku Moral dan Perkembangan Moral. Jakarta: UI Press.

Kusrahmadi, S. D. (2007). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Anak Sekolah Dasar. Dinamika Pendidikan, 118-129.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academia Vol 1 No.2, 190.

Muslih. (1987). Moral Agama, Suluh Kepribadian Pemuda Menghadapi Arus Budaya Massa. Dirjen Bimbaga Islam.

Tanfidiyah, N. (2018). Perkembangan Agama dan Moral yang tidak tercapai pada AUD. Jurnal Pendidikan Islam, 1-20.

Winkel, W. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, S. (2005). Psikologi Belajar Agama: Prespektif Pendidikan Agama Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v2i2.7954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.