Penggunaan Gambar Struktur Organisasi Kabupaten/Kota untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada Siswa

Jamuir Jamuir

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 010 Lubuk Keranji Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan dimulai dari tanggal 25 september  2018 sampai tanggal 02 Oktober 2018. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian perbaiakan pembelajaran ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 15 orang, dengan 8 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yaitu sebelum dilakukan tindakan data awal ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 46,6%, atau 7 orang dari 15 siswa, dan setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama meningkat mencapai 66,6% atau 10 orang dari 15 siswa setelah siklsu ke II jauh meningkat lagi dengan ketuntasan mencapai 100% atau keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah diuraikan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan Media Gambar struktur organisasi kabupaten/kota dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi pemerintahan kabupaten/kota pada siswa  kelas IV SD Negeri 010 Lubuk Keranji Kecamatan Bandar Petalangan Kabupaten Pelalawan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i2.6582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.