PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 9 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan strategi index card match. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 9 Pekanbaru dengan penerapan strategi index card match. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 semester II tahun ajaran 2017/2018. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah peneliti, observer, dan siswa kelas V tahun pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terbagi atas 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya 12 orang siswa atau 54,55%. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 16 orang siswa atau 72,73%. Pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 20 orang siswa atau dengan persentase 90,91%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi index card match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 9 Pekanbaru.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Iif, K. (2011). PAIKEM GEMBROT (Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta.
__________. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2006). Psikologi Inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cheppy. (2007). Strategi Ilmu Pengetahuan Sosial. Surabaya: Karya Anda.
Djamarah, Syaiful, B, dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2001). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono (2010). Analisis Item Instrumen (Analisis Tes Hasil Belajar dan Instrumen Penelitian), Pekanbaru: Zanafa Publishing Bekerjasama dengan Nusa Media Bandung.
Silbermen, M.L. (2009). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
S. Nasution. (2009). Didaktik Azaz-azaz Mengajar. Bandung: Jemmar.
Sudijono, A. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2009). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka Bekerjasama dengan FKIP UNS, 2010.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syah, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tim Laboratorium Pengembangan Pendidikan & Pembelajaran Islam (LP3I), (2010). Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
_____. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Tim Prestasi Pustaka
Winarno, S. (2002). Pengantar Interaksi Mengajar Belajar. Bandung: Tarsito.
Zaini, dkk. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Yustisia, T.P. (2008). Panduan Lengkap KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Yustisia.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i2.5524
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.