PENGGUNAAN PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan dari diadakan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 008 Sukaraja tentang konsep perkalian bilangan dengan menggunakan pembelajaran cooperative script. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 008 Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi yang terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Mata pelajaran yang menjadi bahan penelitian adalah mata pelajaran Matematika materi perkalian bilangan sampai dengan 100. . Peneltian ini dilakukan dalam dua siklus. Dari analisis perbandingan dari setiap siklus persentase ketuntasan selalu meningkat. Berawal dari kegiatan pembelajaran prasiklus yang hanya 58% siswa yang tuntas tetapi pada kegiatan siklus II pertemuan 2 sudah meningkat menjadi 10% siswa yang tuntas. Dan rata-rata nilai siswa yang pada awal siklus hanya 58,33 dan pada siklus II pertemuan 2 yakni 80,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode cooperative script dapat meningkatkan hasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 008 Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi pada pelajaran Matematika materi perkalian bilangan pada tahun pelajaran 2015/2016.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i2.6577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.