Analisis Penilaian Kognitif Kurikulum 2013 Kelas Rendah MI Sabilul Ulum Mayong Jepara

Miranti Hartuti, Diana Endah Handayani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi adanya penerapan kurikulum 2013 di kelas rendah MI Sabilul Ulum Mayong Jepara, khususnya kelas satu pada tahun ajaran 2017/2018 dan sekolah baru mendapatkan pelatihan tentang penilaian autentik. Penilaian autentik yang terdiri dari penilaian afektif, kognitif dan psikomotorik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penilaian kognitif kurikulum 2013 di kelas rendah MI Sabilul Ulum Mayong Jepara. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas satu MI Sabilul Ulum Mayong Jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan uji validitas. Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan adanya penerapan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa guru kelas satu di MI Sabilul Ulum Mayong Jepara dalam pelaksanaan penilaian kurikulum 2013 secara umum sudah sesuai dengan standar penilaian kurikulum 2013. Dalam pembuatan soal HOTS dari Ulangan Harian (UH), Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS) sudah sesuai dengan Silabus, RPP, buku guru dan standar kurikulum 2013.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v2i1.7370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.