Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Note-Taking Pairs Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Abstract
BSTRAK. PTK ini dilakukan karena hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SDN 155 Pekanbaru masih tergolong rendah. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe note-taking pairs. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas IV SDN 155 Pekanbaru dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Note-Taking Pairs. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 semester II tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV tahun pelajaran 2017-2018 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang yang terbagi atas 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya 9 orang siswa atau 45,00%. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 14 orang siswa atau 70,00%. Pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 19 orang siswa atau dengan persentase 95,00%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Note-Taking Pairs dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas IV SDN 155 Pekanbaru.
Full Text:
PDFReferences
Ali & Nurhayati. 2006. Pendidikan Agama Islam untuk SD Kelas III, Bandung: PT. Inti Prima Aksara.
Anwar, 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta,
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Elizabert E. Barkley. 2012. Collaborative Learning Techniques (30 Metode Meraih Sukses Bersama dalam Studi secara Efektif dan Menyenangkan, Bandung: Nusa Media.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Silbermen, Melvin L. 2009. Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Insan Madani
Supriono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i2.5523
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Terindeks:
Dipublikasikan oleh:
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.