PENERAPAN STRATEGI HEMBUSAN ANGIN KENCANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 20 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang terlihat pada proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan keterangan guru dan tidak mau bertanya.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi hembusan angin kencang untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Aktivitas guru, aktivitas siswa dan motivasi belajar siswa dianalisis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rumus yaitu: P = X 100%.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi hembusan angin kencang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan motivasi belajar siswa mencapai 61%. Setelah dilakukan tindakan pada Siklus I motivasi belajar siswa sebesar 70%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 82,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi hembusan angin kencang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri 20 Pekanbaru.
Kata Kunci: Strategi, Hembusan Angin Kencang, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
Achmad Sanusi. (1971). Studi Sosial di Indonesia, Bandung : Ikip.
Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anas Sudjono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Ariani Rosida. 2014). Penerapan Strategi The Great Wind Blows Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V MI Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Mardia Hayati. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis Karakter. Pekanbaru: Al Mujtahadah.
Meidi Rizki. (2015). Penerapan Strategi The Great Wind Blows Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Adabiyah Palembang. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Melvin, L. Siberman. (2009). Active Learning. Bandung: Remaja Nusamedia.
Octavia Kurniawati. (2012). Penerapan Strategi The Great Wind Blows Untuk Meningkatkan hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas IV SDN III Kopen Kecamatan Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Rajawali Pers.
Saidiharjo dan Sumadi HS, konsep dasar ilmu pengetahuan sosial, Yogyakarta : FIP FKIP
Sukma Erni. (2011). Modul Pendalaman Materi IPS. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahidmurni. (2010). Pengembangan Kurikulum IPS dan Ekonomi di Sekolah/Madrasah, Malang, UIN Maliki Press.
Wina Sanjaya. (2006). Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung : Kencana.
Yuliati Kurnia Sari. (2013). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Melalui
Metode The Great Wind Blows di Kelas IV SDN 36 Kinali Kabupaten Pesaman Barat.
Zalyana. (2014). Psikologi Pembelajaran. Pekanbaru: Mutiara Pesisir Sumatra.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v2i1.6607
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.