Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Metode Pemberian Tugas pada Siswa
Abstract
Penelitian tindakan kelas(PTK) bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khusus nya pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pemberian tugas siswa kelas III SD N 10 Bengkalis Tahun Pelajaran 2016/2017.Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, ketuntasan individu dan klasikal siswa setelah dilakukan perbaikan dengan menggunakan metode pemberian tugas mengalami peningkatan. Ketuntasan individu pada siklus I hanya sebesar 27(77%), setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke II ketuntasan individu siswa meningkat menjadi 30(85%). Demikian juga halnya dengan ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus I secara klasikal siswa belum tuntas, sebab ketuntasan klasikal belum mencapai ketuntasan minimal yang ditetapkan. Siswa yang tuntas hanya 27(77%), sedangkan ketuntasan minimal (85%).Sedangkan data penelitian tentang daya serap siswa kelas III semester II SD N 10 Bengkalis Tahun Pelajaran 2016/2017 juga mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pada siklus I siswa yang memperoleh rentang nilai 90-100 hanya 8(23%) saja, tetapi setelah dilakukan perbaikan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 9(26%). Sedangkan siswa yang memperoleh nilai < 60 pada siklus I sebanyak 8(23%). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, siswa yang memperoleh nilai < 60 sudah berkurang, hanya tinggal 1 (3%) . Dengan demikian saya serap siswa pada siklus I sebesar 7%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II , daya serap mengalami peningkatan menjadi 75% , mengalami peningkatan sebesar 2% dari siklus sebelumnya.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i2.6581
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.